dekorasi kamar tidur gaya nautical

Santai Seperti di Pantai dengan Dekorasi Kamar Tidur Gaya Nautical

Posted by Erica Apriliani  •  Friday, April 26 2019

Konsep dekorasi kamar tidur yang melahirkan suasana sejuk, segar dan menenangkan.

Interiordesign.id – Suasana pantai selalu saja khas. Ia dapat memberikan ketenangan yang instan, membuat kita sejenak melupakan masalah dihadapi di kehidupan sehari-hari. Suasana alam pesisir pantai selalu menjadi alasan terbaik kenapa area ini sangat digemari.

Dan tahukah anda, dengan kekhasannya, pantai bahkan menginspirasi dan melahirkan gaya dekorasi interior yang mengadaptasi suasana pantai. Ya, ia adalah gaya desain nautical.

Sesuai dengan namanya, gaya nautical atau dikenal juga dengan gaya coastal terinspirasi dari pantai, laut, pesisir, dan suasana alamnya. Konsep desain ini mengadaptasi nuansa pesisir pantai ke dalam ruangan. Dengan palet warna yang lembut, gaya interior ini bisa melahirkan kesejukkan dan ketenangan. Dengan ciri khas pada penataan elemen yang sederhana dan penataan furnitur yang tidak terlalu berlebihan, nautical atau coastal style menjadi salah satu gaya terunik yang terinspirasi dari alam.

Gaya nautical sendiri bukanlah konsep baru dalam dunia desain interior. Ia adalah sebuah konsep desain rumah yang mungkin lebih dikenal dengan nama beach house. Konsep arsitektur dan konstruksi interior rumah yang terinspirasi dari model rumah-rumah di pesisir pantai.

Bacaan terkait:

Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Nah kali ini, kita akan sedikit membahas mengenai penerapan gaya nautical atau coastal atau gaya beach house ini ke dalam interior kamar tidur. Akan seperti apakah penampilan kamar tidur menggunakan konsep dan pendekatan gaya ala pantai ini? Apakah ia akan melahirkan suasana ruang kamar yang santai dan menyejukan?

Berikut adalah cara mendekorasi kamar tidur agar melahirkan suasana “santai kayak di pantai” dengan penerapan gaya nautical.

Palet warna yang lembut

Gaya nautical identik dengan palet warna-warna yang lembut seperti putih dan biru. Warna putih, selain mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, ia juga bisa mencerahkan ruangan.

Dekorasi kamar gaya nautical

~ via pinterest

Sementara untuk warna biru, ia sangat identik dengan warna laut dan langit. Shades warna biru yang cocok untuk gaya ini pun sebenarnya bermacam-macam, seperti biru laut, biru terang, biru navy, atau bahkan biru kehijauan seperti toska.

Dekorasi kamar tidur gaya nautical

~ via ericchavez

Kombinasi warna putih dan biru menjadi skema warna yang sangat sempurna dalam dekorasi kamar gaya nautical. Ditambah dengan motif motif garis-garis yang merupakan ciri khas dalam gaya ini, kamar tidur dijamin akan melahirkan suasana dan atmosfer ruang kamar yang sangat “pantai”.

Baca juga:

Desain Kamar Tidur, Cerminan Paling Personal dari Pemiliknya, Benarkah?

Fungsi dan Pengaruh Warna Terhadap Suasana Hati

Furnitur yang kasual dan sederhana

Meski anda tidak tinggal di kawasan pantai, anda tetap harus konsisten dalam pemilihan furnitur untuk menerapkan konsep desain nautical secara sempurna.

Pilihlah furnitur yang kasual dan sederhana. Hindari furnitur yang glossy atau mengkilap, sebaliknya pilihlah yang matte. Furnitur glossy dapat mengurangi kenyamanan saat anda berada di dalam kamar.

Material yang digunakan pun harus dipilih dengan hati-hati.

Untuk mendukung suasana, anda bisa menempatkan pilihan pada materila kayu. Kayu yang digunakan untuk gaya ini adalah kayu yang ringan dan sederhana, sebab ia lebih cocok dengan konsep interior gaya tropis.

Sebagai contoh, anda dapat menggunakan kayu halus berwarna putih yang sudah terlihat tua agar memberi kesan rustic. Dan kenapa harus rustik? karena gaya nautical sangat identik dengan konsep interior rustic di mana penggunaan material kayu merupakan yang paling dominan digunakan.

Dekorasi kamar tidur gaya nautical

~ via HOOMDSGN

Anda juga dapat menggunakan material alami untuk melengkapi suasana nautical di dalam kamar. Kayu-kayuan hingga tanaman palsu bisa menjadi pemanis dan menjadikan area kamar terlihat lebih hidup serta kaya akan tekstur.

Dekorasi kamar gaya nautical

~ via michaelliottactor

Material berbahan organik seperti jerami atau rumput laut pada perabot, karpet, atau elemen lainnya juga dapat memberikan kehangatan pada kamar tidur anda. Selain itu, material lainnya seperti anyaman, sofa, dan kaca tebal juga dapat mendukung gaya nautical.

Sedikit tips, untuk kain, pilihlah kain linen. Atau, apabila anda ingin sesuatu yang lebih berwarna, pilihlah kain denim.

Bacaan terkait:

3 Dekorasi Kamar Sederhana dan Minimalis Rekomendasi para Desainer Ternama

Hiasan beraksen pantai

This is the fun part!

Hiasan beraksen pantai dapat secara instan menjadikan kamar tidur memiliki nuansa ala nautical. Elemen dekoratif seperti binatang-binatang laut, kerang, batu karang, burung bangau hingga pasir dapat menjadi pilihan yang menarik. Beberapa aksen lainnya seperti jangkar, kapal laut, peta dunia, atau kompas juga dapat menjadi alternatif.

Anda juga bisa memajang koleksi aksesori pantai yang anda kumpulkan saat anda berlibur ke pantai. Selain sesuai dengan tema, benda-benda tersebut juga menjadi memorabilia yang akan membuat anda selalu ingat dengan kenangan liburan anda.

Dekorasi kamar tidur gaya nautical

~ via banan-film

Dekorasi kamar gaya nautical

~ via pinterest

Dekorasi kamar tidur gaya nautical

~ via eileendcrowley

Pencahayaan

Untuk mengaplikasikan gaya nautical ke dalam kamar tidur, pencahayaan menjadi salah satu faktor yang paling penting.

Pilihlah jendela besar agar mempermudah cahaya alami masuk ke dalam kamar tidur. Setiap rumah yang berada di kawasan pantai pasti memiliki jendela besar untuk mempermudah cahaya natural dan angin dari luar masuk ke dalam rumah secara sempurna.

Dekorasi kamar tidur gaya nautical

~ via pinterest

Bacaan terkait:

Pencahayaan Ruangan dengan Sumber Cahaya Alami, Ciptakan Suasana Ruang yang Sehat dan Menenangkan

Memilih Pencahayaan Terbaik untuk Ruangan Bisa Berdampak Positif Terhadap Mood dan Suasana Hati

Tetapi, apabila anda tidak memiliki banyak akses untuk cahaya alamai agar masuk secara maksimal ke dalam kamar, anda dapat menambahkan lampu atau cermin besar yang dipasang berlawanan dengan posisi jendela.

Selain hal tersebut, pemakaian meja kaca juga sebenarnya bisa membantu menambahkan akses cahaya agar dapat masuk ke dalam area kamar tidur. Namun meja kaca, apalagi yang berukuran besar, jarang digunakan dalam konsep interior bergaya nautical. Tetapi semua terserah anda. Anda bisa saja mengombinasikan konsep nautikal dengan gaya desain lain yang menjadi favorit anda dan melahirkan konsep eklektik yang cantik dan unik.

Jadi, dekorasi kamar tidur seperti apa yang sudah anda terapkan di rumah anda? Apakah gaya nautical bisa menjadi salah satu favorit konsep interior kamar tidur untuk anda dan keluarga tercinta?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader