fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

4 Alasan Kenapa Penggunaan Material Kayu Jadi Favorit Semua Pemilik Rumah

Posted by Nikho Asruri Monday, June 21 2021
dinding kayu

Kayu, baik itu penggunaan secara dominan maupun sekadar aksen dekoratif saja, akan memberikan banyak sekali keuntungan. Terutama pada tampilan visual ruang yang membutuhkan sentuhan estetika.

Estimated reading time: 4 minutes

Interiordesign.id – Lantai kayu adalah salah satu elemen terbaik yang banyak digunakan pada berbagai ruang atau rumah. Penggunaan material kayu berkualitas memang menjadi pilihan favorit banyak orang.

Sepanjang tahun, dan tren desain interior, rupanya tidak hanya lantai saja yang kental dengan penggunaan material kayu, tetapi juga beberapa perabotan dan atau furniture, serta berbagai elemen-elemen dekoratif pendukung lainnya. Bahkan dinding, banyak yang menjadikan kayu sebagai pilihan material favorit para pemilik rumah.

Beberapa alasan penggunaan material kayu berikut ini dapat menjelaskan kenapa kayu menjadi salah satu material pilihan favorit banyak orang.

1. Dinding Kayu Memiliki Nilai Estetik yang Tinggi

Tren dinding panel kayu pada tahun 60an, bukan sekadar alasan mengapa saat ini banyak kembali digunakan. Dinding panel kayu menurut desainer-desainer professional, memiliki “cita rasa” dan nilai estetika yang mendekati sempurna.

Pemilihan dinding panel kayu pada ruangan akan terlihat sangat ramping dan elegan. Tampilan ruang akan tampak artistik dengan material kayu yang memiliki tekstur sangat beragam.

dinding kayu
wood panel. ~ via homedesigning
dinding kayu
vertical wood panel. ~ via homedesigning

2. Anggaran yang dapat Disesuaikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa material kayu untuk digunakan sebagai lantai ataupun dinding memiliki harga yang cukup fantastis. Namun, dengan berbagai pilihan yang saat ini banyak tersedia, kita dapat menggunakan material kayu ini hanya pada beberapa bagian saja. Ini menjadikkannya hanya sebagai aksen saja pada ruangan.

Dengan hanya sebagai aksen, kayu bisa digunakan untuk menambahkan kesan natural pada perabotan, atau hanya digunakan sebagai elemen-elemen dekoratif untuk memercantik ruangan.

Dus, kita bisa menyesuaikan kebutuhan akan material kayu ini pada interior ruangan dan menyseuaikannya dengan anggaran yang tersedia.

Ruangan dengan aksen kayu sebagai elemen dekoratif, melahirkan visualisasi ruangan yang natural. Ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai penampilan interior ruang yang alami.

dinding kayu
aksen kayu “curved”. ~ via contemporist

Penggunaan kayu, meski hanya sebagai aksen, mungkin saja tetap terasa sedikit dominan, tetapi sangatlah sepadan. Sebab, pada bagian lantai atau dinding misalnya, lantai kayu atau dinding kayu akan tampil sebagai focal point dalam desain, dan ini memercantik ruangan, sekaligus menambah kadar estetikanya.

dinding kayu
ruang makan dengan aksen kayu. ~ via iconhomedesign

3. Tekstur yang Beragam

Potongan-potongan kayu membawa tampilan yang sangat organik dengan beragam tekstur yang menarik.

Jika Anda mampu memilih beberapa potongan natural kayu untuk dijadikan sebagai dekorasi atau hiasan, atau untuk memvisualisasikan gaya modern rustic pada ruangan, pilihan tekstur yang beragam inilah yang menjadi salah satu kunci kekuatan material ini.

Dengan beragam tekstur pada potongan kayu, Anda memiliki desain kustom yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi dijamin akan memberikan banyak inspirasi kepada semua orang saat melihatnya.

dinding kayu
~ via homedesigning

4. Sangat Menarik Secara Visual

Seperti telah dibahas, material kayu memiliki keunikan yang khas. Menambahkannya sebagai unsur dan elemen dekoratif ruang, akan memberikan visualisasi yang sempurna. Benar-benar sangat menarik secara visual.

lantai kayu
~ via houzz
dinding kayu
~ via pinterest

Nah, itulah 4 kelebihan material kayu. Jangan memikirkan seperti apa penggunaanya, baik itu penggunaan secara dominan ataupun sekadar aksen saja. Kayu, saat digunakan sebagai salah satu elemen penting dalam desain interior, memberikan banyak sekali keuntungan. Penampilan atau visual ruang yang unik dan sangat estetik.

Portfolio: Desain Rumah Natural Modern – Kediri, Jawa Timur

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id