desain rumah feng shui ala jepang

Desain Rumah Feng Shui ala Jepang Bernama “Kanso”

Posted by HinaYana  •  Wednesday, May 23 2018

 

Desain rumah feng shui ala Jepang yang dikenal dengan istilah Kanso, adalah sebuah jaminan untuk dapat memuaskan kerinduan akan suasana rumah yang penuh dengan ketenangan dan kesederhanaan.

Interiordesign.id – Setiap orang tentu menginginkan memiliki hunian yang segar dan dapat memberikan energi positif; energi yang memberikan kebahagiaan kepada setiap penghuninya. Tetapi masalahnya, untuk mencapai hal tersebut, merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah.

Rumah dengan suasana nyaman, segar, menenangkan, mengundang, adalah kondisi ideal. Desain rumah semacam itu sebenarnya bisa mudah didapatkan hanya dengan memilih secara tepat gagasan dan konsep arsitektur dan juga interior apa yang akan digunakan.

Jika Anda ingin menyegarkan rumah dan menyuntikkan energi positif, Anda dapat mencoba menjelajahi prinsip kuno ala Jepang bernama Kanso; sebuah prinsip kuno desain interior Jepang yang sejalan dengan prinsip-prinsip minimalisme.

| Desain Interior ala Jepang, Nyaman, Dinamis dan Serba Minimalis

desain rumah feng shui ala jepang

Interior kamar tidur minimalis ala kanso. ~ via thaihometown

| Desain Interior Jepang Skandinavia; Kesederhanaan, Minimalisme, dan Fungsionalitas yang Makin Sempurna

Desain Rumah Feng Shui ala Jepang

Apa itu kanso? Kanso adalah sistem estetika Jepang kuno, yang memiliki tujuan yang mirip dengan feng shui. Kanso berarti kesederhanaan – dalam segala hal, dalam segala cara yang dimungkinkan.

Dikutip dari independent.co.uk, Kanso, yang berarti kesederhanaan, sangat mirip dengan feng shui, ia berfokus pada aliran dan pergerakan energi di dalam ruang dan merupakan salah satu dari tujuh prinsip Zen; Fukinsei (asimetri), Seijaku (diam), Shizen (kealamian), Koko (penghematan ), Datsuzoku (kebebasan dari keterikatan kata-kata) dan Yugen (kedalaman halus). Kanso bisa menjadi jalan untuk mencapai totalitas Zen.

| Desain Rumah Menurut Feng Shui, Desain Rumah yang Sehat dan Membahagiakan

desain rumah feng shui ala jepang

interior kanso. ~ via archdaily

Estetika Jepang memang sengaja dirancang untuk menghilangkan “kekacauan” di dalam rumah, dan, alih-alih memikirkan dekorasi, estetika Jepang lebih memilih untuk menghilangkan ruang-ruang yang dianggap tidak penting.

Kanso adalah tentang menahan diri, menciptakan atmosfer dari sebuah lingkungan yang sederhana dan hanya memasukan apa yang benar-benar dibutuhkan. Lupakan dekorasi-dekorasi dan penggunaan aksesori-aksesori yang berlebihan, meski itu mampu menambah kadar estetika interior.

Kanso adalah juga sebuah estetika. Kanso adalah sikap dan praktik Zen. – David Riley, Instruktur Meditasi.

Konsep Desain Kanso

Kanso mencakup serangkaian ide kuno, konsep wabi dan sabi. Wabi-sabi ini merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari, yang juga menggabungkan prinsip-prinsip lama dengan prinsip-prinsip baru atau modern.

Dari fengshuilondon.net, berikut beberapa penjelasan mendasar dari konsep dan gagasan desain interior Kanso;

# Minimalisme

Jika Anda tidak menyukai minimalis, kanso bukanlah untuk Anda. Desain interior Jepang dan konsep estetika ini adalah tentang menyingkirkan hal-hal yang tidak penting. Semakin sedikit, semakin baik.

Berakar dalam filosofi zen, kanso menyarankan memilih furnitur minimal dan karya seni sederhana untuk mencapai lingkungan yang tenang dan damai.

| Gaya Desain Zen, Ciptakan Suasana Ruang dengan Keseimbangan dan Keselarasan yang Sempurna

desain rumah feng shui ala jepang

tempat tidur kanso, furnitur kanso. ~ via deliafurn

# Ketidakkekalan

Filosofi minimalis juga merupakan pengingat dari sifat tidak kekal. Kenso adalah tentang memerhatikan apa yang Anda miliki dan memilih dengan hati-hati barang-barang paling penting yang dibutuhkan.

# Kanso adalah tentang aliran energi

Mirip dengan feng shui, kanso juga fokus pada energi atau Chi. Pengaturan furnitur menjadi sangat penting. Less is more.

| Kesalahan Desain Interior Menurut Feng Shui yang Sering Terjadi di Dalam Rumah

# Warisan zen

Seperti telah disebutkan, Kanso adalah salah satu dari konsep Zen; fukinsei (asimetri), seijaku (diam), shizen (kealamian), koko (penghematan), datsuzoku (kebebasan dari keterikatan duniawi), yugen (kedalaman halus), danshari (decluttering) dan wabi- sabi (kecantikan dalam ketidaksempurnaan).

desain rumah feng shui ala jepang

ketenangan dan kesederhanaan ala desain interior Kanso. ~ via pinterest

# Clutter

Terakhir adalah soal kerapian versus berantakan. Albert Einstein suatu saat pernah berkata, bahwa sebuah meja yang berantakan merupakan cerminan atau tanda pikiran yang berantakan. Mungkin inilah awal mula dari gagasan minimalisme secara umum dan Kanso secara khusus. Menganalogikan kondisi sebuah meja yang berkebalikan dengan apa yang diungkapkan Einstein; meja yang rapi atau bahkan kosong adalah cerminan dari sikap Zen alias Kanso.

| Desain Rumah Kecil dan Sederhana; “Small Is Beautiful”

Tetapi, analogi sebuah meja tentu tidak bisa dijasikan ukuran pasti. Hal yang harus benar-benar diperhatikan dalam gagasan Kanso, atau konsep desain rumah feng shui ala Jepang, adalah soal kesederhaan dan selalu mencoba menghindar dari kekacauan akibat dari terlalu banyaknya barang-barang yang dimiliki. Itu saja.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain rumah feng shui ala Jepang? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram