Desain Interior Victoria; Keanggunan Gaya Arsitektur Abad 19 yang Tak Lekang Oleh Waktu

Posted by Nita Hidayati  •  Monday, January 22 2018

 

Desain interior victoria adalah gaya yang menggabungkan gaya tradisional dan kontemporer-modern. Gaya interior ini menghasilkan tampilan yang sangat kuat akan kemewahan, keanggunan, grande dan terlihat sangat berkelas.

Interiordesign.id – Sesuatu yang lawas selalu menjadi hal yang memiliki nilai seni dan keunikan. Begitu pula dengan gaya interior design, semakin tua usianya, semakin tinggi pula nilai estetikanya. Salah satu gaya desain klasik dari masa lalu yang tak lekang oleh waktu adalah gaya desain interior victoria.

Sejarah Gaya Arsitektur & Desain Interior Victoria

desain interior victoria

via CIRCA Old Houses

Arsitektur victorian merupakan gaya arsitektur yang muncul pada abad pertengahan hingga akhir abad 19. Penggunaan nama victoria bukan tanpa alasan. Istilah ini mengacu pada masa kekuasaan Ratu Victoria atau dikenal juga dengan Era Victorian.

Elemen Desain Interior Kontemporer yang Dibutuhkan Setiap Rumah

Pada masa-masa tersebut, Victorian digunakan sebagai sebutan untuk konstruksi desain bangunan dan furnitur. Nama Victorian dianggap mampu mewakili kebiasaan Inggris dan Perancis yang selalu memberi nama suatu gaya arsitektur dengan nama kekuasaan monarki. Sebab pada masa itu, Inggris sedang berada di bawah pemerintahan Ratu Victoria.

| Perbedaan dan Ciri Khas Gaya Desain Interior Kontemporer dengan Gaya Desain Interior Modern

Pada tahun 90an, gaya victoria mulai mengalami masa surut, namun bukan berarti tidak ada yang menggunakannya sama sekali. Sebab, meski demikian, hingga saat ini gaya desain victoria masih memiliki penggemarnya sendiri.

Karakteristik Bangunan & Desain Interior Victoria

desain interior victoria

via pinterest

Gaya victoria adalah desain yang menggabungkan gaya tradisional dan kontemporer-modern pada rumah yang memiliki ukuran cukup besar. Gaya ini menghasilkan tampilan yang sangat kuat akan kemewahan, keanggunan, grande dan berkelas.

| Mengintip Desain Rumah Setya Novanto; Hunian Klasik Modern yang Megah dan Mewah

Pada arsitektur, rumah bergaya victoria umumnya berdiri di lahan yang luas, menampilkan bangunan yang besar dan megah. Terdiri dari banyak ruangan, beberapa kamar tidur, beberapa area lounge, ruang makan formal hingga dapur yang luas terbuka. Halaman rumah victoria juga memiliki ukuran yang tak kalah besar sehingga memberikan tampilan keseluruhan yang megah.

Belajar Kesederhanaan Dari Desain Rumah American Style ala Mark Zuckerberg

Rumah bergaya victoria memiliki ciri khas pada atap rumah yang curam dengan bagian puncaknya seperti kerucut dilengkapi cupola. Bagian atas bangunan jenis ini menyembul ke atas di antara atap, sehingga menyerupai menara.

Furnitur Khas Desain Interior Victoria

Untuk furnitur, gaya victoria banyak mengaplikasikan furnitur klasik sehingga memberikan kesan mewah dan berkelas pada ruangan. Victoria juga memiliki ciri khas pada ukuran pintu yang umumnya tinggi dengan jendela berdaun pintu ganda.

desain interior victoria

via Impressive Interior Design

Ornamen-ornamen dalam ruangan bergaya victoria juga biasanya memiliki ukuran yang lebih besar. Interior berukuran jumbo tersebut dapat terlihat pada tangga, jendela, lemari, sofa, cermin dan lampu yang nampak lebih besar dari biasanya.

Cara Terbaik Maksimalkan Desain Rumah Minimalis, Sederhana Namun Mewah Sekaligus

Furnitur klasik memang dikenal memiliki harga yang mahal dengan kulaitas yang sangat baik. Jenis furnitur semacam ini memang pas untuk menggambarakan suasana ruang yang super mewah dan elegan seperti yang dibawa desain interior gaya victoria.

Happy decorating.

Ingin mendesain dan mendekorasi rumah ala victoria yang anggun dan mewah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram