desain meja makan

Desain Meja Makan; Cara Kreatif untuk Menampilkan Ruang Makan yang Impresif

Posted by Nita Hidayati  •  Wednesday, December 6 2017

 

Tidak ada aturan khusus bagaimana mendesain ruang makan. Namun, jika Anda berencana mengubah ruang makan, agar memiliki penampilan yang impresif, Anda bisa memulainya dari desain meja makan..

Interiordesign.id – Saat ini, seiring kebutuhan dan kondisi rumah, umumnya ruang makan berada tidak jauh dari area dapur. Konsep penggabungan dua fungsi ruang ini sering digunakan pada rumah-rumah minimalis berukuran kecil, atau umum ditemui pada jenis apartemen kecil tipe studio. Namun, seiring berjalannya waktu, konsep open space atau lantai terbuka, juga semakin banyak digunakan pada rumah dan hunian-hunian tipe besar.

| Desain Ruang Makan ala Kafe, Sulap Ruang Makan Biasa Jadi Serasa di Kafe Favorit

Tidak ada aturan khusus bagaimana mendesain ruang makan. Anda dapat memiliki dan menempatkan ruang makan di mana pun sesuka Anda. Namun, jika ukuran space cukup memadai, Anda bisa memiliki ruang makan yang terpisah dari ruangan lainnya. Semua tergantung selera dan tentunya keinginan dan kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah.

Anda dapat mendekorasi ruang makan dari hal-hal yang paling kecil, seperti mengganti meja makan.

Untuk mendapatkan penampilan ruang makan yang menarik, tidaklah ditentukan oleh ukuran dan letak di mana ruang tersebut berada. Melainkan, perihal bagaimana Anda berkreasi dengan furnitur atau perabotan yang digunakan. Jika Anda berencana mendesain ruang makan, atau mungkin ingin mengubah tampilan ruang makan, Anda bisa memulainya dari desain meja makan.

Terdapat beragam model dan desain meja makan yang dapat Anda pilih sesuai selera. Bahkan bagi Anda yang menginginkan memiliki desain meja makan yang unik dan personal, Anda dapat mencoba membuatnya kustom.

Berikut ini adalah beberapa ide dan inspirasi meja makan unik, yang mungkin dapat Anda terapkan untuk mendapatkan penampilan ruang makan yang impresif.

Desain Meja Makan Lingkaran dan Kotak

desain meja makan

Meja makan bulat via pinterest

Bagi pasangan muda ataupun keluarga kecil beranggotakan 3-4 orang, sepertinya penggunaan meja berbentuk bulat atau kotak dapat menjadi pilihan. Pilihlah material dan warna meja yang senada dengan kursi makan yang digunakan. Anda bisa menggunakan meja bulat berbahan kayu atau kaca dengan aneka model kaki meja yang unik.

| 13 Meja Makan Bundar yang Stlyish & Kompak, Solusi Kreatif untuk Ruang Makan Berukuran Kecil

desain meja makan

desain meja makan bulat dengan permukaan marmer

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan ukuran meja dengan jumlah anggota keluarga. Jika hanya berdua, Anda bisa menggunakan meja bulat yang memiliki diameter tidak terlalu besar, yang cukup untuk dua orang. Sesuaikan juga dengan kursi makan yang akan digunakan. Anda juga dapat menerapkan hal yang sama jika menggunakan meja berbentuk kotak persegi.

| Desain Ruang Makan Kecil: ‘Boho Style Dining Room’ yang Sangat Unik dan Memesona

desain meja makan

Meja makan kotak Ibu Sofie

Desain Meja Makan Lipat

Memiliki ruang yang terbatas dan ingin memiliki area tersisa untuk keleluasaan berkegiatan, sepertinya Anda dapat memilih meja makan lipat. Sepintas, meja yang satu ini memang nampak seperti sofa balok mungil, begitu sederhana. Namun, jika ditelisik satu demi satu banyak kejutan disisipkan di dalam kotak tersebut.

Jika bantal-bantal serta papan dibentangkan, maka balok ajaib ini berubah menjadi meja makan yang lengkap dengan kursi-kursi mini yang lucu. Selesai makan, meja dan kursi makan ini bisa dengan mudah dirapikan kembali menjadi satu balok dan simpan di suatu tempat.

Desain Meja Makan Menempel dan Tersembunyi di Dinding

desain meja makan

via pinterest

Selain meja lipat Anda juga dapat mencoba gagasan kreatif meja makan yang tersembunyi di dalam dinding. Desain meja makan unik ini sangat praktis dan cocok untuk ruangan berukuran kecil. Sehingga, ketika tidak digunakan Anda dapat menyembunyikannya kembali di dalam dinding.

Desain Meja Makan Geser
desain meja makan

via home designing

Meja geser sebenarnya memiliki bentuk dan tampilan seperti meja pada umumnya, namun ketika bagian dalamnya digeser maka fungsinya pun bertambah. Cukup dengan menggeser bagian sisi meja, maka Anda bisa mendapatkan meja tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

| Bagaimana Mendesain Sebuah Dapur Kecil agar Tetap Ideal dan Fungsional

Desain Meja Makan Tekstur Kayu

desain meja makan

desain meja makan

from pinterest

Untuk ruangan bergaya desain rustic, Anda dapat mempertegas gaya interior rustic tersebut dengan penggunaan meja makan bertekstur kayu alami. Desain meja makan seperti ini terasa sangat inviting, hangat dan memiliki tampilan unik. Ruang makan terlihat makin impresif.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram