arsitektur vernakular

Arsitektur Vernakular; Contoh Arsitektur Asli dari Tradisi Lokal di Indonesia

Posted by HinaYana  •  2 weeks ago

 

Arsitektur vernakular terbentuk dari proses yang berangsur lama dan berulang-ulang sesuai dengan perilaku, kebiasaan, dan kebudayaan di tempat asalnya (wikipedia).

Interiordesign.id – Apakah yang dimaksud dengan arsitektur vernakular?

Menurut wikipedia, arsitektur vernakular adalah arsitektur yang terbentuk dari proses yang berangsur lama dan berulang-ulang sesuai dengan perilaku, kebiasaan, dan kebudayaan di tempat asalnya. Vernakular, berasal dari vernacullus yang berarti lokal, pribumi.

Mengutip Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), dalam Arsitektur Vernakular Indonesia: Peran, Fungsi, dan Pelestarian di dalam Masyarakat; Sonny Susanto, dosen arsitek di Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengatakan; arsitektur vernakular merupakan bentuk perkembangan dari arsitektur tradisional, yang mana arsitektur tradisional masih sangat lekat dengan tradisi yang masih hidup.

Lalu apa yang membedakan keduanya; antara arsitektur vernakular dengan arsitektur tradisional?

Arsitektur vernakular vs arsitektur tradisional

Arsitektur tradisional sebenarnya juga mengalami perkembangan. Namun, perkembangannya tetap memertahankan karakter inti yang diturunkan dari generasi ke generasi, menjadikannya sebagai karakter kuat akan suatu tempat tertentu dan tercermin pada tampilan arsitektur lingkungan masyarakat tersebut.

Sementara arsitektur vernakular, dalam perkembangannya mengalami banyak tekanan, baik dari dalam maupun dari luar. Antara lain dari masyarakat industri barat yang menebarkan potensi dari teknologi modern dan bahan bangunan modern.

Arsitektur vernakular adalah arsitektur yang tumbuh dan berkembang dari arsitektur rakyat yang lahir dari masyarakat etnik dan berakar pada tradisi etnik, serta dibangun oleh tukang berdasarkan pengalaman (trial and error), menggunakan teknik dan material lokal serta merupakan jawaban atas setting lingkungan tempat bangunan tersebut berada dan selalu membuka untuk terjadinya transformasi. (Turan Mete, Vernacular Architecture, 1990).

Pada masa sekarang ini di mana modernisasi dan globalisasi demikian kuat memengaruhi kebudayaan setempat, sangat wajat jika terjadi perubahan terhadap kebudayaan lokal. Namun, perlu diingat, perubahan yang diinginkan adalah perubahan yang tetap memelihara karakter inti dan menyesuaikan dengan kondisi pada saat ini.

| Gaya Desain Interior “Gothic”, Tak Semenyeramkan yang Dikira Banyak Orang

Contoh arsitektur vernakular di Indonesia

Di Indonesia, berbagai jenis rumah tradisional dianggap sebagai tradisi vernakular Indonesia dan dipercaya memiliki kesamaan asal muasal dari tradisi pembangunan kuno.

Bentuk struktur rumah-rumah tradisional Indonesia terdiri atas dua macam; yaitu rumah tradisional yang dibangun berdasarkan prinsip tipikal tradisi arsitektural Austronesia kuno; struktur kotak yang didirikan di atas tiang fondasi kayu, dapat ditanam ke dalam tanah atau diletakkan di atas permukaan tanah dengan fondasi batu, lantai panggung, atap miring dengan jurai yang diperpanjang dan bagian depan atap yang condong mencuat keluar.

Sedangkan di bagian timur kepulauan Indonesia banyak tipe rumah tradisional digolongkan sebagai bagian dari tradisi arsitektur vernakular, di mana pada bentuk bangunannya biasanya memiliki; lantai berbentuk lingkaran dan berstruktur atap kerucut tinggi seperti bentuk sarang tawon atau struktur atap berbentuk kubah elips.

| Interior Rumah Kontainer; Rancangan Arsitektur Rumah Modern Ramah Lingkungan Berpendingin Pasif

Rumah tradisional Indonesia saat ini merupakan contoh rumah yang mempunyai karakter dasar dan fitur tradisi dari arsitektur vernakular yang masih kuat. Rumah-rumah ini dapat ditemukan di beberapa daerah di berbagai pelosok Nusantara.

Berikut beberapa contoh rumah yang dikenali menggunakan gaya arsitektur vernakular di Indonesia;

Arsitektur vernakular rumah Batak

Tradisi arsitektur vernakular Batak terdapat pada bangunan komunal (bale), lumbung padi (soro), serta bangunan untuk menggiling beras dan rumah untuk orang menyimpan jenazah (joro).

arsitektur vernakular

Rumah Batak. ~ via Pinterest

Rumah Aceh

Gaya rumah tradisional masyarakat Aceh merupakan sebuah contoh percampuran tradisi arsitektural dan langgam bangunan Austronesia dengan tradisi dan langgam bangunan masyarakat melayu. Bentuk luar rumah merupakan bentuk rumah Austronesia, yaitu struktur tegak berupa tiang kayu, lantai yang ditinggikan sebagai ruang keluarga, dan bentuk atap pelana yang meruncing tinggi.

arsitektur vernakular

Rumah Aceh. ~ vai dunia teknik sipil

Rumah Bali

Ada dua tipe rumah tradisional Bali; tipe rumah kelompok pemukiman masyarakat Bali yaitu percampuran bentuk tradisi antara fitur lama dan baru. Dan yang kedua yaitu tipe rumah tradisional Bali Aga yang masih berpegang pada tradisi vernakular dan langggam bangunan kuno.

arsitektur vernakular

Rumah Bali. ~ via google

Rumah Sasak

Masyarakat Sasak mendiami pulau Lombok di bagian timur dan selatan. Contoh bangunan yang dapat diklasifikasikan sebagai arsitektur vernakular yaitu rumah tradisional Sasak dan gudang padi atau lumbung.

arsitektur vernakular

Rumah Sasak. ~ via mongabay

arsitektur vernakular

Interior rumah sasak kontemporer. ~ via Pinterest

Itulah beberapa contoh karya arsitektur vernakular di Indonesia. Mengutip IAAI, meski terancam punah, di beberapa tempat tradisi arsitektur asli ini masih tetap dipertahankan, bahkan sebagian besarnya tetap berlangsung kaku tanpa adanya modifikasi, sementara sebagian lainnya dibangun secara modern tetapi dengan menambahkan fitur dan tradisi arsitektur vernakular.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

 

Sumber :

https://iaaipusat.wordpress.com/

https://en.wikipedia.org/wiki/Vernacular_architecture

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram