Desain Kantor Keren Google & Facebook; Desain Interior Kantor Yang Bikin Serasa Nggak Ngantor

Posted by Nita Hidayati  •  7 days ago

 

Desain kantor keren ala Google & Facebook menunjukkan bahwa bekerja dan bersenang-senang dapat dilakukan sekaligus. Bekerja menjadi satu hal yang juga sangat menyenangkan.

Interiordesign.id – Banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, atau perusahaan-perusahaan rintisan, memiliki desain interior kantor yang berbeda dan juga unik. Sebut saja Google dan Facebook. Kedua perusahaan rintisan skala dunia tersebut memiliki desain interior kantor yang sangat menarik untuk diperhatikan.

| Belajar Kesederhanaan Dari Desain Rumah American Style ala Mark Zuckerberg

Google dikenal memiliki budaya kerja yang berbeda serta tak segan memberi banyak fasilitas menarik bagi seluruh karyawannya. Salah satunya mewujud pada desain dan dekorasi interior kantornya. Desain kantor keren Google bahkan sering dijadikan sebagai tolak ukur atau benchmark bagaimana seharusnya desain ruang kantor itu mewujud.

Pun begitu Facebook, jejaring sosial terbesar di dunia ini juga memiliki desain ruangan kantor yang tak kalah berbeda serta unik. Serupa Google, Facebook juga memanjakan para karyawannya dengan berbagai fasilitas kantor yang benar-benar sangat menarik.

Untuk dapat bekerja di Google atau Facebook pun menjadi impian banyak orang-orang di seluruh dunia.

Sekadar informasi, sejak tahun 2013 Google telah memiliki “markas” di Lantai 16 Sentral Senayan II Jakarta Selatan, Indonesia. Sementara empat tahun berselang, Facebook pun menyusul dengan membangun kantor di Indonesia yang baru saja diresmikan pada 14 Agustus 2017. Untuk lokasi, Facebook memilih sebuah Gedung Perkantoran Capital Place, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

| Dekorasi Rumah Yang Simpel Namun Memesona, Menambahkan Karakter Dan Kepribadian Ke Dalam Setiap Ruang

Bagi Anda yang tertarik atau mungkin sekadar penasaran, seperti apa tampilan serta desain interior kantor kedua perusahaan rintisan skala dunia tersebut? Kali ini kami akan mengajak Anda untuk berselancar ke kantor Google dan juga Facebook. Saatnya mencari tahu apa saja keunikan serta fasilitas menarik yang ditawarkan kedua perusahaan tersebut.

“Ada racikan rahasia bagi karyawan kami. Yaitu menghilangkan batasan sehingga karyawan dapat fokus melakukan hal yang mereka suka di dalam maupun di luar pekerjaan”. Ucap Rudy Ramawy selaku Country Head, Google Indonesia.

Desain kantor keren ala Google; Tak ada “sekat di antara kita”

desain kantor keren

desain kantor keren

Google selalu berupaya membangun atmosfer kerja yang tanpa batas dan serba terbuka. Hal ini nampak dari ruangan di kantor Google yang diisi dengan meja-meja minim sekat. Ruangan di kantor Google sengaja dirancang agar seluruh karyawan memperoleh meja dengan ukuran yang sama, tidak peduli apa jabatannya. Dengan konsep desain seperti itu, kenyamanan sosial dapat tercipta di antara sesama karyawan.

| Desain Ruang Kantor Kecil, Manfaatkan Sisa Ruang Yang Ada Di Rumah

Desain kantor keren ala Google; Santai dan bebas berekspresi

desain kantor keren

via accsoleh

desain kantor keren

via Nurul Noe

Selain area kerja tanpa sekat, juga terdapat matras lengkap dengan bantal. Bekerja sambil tiduran atau sambil berbaring, bukan masalah buat Google, semua bebas untuk dilakukan. Para karyawan kantor Google memang dibebaskan untuk bekerja di arera manapun mereka suka.

Desain kantor keren ala Google; Alun-alun, pangkalan ojek dan gudang rezeki

desain kantor keren

via kompas

Ketika mengunjungi kantor Google Indonesia, maka Anda akan menjumpai istiah “Alun-alun”, “Pangkalan Ojek”, “Gelora Asmara” hingga “Gudang Rezeki”. Istilah tersebut digunakan untuk menamai ruang rapat. Dan bukan tanpa alasan mengapa istilah tersebut yang dipilih. salah satu alasannya adalah untuk membuat orang penasaran lalu kemudian mengooglingnya. Beragam istilah tersebut juga dipilih untuk memperkenalkan pada dunia bahwa ada banyak istilah yang dapat mewakili Indonesia selain Bali atau Bromo.

| Desain Ruang Rapat Berdasarkan Psikologi Ruang

Desain kantor keren ala Google; Lounge diskusi dan warung mbah google

desain kantor keren

desain kantor keren

desain kantor keren

Google menyediakan semacam lounge yang dirancang sebagai tempat untuk berdiskusi. Tempat yang satu ini berada di sebuah teras di atas area resepsionis. Hadir dengan pemandangan yang indah ke arah pusat Ibu Kota; Jalan Asia Afrika dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

desain kantor keren

Satu hal lagi, Anda tidak boleh kelaparan jika menjadi karyawan Google. Terdapat sebuah kafe unik yang dijuluki Warung Mbah Google. Di area ini karyawan akan disiapkan makan siang dengan berbagai pilihan menu yang lezat sepanjang hari. Google nampaknya tak hanya ingin membuat para karyawannya betah dan bahagia, namun juga senantiasa kenyang.

Desain Kantor Keren ala Facebook; Ruang biru dan artork Rudi Atjeh
desain kantor keren

via kompas

desain kantor keren

via liputan6

Ketika memasuki kantor Facebook, kita akan disambut area resepsionis dengan skema warna biru yang dominan dengan sebuah karya seni yang dipajang pada langit-langitnya. Sebuah karya seni dari seniman Indonesia, Rudi Atjeh. Dibuat menggunakan kumpulan kertas putih yang halus, nampak berbagai bentuk tanaman dan hewan asli Indonesia ditampilkan dalam karya tersebut. Sengaja disajikan untuk mencerminkan semangat dan identitas gigih yang dibangun oleh Indonesia.

| Desain Ruang Kantor Kontainer; Rancangan Ruang Kantor Unik & Anti Mainstream

Desain Kantor Keren ala Facebook; Facebook wall

desain kantor keren

Selanjutnya, terdapat hiasan berupa kutipan-kutipan penyemangat yang dipajang pada dinding disertai dengan hiasan bertuliskan Facebook Indonesia. Pada bagian bawah hiasan kutipan, terdapat dua buah perangkat iPad yang digunakan untuk registrasi pengunjung kantor.

desain kantor keren

Memasuki bagian dalam kantor, terdapat sebuah dinding putih yang bisa Anda tulisi untuk menyampaikan pesan dan mungkin juga kesan. Desainnya sengaja dibuat menyerupai konsep wall pada fitur Facebook.

“Facebook helps you connect and share with the people in your life.”

Desain Kantor Keren ala Facebook; Micro kitchen dan area santai

desain kantor keren

Tak jauh dari Facebook Wall, terdapat sebuah micro kitchen. Lokasi kantin ini sengaja didesain berada tidak jauh dari area bekerja sehingga memudahkan karyawan yang ingin mengambil makanan dan minuman saat sedang bekerja sekalipun.

desain kantor keren

Tepat di sampingnya, terdapat area bersantai yang didesain sangat cantik oleh seniman bernama Mulyana. Area ini memperlihatkan karya seni rajutan bertema kehidupan laut yang dilengkapi dengan meja dan juga kursi.

| Dekorasi Meja Kerja, Desain Ruang Kerja Yang Nyaman & Anti Stres

Desain Kantor Keren ala Facebook; Petak umpet, congklak dan balap karung
desain kantor keren

liputan6

Menghuni setengah dari satu lantai 49 di Gedung Capital Place, Facebook juga memiliki nama ruang pertemuan yang tidak kalah unik. Nama untuk ruang rapatnya diambil dari permainan tradisional Indonesia, yaitu Petak Umpet, Congklak dan Balap Karung.

desain kantor keren

Pada bagian depan ruang pertemuan itu terdapat sebuah lorong yang sepanjang dindingnya dihias dengan mural karya Agung Prabowo. Mural tersebut menggambarkan kedamaian dan beragam perbedaan di Indonesia.

“Pegawai yang produktif adalah pegawai yang bahagia” Julian Persaud, Creative Manager Google Asia Tenggara

Happy decorating.

Ingin memiliki desain dan dekorasi ruang kantor yang keren dan nyaman? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik kami? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online dari interiordesign.id.

Tags: , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Penggemar langit cerah dan kopi tubruk. Bercita-cita jadi penyiar radio dan suka bermimpi punya hunian nyaman ala scandinavian.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram