Desain Partisi Ruang; Cara Terbaik Membagi Ruang Menjadi Lebih Fungsional

Posted by Nita Hidayati  •  2 weeks ago

 

Tidak perlu membangun tembok, dengan desain partisi ruang non-permanen, Anda dapat membagi ruang menjadi terlihat lebih unik, estetik juga fungsional.

Interiordesign.id – Sekat atau partisi adalah suatu bidang yang digunakan sebagai pemisah ruang yang dirancang tidak permanen. Berbeda dengan dinding, memisahkan satu ruangan atau lebih menggunakan partisi memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah ukuran ruang akan tetap terasa luas meski telah terbagi menjadi dua ruangan atau bahkan lebih.

| “Broken Plan”, Konfigurasi Ulang Konstruksi Interior Apartemen Seluas 100 Meter Persegi Dengan Dinding Partisi Dari Kaca

Selain sebagai pembagi atau pemisah ruang, seiring perkembangannya partisi juga memiliki fungsi dan tujuan lain dari sekadar memisahkan ruang. Partisi juga menjadi bagian terpenting dari interior yang juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang unik.

Tak hanya sebatas pemisah dan dekorasi, bahkan beberapa jenis dan bentuk partisi juga berfungsi sebagai tempat menyimpan dan memajang hiasan.

| Tips Dekorasi Sudut Ruangan; Cara Kreatif Manfaatkan Tiap Sudut Di Dalam Rumah

Jika rumah Anda memiliki konsep lantai terbuka, sepertinya penggunaan partisi bisa jadi solusi. Anda bisa memilih bentuk dan jenis partisi ruang yang sesuai dengan kondisi dan juga ukuran ruang. Perhatikan juga penggunaan perabotan agar memiliki keselarasan dengan partisi ruang yang Anda gunakan.

Tips Desain Partisi Ruang

desain partisi ruang

# ANGGARAN

Anggaran adalah hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menentukan jenis partisi yang akan Anda gunakan. Untuk merancang sebuah partisi Anda harus memikirkan model, bentuk, material, dan juga biaya pemasangan. Jangan lupa sesuaikan dengan pilihan gaya desain interior; entah itu gaya minimalis, industrial, rustic atau yang lainnya.

# DESAIN & MATERIAL

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pilihlah jenis partisi yang sesuai dan senada dengan tema interior yang ingin Anda tampilkan. Terdapat banyak jenis desain partisi yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan tema. Anda dapat menemukan banyak referensi soal itu. Atau Anda juga dapat menghubungi jasa desain interior untuk membantu merancang partisi ruang yang sesuai keinginan serta kebutuhan Anda.

| Desain Mini Wardrobe; 4 Cara Mudah Miliki “Walk in Closet” Mungil Di Dalam Kamar

Untuk material, gunakanlah partisi yang bahannya tidak merusak elemen interior yang lain seperti dinding ataupun lantai. Sebab, sifat partisi yang non permanen memberi banyak kemungkinan bagi Anda untuk dapat memindah-mindahkan posisinya sesuai kebutuhan. Dus, pastikan material partisi tidak merusak elemen interior ketika dilakukan pemindahan.

| DIY: 4 Ide Kreatif ‘Room Separator’ Unik, Yang Akan Menambah Kesan Estetik Rumah Anda

Desain Partisi Ruang Minimalis

desain partisi ruang

via google

desain partisi ruang

from google

Jika ruangan yang akan Anda letakkan partisi sudah ramai dipenuhi oleh furnitur, maka lebih baik jangan menambah keramaian dengan menggunakan partisi. Rerata partisi memang memiliki desain yang minimalis, hal tersebut memudahkan dan memberi Anda gambaran seperti apa desain partisi ruang yang pas dan tepat untuk rumah Anda.

Desain partisi minimalis biasanya memiliki bentuk yang sangat sederhana, sesuai semangat minimalisme. Partisi minimalis menggunakan material kayu atau gypsum yang dilapisi wallpaper dengan motif yang unik dan dapat dengan mudah Anda sesuaikan dengan tema interior.

Desain Partisi Ruang Berbentuk Rak

| 4 Furnitur Keren & Unik Yang Menyerupai Simbol Karakter Superhero

Penggunaan model partisi berbentuk rak merupakan pilihan paling tepat. Selain berfungsi sebagai pembatas, partisi berbentuk rak juga menambah fungsionalitas ruang. Anda dapat meletakan hiasan, buku atau foto pada bingkai duduk. Jika suka, Anda bisa menambahkan kerikil pada bagian bawah partisi rak untuk menghadirkan kesan natural.

desain partisi ruang

via Al Holmes

Desain Partisi Ruang Dengan Cermin
desain partisi ruang

via Esteban

Siasati ukuran ruang yang sempit dengan penggunakan partisi susunan bentuk geometri yang terbuat dari metal dan diberi tambahan cermin. Kehadiran cermin akan memberi kesan luas ke dalam ruang. Ruangan sempit semakin terlihat lebih lega.

| Cermin, Dekorasi Ruang Yang Memiliki Banyak Fungsi, Manfaat & Pengaruh Psikologis

Desain Partisi Ruang Fleksibel
desain partisi ruang

from google

Bagi Anda yang memerlukan pembatas ruang yang lebih fleksibel dan mudah dipindah atau digunakan di ruangan lain, Anda bisa memilih partisi geser atau lipat. Model partisi seperti itu adalah jenis partisi bagi Anda yang membutuhkan fleksibilitas sebuah ruang agar tampak lebih luas, namun juga bisa memberi batasan zonasi ruang saat diperlukan.

| Cara Praktis Menentukan Zonasi Denah Lantai Terbuka Desain Apartemen Studio Minimalis

desain partisi ruang

Sebenarnya masih banyak sekali bentuk dan material yang bisa digunakan untuk partisi ruang. Anda bisa mengeksplorasinya dengan kombinasi penggunaan partisi kabinet, bambu, kaca dan atau yang lainnya yang Anda kehendaki. Berkonsultasi dengan perancang interior dapat membantu Anda memutuskan mana yang terbaik untuk mendapatkan tampilan yang estetik pada ruang di rumah Anda.

Happy decorating.

Ingin memiliki desain partisi ruang yang fungsional serta estetik? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik kami? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online dari interiordesign.id.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Penggemar langit cerah dan kopi tubruk. Bercita-cita jadi penyiar radio dan suka bermimpi punya hunian nyaman ala scandinavian.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram