Jenis tanaman hias dalam ruangan

Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bisa Membuat Rumah Terasa Lebih Sejuk dan Segar

Posted by HinaYana  •  3 weeks ago

 

Jenis tanaman hias dalam ruangan terbukti tidak saja bermanfaat menyehatkan ruangan, namun dengan tampilannya yang indah, tanaman tersebut juga menjadi tanaman ornamental yang memenuhi standar estetika interior.

Interiordesign.id – Di Indonesia, sebagai Negara tropis, gaya arsitektur dan juga gagasan desain interiornya sangat dipengaruhi oleh iklimnya. Terutama dalam hal bagaimana membuat dan menjadikan rumah terasa sejuk dan menyegarkan sepanjang hari.

Ketika Anda sangat tergoda untuk memasang dan menggunakan AC di dalam rumah; untuk menjaga kelembaban dan kesejukan; sebenarnya terdapat cara yang jauh lebih mudah dan bahkan lebih murah. Menambahkan sejumlah tanaman hias atau tanaman dekoratif adalah cara paling efektif untuk menjaga suhu dan temperatur ruangan tetap menyegarkan.

| Dekorasi Ruang dengan Tanaman, Hadirkan Suasana Ruang yang Indah dan Menyegarkan

Tanaman indoor, atau biasa disebut juga sebagai tanaman hias, tanaman dekoratif atau juga tanaman ornamental, merupakan cara alami menjaga rumah tetap sejuk.

Meski hanya memiliki dua musim saja sepanjang tahun, mengisi rumah dengan pendinginan alami dengan tanaman akan membantu Anda menurunkan temperatur atau suhu udara ambien. Tidak hanya itu, selain fungsi utamanya sebagai pendingin alami dan pembersih udara, tanaman juga menambahkan estetika interior. Bahkan Anda juga berkontribusi langsung terhadap pelestarian lingkungan dengan tetap menjaga lingkungan rumah terasa sejuk dari penggunaan sumber energi alami.

| DIY: 5 Dekorasi Tanaman Indoor, Menambah Kesan Estetik dan Membuat Ruangan Makin Liveable

Berikut 3 jenis tanaman hias dalam ruangan untuk menjaga rumah tetap sejuk dan segar. Melansir swirlster.ndtv, Anda dapat memertimbangkan untuk menggunakan salah satunya atau bahkan ketiganya sekaligus.

Jenis tanaman hias dalam ruangan; Aloe Vera

Selain fakta bahwa lidah buaya dapat bekerja seperti sihir pada kulit Anda berkat sifat penyembuhannya yang luar biasa, tanaman lidah buaya juga efektif dalam mendinginkan suhu udara di sekitarnya. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa tanaman lidah buaya bermanfaat dalam menghilangkan formaldehida, polutan utama dalam ruangan.

Jenis tanaman hias dalam ruangan

Aloe vera atau Lidah buaya. ~ via indiamart

Jenis tanaman hias dalam ruangan; Spider Plant

Tanaman ini membantu untuk tidak hanya mendinginkan udara, tetapi seperti lidah buaya, sangat baik untuk membersihkan formaldehida dari udara. Chlorophytum atau tanaman Spider juga dikenal karena kemampuannya menyerap karbon monoksida. Karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang dapat terbukti beracun bagi manusia ketika ditemui dalam konsentrasi di atas 35 ppm.

Jenis tanaman hias dalam ruangan

Spider palnt. ~ via 24 spaces

| Desain Balkon dengan Tanaman, Ciptakan Kesejukan dan Kesegaran di Rumah dan Apartemen Kecil

Jenis tanaman hias dalam ruangan; Areca Palm

Pohon palem Areca adalah salah satu tanaman ruang tamu yang paling populer berkat sifat dekoratifnya yang indah. Sebuah dokumen penelitian NASA menemukan bahwa Areca Palm merupakan salah satu tanaman teratas yang dapat “memurnikan dan meremajakan udara di dalam rumah dan tempat kerja, melindungi kita semua dari efek samping yang terkait dengan racun yang umum seperti formaldehida, amonia dan juga benzena.”

Jenis tanaman hias dalam ruangan

Areca palm. ~ via pinterest

Itulah 3 jenis tanaman hias dalam ruangan yang terbukti tidak saja bermanfaat menyehatkan ruangan, namun dengan tampilannya yang indah, tanaman tersebut juga menjadi tanaman ornamental yang memenuhi standar estetika dalam desain dan dekorasi interior.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram