Desain Kamar Loteng; Miliki Desain Kamar Unik di Area Yang Nyaris Terlupakan

Posted by Nita Hidayati  •  1 week ago

 

Jangan biarkan loteng rumah jadi gudang atau bahkan sarang tikus. Desain kamar loteng adalah cara terbaik memanfaatkan area yang tak terpakai dan nyaris terlupakan menjadi area kamar tidur yang unik.

Interiordesign.id – Jika Anda memerlukan ruang atau kamar tidur tambahan namun ruangan di rumah sudah tak ada lagi, saatnya menengok loteng Anda. Sebenarnya hampir setiap rumah memiliki ruang atau area yang terkadang tidak digunakan dengan maksimal. Area loteng yang kerap diabaikan dan nyaris terlupakan bisa jadi satu area yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal.

Bagian atap loteng berbentuk segitiga mengerucut dan dianggap memiliki bentuk yang tidak menarik, membuat area loteng kerap hanya dijadikan gudang atau area penyimpanan barang-barang saja. Padahal Anda dapat memanfaatkan area loteng menjadi sebuah kamar tidur tambahan bahkan kamar tidur utama atau area playground untuk Anak-anak Anda jika suka.

| Dekorasi Kamar Kos Minimalis; Tips Dekorasi Mudah dan Murah Untuk Kamar Tidur Berukuran Kecil

Dengan mendesain dan mendekorasi area loteng, area yang biasanya kosong, tak terpakai atau paling banter jadi gudang tersebut bukan saja jadi tambah fungsional, namun juga dapat terawat dengan baik. Sebab, tidak sedikit orang yang malas membersihkan gudang, terlebih jika letaknya berada di loteng. Gudang loteng biasanya dibiarkan usang, tak terurus bahkan jadi sarang tikus.

Dengan mengubah loteng menjadi sebuah kamar tidur, fungsionalitas rumah pun jelas bertambah. Selain itu, Anda juga dapat memiliki bentuk kamar yang unik. Bentuk khas atap yang mengerucut, yang jarang ditemui, juga menjadi tambahan estetika rumah.

Mendesain loteng menjadi kamar tidur atau mezzanine memang memerlukan perencanaan yang matang. Anda harus mengubah lantai loteng, sebab sebelumnya alas kamar tersebut adalah langit-langit. Karena itu, Anda harus memastikan lantai kamar loteng memiliki fondasi yang baik dan kuat. Tak hanya sampai di situ, Anda juga harus memerhatikan kenyamanan dan terutama ventilasi.

Mezzanine adalah suatu tempat atau ruang tambahan yang letaknya berada di antara lantai dan plafon. Kata mezzanine sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu mezzo yang berarti bagian tengah.

Mezzanine bisa dikatakan sebagai lantai atau ruang tambahan.

Sebelum memulai menyulap loteng Anda menjadi mezzanine berisi kamar yang nyaman, mari simak hal-hal yang perlu diperhatikan berikut.

| Memanfaatkan Loteng Rumah, Kenapa Tidak? Jadikan Seperti Dalam 10 foto ini

Ketinggian Atap & Ventilasi Untuk Desain Kamar Loteng

desain kamar loteng

via pinterest

Hal pertama yang harus diperhatikan jika Anda ingin membangun mezzanine, adalah memerhatikan ketinggian atap rumah. Pastikan tinggi langit-langit pada atap loteng memiliki batas kemiringan hingga 50 persen. Hal ini merupaan ukuran standar ketika Anda berada di loteng dengan posisi berdiri.

| 5 Desain Kamar Tidur Kecil Ukuran 3×4 Meter, Anak Kuliahan Bisa Coba Nih Buat Kamar Kosan Keren!

Selain itu, sebuah kamar yang berada di loteng memiliki udara yang panas karena berada di bagian atas rumah. Oleh sebab itu, bagian loteng atau mezzanine ini juga akan terasa pengap dan sumpek. Untuk menyiasatinya, pasanglah genteng atap berbahan dasar alumunium foil yang mampu memantulkan kembali radiasi dari sinar matahari.

Penggunaan genteng dengan alumunium foil akan membuat suhu ruangan terasa lebih sejuk meski pada siang hari yang panas. Untuk menjaga kesejukan dan kesehatan penghuni kamar loteng, Anda juga dapat menambahkan roof turbine ventilator.

| Ventilasi Rumah Yang Sehat; Merancang Sistem Ventilasi Terbaik Untuk Rumah Modern

Struktur & Fondasi Kuat Pada Desain Kamar Loteng

desain kamar loteng

by pinterest

Perhatikan juga material struktur yang digunakan. Pilihlah material yang kuat untuk loteng dan bagian lantai. Jika mezzanine kokoh dan kuat Anda pun tidak khawatir meletakkan perabotan di loteng. Tangga menuju loteng juga diharapkan menggunakan material dan memiliki bentuk yang tidak membahayakan.

Untuk memudahkan pekerjaan tukang, Anda dapat menyiapkan gambar spesifikasi ukuran material yang disiapkan jasa desain interior dan arsitektur. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan jasa mereka untuk pembuatan mezzanine. Para desainer akan membantu Anda merancang kamar impian di loteng yang nyaman dan tentunya efektif secara anggaran.

Dekorasi & Desain Kamar Loteng

# JENDELA

Karena bagian atas rumah memiliki udara yang panas, maka untuk membuat kamar loteng, Anda harus memiliki sistem ventilasi yang baik. Setidaknya Anda harus membuat satu buah jendela pada kamar loteng. Selain sebagai ventilasi udara, jendela juga berfungsi sebagai sumber pencahayaan alami.

| Dekorasi Kamar Tidur Sehat, Untuk Istirahat Yang Maksimal & Nyaman

# TEMPAT TIDUR

desain kamar loteng

from pinterest

Jika tinggi plafon mezzanine tidak terlalu tinggi serta ukuran kamar loteng pun tidak terlalu besar, maka akali dengan tempat tidur tanpa penggunaan ranjang, dan pakailah karpet sebagai alas tempat tidur. Namun jika Anda tetap ingin menggunakan ranjang, pilihlah yang tidak terlalu tinggi seperti ranjang ala jepang yang rendah. Hal ini dilakukan untuk membuat kamar Anda terasa lebih luas dan membuat langit-langit kamar juga terasa lebih tinggi.

| Desain Ruang Kantor Kecil, Manfaatkan Sisa Ruang Yang Ada Di Rumah

# FURNITUR

desain kamar loteng

via google

Karena posisi kamar loteng berada di atas, maka cukup sulit menggunakan furnitur berukuran besar. Selain kesulitan membawanya ke atas, penggunaan furnitur berukuran besar juga malah akan membuat kamar Anda terasa sesak. Terlebih jika kamar loteng Anda berukuran mungil. Pilihlah furnitur simpel berukuran kecil dan mudah untuk dipindahkan. Sehingga ketika Anda bosan dan ingin mengatur kembali atau melakukan penataan ulang ruangan, Anda dapat dengan mudah melakukannya.

| Desain Loteng Rumah; Area Tersembunyi yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Tempat Penyimpanan Ekstra

Itulah konsep pemanfaatan area loteng dengan merancang sebuah mezzanine. Desain kamar loteng yang unik di area yang nyaris terlupakan.

Happy decorating.

Ingin memiliki desain dan dekorasi kamar di loteng yang nyaman? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik kami? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online dari interiordesign.id.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Penggemar langit cerah dan kopi tubruk. Bercita-cita jadi penyiar radio dan suka bermimpi punya hunian nyaman ala scandinavian.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram