Bata Ekspos; Cara Mengetahui Jenis dan Fungsi Batu Bata

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, December 27 2017

Bata ekspos memberi kesan unfinished style yang khas. Biasa digunakan untuk mempertegas gaya desain interior industrial, rustic, atau bahkan tradisional.

Interiordesign.id – Batu bata merupakan salah satu material bangunan. Secara umum, batu bata terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar hingga berwarna kemerahan. Meski saat ini banyak material-material baru bermunculan, seperti gypsum dan juga penggunaan secara massif materila bambu, namun batu bata tidak kehilangan penggemarnya.

Dekorasi Dinding Bata; Dekorasi Unik yang Tepat, Hemat & Cepat

Untuk mendapatkan kesan alami, klasik, hingga tradisional, konsep desain dinding interior dengan penggunaan batu bata sangat disarankan. Kesan natural yang ditampilkan batu bata akan memberi kesan unfinished style yang khas. Terutama untuk mempertegas gaya desain industrial, rustic hingga tradisional.

Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif & Artistik

Penerapan konsep bata ekspos juga terbilang murah jika dibandingkan dengan material dinding lainnya. Anda juga dapat memilih untuk menyusun batu bata sebagai dinding secara polos atau tanpa plester.

Bata merah dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk, dinding pun tidak mudah retak dan tahan akan api. Selain murah, batu bata juga terbukti lebih awet, kuat, dan tentunya lebih mudah didapatkan.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan batu bata ekspos sebagai material sekaligus dekorasi dinding, tidak ada salahnya mengenal jenis dan fungsinya. Berikut ini beberapa jenis dan fungsi batu bata yang dapat diterapkan untuk dinding, serta dapat disesuaikan dengan gaya desain yang diinginkan.

Batu Bata Tanah Liat

#1 Bata biasa

Bata biasa merupakan bata merah yang memiliki permukaan dan warna yang tidak menentu. Jenis bata ini biasanya digunakan untuk dinding dengan menggunakan campuran semen atau mortar yang berfungsi sebagai perekat.

#2 Bata muka atau ekspos

desain batu bata ekspos

via pixabay.com

Bata yang satu ini memiliki permukaan yang lebih rapi serta memiliki warna dan corak yang seragam antara satu dan lainnya. Bata ekspos dapat digunakan sebagai penutup dan dekorasi dinding. Harga bata ini lebih mahal dibandingkan dengan bata biasa.

#3 Bata KWD

desain batu bata ekspos

via rumah.com

Bata KWD adalah jenis bata hias yang cukup laris di pasaran. Terbuat dari tanah liat semi padat, namun tetap memperlihatkan tekstur dari bata yang jelas. Namun, jenis bata ini memang tidak sehalus jenis bata campuran atau terakota. Harganya pun lebih murah dan ekonomis, meski begitu tidak mengurangi kesan alami dan artsy.

Batu Bata Campuran

desain batu bata ekspos

via kiruaorigami.blogspot.co.id

Batu bata campuran adalah bata yang terbuat dari kombinasi pasir dan kapur dengan perbandingan 1:8

Dalam proses pembuatan batu bata campuran, air ditekan ke dalam bahan sehingga terbentuklah bata yang kokoh. Bata ini digunakan pada dinding yang terendam air, di mana membutuhkan jenis bata yang sangat kuat, kokoh, tidak mudah keropos.

Bata Tempel

desain batu bata ekspos

via batatempel.com

Bata tempel adalah bata berukuran tipis yang cara menggunakannya dengan menempelkannya pada dinding yang sudah jadi. Ini merupakan solusi untuk menghadirkan bata ekspos di dinding tanpa perlu merombaknya.

Bata tempel memiliki ketebalan sekitar 2 sentimeter, sehingga tidak membuat dinding semakin tebal meski telah dilapisi bata tempel ini. Bata tempel memang difungsikan lebih pada dekorasi ruang sehingga tidak dibuat kokoh layaknya material bangunan.

Batu Bata Terakota

Batu bata terakota adalah batu bata yang memiliki permukaan yang halus jika dibandingkan bata biasa. Bentuknya lebih presisi sehingga tampak rapi ketika digunakan. Jenis bata yang satu ini lumayan dibanderol cukup tinggi daripada bata biasa maupun bata tempel. Namun, jangan khawatir harganya yang mahal dan tampilannya yang rapi sesuai dengan fungsinya. Jenis bata ekspos terakota ini memiliki ketahanan yang lama, awet dan tentunya sangat rapi karena melalui proses finishing.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.
Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader