fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cara Pemasangan Plafon Gypsum yang Benar, Jangan Sampai Salah Pasang!

Posted by Faris Afza 1 week ago
desain-plafon-untuk-dapur

InteriorDesign -Tahukah Anda salah satu bagian terpenting dari rumah yang terkadang diabaikan saat merancang sebuah rumah? Jawaban adalah plafon!

Yups! Plafon rumah sering menjadi bagian terlupakan saat kita sedang merancang rumah impian kita. Padahal plafon merupakan salah satu penunjang dan pelengkap keindahan rumah impian kita.

Mulai dari warna dan pemilihan bahan harus dipertimbangkan agar saat dibangun rumah impian kita memiliki keselarasan yang indah.

 Nah, Plafon ini dapat terbuat dari beberapa jenis bahan, ada yang terbuat dari kayu, triplek, gypsum, metal, PVC, asbes, dll. Dalam artikel kali ini kita akan banyak membahas tentang Plafon Gypsum.

Kenapa sih kita harus membahas tentang plafon gypsum? Plafon Gypsum ini cukup istimewa lho, karena plafon gypsum memiliki desain, model dan pilihan rangka yang lebih beragam daripada plafon lain. 

Selain itu, plafon gypsum juga tergolong plafon dengan harga murah dan pemasangannya relatif mudah, sehingga membantu mempersingkat waktu pengerjaan.

Peralatan Pemasangan Plafon Gypsum

Seperti yang sudah kita bahas diatas, pemasangan plafon gypsum cukup mudah lho. Bukan hanya itu, peralatan yang digunakan juga mudah ditemukan di sekitar kita. 

Nah, sebelum membahas tentang tata cara pemasangannya, ada baiknya kita kenalan dulu nih dengan peralatan-peralatan yang dipakai ketika memasang plafon gypsum.

1. Pemasangan Plafon Gypsum: Meteran

Siapasih yang tidak kenal dengan alat ajaib yang satu ini? Meteran. Meteran memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan ukuran atap yang ingin dipasang plafon dan besarnya gypsum yang harus dipotong. Namun, meteran yang dipakai merupakan meteran dengan panjang 7,5 meter. Tujuannya adalah agar mampu mengukur atap atau gypsum dengan lebih tepat.

2. Pensil dan Cutter

Alat penting lainnya adalah pensil dan cutter. Anda tahu dong tentunya alat ini untuk apa? Yups, benar sekali! Kegunaan dari alat ini adalah sebagai penanda dan pemotong. Pensil digunakan untuk memberi tanda pada gypsum, semetara cutter berfungsi untuk memotong gypsum yang telah diberi tanda. Penggunaan pensil dan cutter dapat menghasilkan plafon dengan ukuran lebih tepat.

3. Pemasangan Plafon Gypsum: Palu, Bor dan Gunting Seng

Pada saat pemasangan plafon, kita akan melewati tahap memasang rangka hollow  pada atap. Nah, hollow terbuat dari bahan yang keras, pada saat seperti inilah palu, bor dan gunting seng akan digunakan dengan tujuan untuk mempermudah pemasangan hollow pada plafon di atap.

4. Scrap

Scrap merupakan peralatan yang dibutuhkan untuk menyatukan satu plafon dengan plafon lainnya. Biasanya scrap juga digunakan untuk menutup sambungan-sambungan plafon agar terlihat lebih rapi dan indah

5. Selang Waterpass

Selang Waterpass merupakan peralatan terakhir yang digunakan untuk mengukur kerataan permukaan dari plafon gypsum yang ingin dipasang di atap.

Pemasangan Plafon Gypsum

Nah, setelah menyiapkan peralatan-peralatan di atas, kita akan mulai memasang plafon gypsum. Ada beberapa tahapan yang harus kamu ikuti, lho!

1. Evaluasi Garis Ketinggian

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin memasang gypsum adalah mengevaluasi garis ketinggian. Peralatan yang digunakan pada tahap ini adalah selang water pass.

 Buatlah empat spot sudut di tiap ruangan dengan menggunakan selang water pass ini. Kemudian tariklah garis dari setiap ujung ke ujung lainnya dengan menggunakan pensil dan lihatlah bagaimana garis ketinggian yang dihasilkan dalam tahap ini.

2. Memasang Wall Angle

Setelah mengevaluasi garis ketinggian, tahap berikutnya adalah memasang wall angle. Wall Angle adalah bagian dari struktur hollow yang digunakan untuk menyangga plafon. Letakkan Wall angle pada garis ketinggian yang telah dibuat sebelumnya.

 Lalu, pakulah dengan menggunakan paku beton dengan jarak antar pake minimal 30 cm. Anda bisa menggunakan paku beton berukuran 2 cm atau 3 cm, ya. Setelah itu jangan lupa untuk pastikan bahwa siku di paku dan wall angle-nya telah terpasang dengan kuat. Selain menggunakan paku, bisa juga menggunakan sekrup pada pemasangan wall angle ini. Caranya adalah dengan mengebor sekrup pada saat pemasangan wall angle.

3. Pemasangan Plafon Gypsum: Evaluasi Jarak

Tahap ketiga adalah kembali melakukan evaluasi ulang terhadap wall angle yang telah dipasang. Kamu harus memastikan bahwa jarak antara wall angle dari pinggiran satu bidang dinding berjarak 60 cm. Buatlah tanda pada tiap jarak sebesar 60 cm dan samakan ukuran di bidang sisi lainnya. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mempermudah pemasangan hollow.

4. Memasang Rangka Hollow

Pemasangan Plafon Gypsum selanjutnya adalah memasang rangka hollow. Pertama-tama anda harus kembali mengukur panjang tiap-tiap tanda yang sudah dibuat tadi. Jika terdapat ukuran yang berbeda, Anda bisa memotong hollow tersebut agar sesuai dengan tanda yang diberikan tadi. Jika ukurannya sudah tepat, tumpangkan hollow pada sisi atas wall angle dan pasang sekrup menggunakan bor. Lakukan tahap ini kembali hingga semua tanda yang sudah dibuat tadi terisi dengan rangka hollow.

5. Pemasangan Bentangan Hollow

Setelah memasang rangka hollow, langkah berikutnya adalah memasang hollow di atas hollow yang lain. Langkah ini disebut dengan memasang bentangan hollow. Hollow yang diletakkan di bagian atas bertujuan untuk mengunci hollow di bagian bawah.

 Selain itu, tujuan lainnnya adalah agar hollow bagian bawah tidak goyang ke kiri dan ke kanan dan agar mempermudah penggantungan saat akan disekrup.

Tahap ini memerlukan kehati-hatian ekstra dan juga evaluasi berulang. Tujuannya adalah untuk mengukur kembali serta membuat tanda agar bentangan hollow memiliki ukuran yang tepat baik secara vertikal maupun horizontal. 

Setelah semua bentangan hollow tepat, maka tahap akhirnya adalah memasang sekrup pada bentangan hollow agar terpasang lebih kuat.

6. Pemasangan Gantungan Rangka Plafon

Setelah bentangan hollow terpasang, langkah berikutnya adalah membuat gantungan hollow bagian atas dan bawah ke rangka atap rumah. Jarak antar gantungan sekitar 80 cm hingga 120 cm. 

Jika ingin lebih kuat, maka sebaiknya kamu menggunakan gantungan dengan jarak sekitar 80 cm dengan menggunakan kawat, hanger atau sisa hollow.

Kemudian sesuaikanlah tinggi hollow bagian atas dengan panjang hollow. Jika sudah tepat, sekruplah bagian tersebut ke atap. Jangan lupa untuk pastikan bahwa permukaan hollow bagian bawah telah rata. 

Setelah gantungan terpasang, pastikan bahwa semua hollow tidak ada yang goyang lagi. Jika masih goyang, kamu bisa menambahkan sekrup agar tidak longgar.

Nah, Apakah Anda telah memahami mengenai dunia plafon gypsum? Saatnya kita melihat pasaran harga plafon. 

Pada umumnya, plafon gypsum dijual dipasaran dengan ukuran 122 x 244 cm dan 120 x 60 cm dengan harga berkisar Rp.50.000/lembar – Rp. 250.000/lembar. Semakin luas dan bagus merk plafon yang kita beli, maka semakin mahal pula harga yang harus kita bayarkan.

Berbeda halnya dengan harga plafon, biaya pemasangan plafon gypsum berkisar Rp. 150.000 – Rp. 185.000/m2. Cukup menguras dompet, bukan? Namun, kamu tidak perlu bimbang, Anda bisa menyerahkan langsung ke ahlinya. Interiordesign.id sudah berpengalaman dalam membantu memilih dan memasang plafon gypsum sesuai kebutuhan dan budget klien. 

Anda tidak perlu pusing memikirkan merek plafon dan biaya pemasangannya, karena bisa langsung berkonsultasi dengan tim interiordesign  terlebih dahulu. Jika tertarik, Anda bisa langsung klik disini untuk bertemu dengan interior.id. Selamat mencoba tips diatas!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id