Desain Storage Bawah Tangga; Menyulap Area Tersembunyi Jadi Tempat Penyimpanan Fungsional

Posted by Nita Hidayati  •  Friday, October 13 2017

Desain storage bawah tangga merupakan cara unik menyiasati terbatasnya ruang penyimpanan. Menyulap area tak terpakai menjadi sebuah tempat penyimpanan yang fungsional.

Interiordesign.id – Memiliki banyak barang serta perabotan dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar selalu menjadi masalah yang banyak dijumpai. Kebingungan menempatkan barang gegara terbatasnya ukuran ruang menjadi hal yang cukup memusingkan. Saatnya berpikir lebih kreatif dan mengkreasi ruang-ruang penyimpanan alternatif. Dari sekian banyak area di dalam rumah, bagaimana jika menyulap area di bawah tangga?

| Desain Ruang Kantor Kecil, Manfaatkan Sisa Ruang yang Ada di Rumah

Keterbatasan ukuran rumah menuntut Anda untuk cerdas dalam menyiasati dan memanfaatkan setiap space di dalam rumah. Salah satu bagian sudut rumah yang kerap terlupakan adalah area di bawah tangga. Padahal, area ini sangat berpotensi menjadi tempat penyimpanan yang ideal untuk menyimpan barang.

Banyak fungsi yang bisa didapat jika kita cermat saat mengkreasi bagian bawah tangga. Lebih dari sekadar penghubung antar lantai, hampir semua bagian tangga bisa dimanfaatkan. Pada anak tangga, Anda dapat membuat laci penyimpanan. Sementara di bagian bawah tangga, Anda dapat mengkreasi sebuah rak serbaguna atau bahkan lemari dan jenis storage lainnya.

Desain Storage Bawah Tangga; Lemari

Umumnya, bagian bawah tangga dibiarkan kosong begitu saja, padahal Anda sebenarnya dapat menempatkan sebuah lemari di sana. Jangan lupa untuk mengukurnya terlebih dahulu, agar mudah mengkreasi lemari kustom yang pas di area tersebut.

| Dekorasi Storage Dapur, Cara Terbaik Menata Area Penyimpanan pada Ruang Dapur

Panel lemari yang telah difinishing dengan lapisan warna senada dengan furnitur kayu lainnya agar memiliki keselarasan dengan desain sekitarnya. Sehingga, ketika pintu-pintu storage dan powder room tertutup, keberadaan fungsi area rahasia ini tak akan terlihat. Dalam sekejap, storage ini pun seolah menghilang.

desain storage bawah tangga

via pinterest

Storage dalam lemari jenis ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan beragam barang. Anda dapat menyimpan mainan anak, peralatan makan hingga makanan kering.

Desain Storage Bawah Tangga; Rak & Laci

Selain menempatkan lemari kustom di area tersebut, Anda juga dapat meletakkan rak sebagai elemen desain interior yang memiliki estetika. Cukup dengan menyesuaikan ukuran rak dengan area yang terdapat di bagian bawah tangga.

desain storage bawah tangga

via freshome.com

| Dekorasi Ruangan dengan 5 Rak Penyimpanan Kontemporer yang Elegan dan Modern Ini

Pilihlah rak-rak yang tidak terlalu besar, buatlah sekat-sekat sehingga ukurannya tidak terlalu besar. Dalam rak tersebut, Anda dapat menyimpan berbagai kebutuhan. Rak Ini pun cocok digunakan sebagai rak untuk menyimpan buku-buku koleksi Anda.

desain storage bawah tangga

from pinterest

| Desain Perpustakaan Kamar, Cara Mudah Miliki Area Membaca Pribadi di dalam Kamar

Pada bagian bawah rak, dapat Anda fungsikan sebagai storage berlaci, sehingga rak pun lebih fungsional. Simpan barang-barang Anda di dalam laci tersebut. Anda juga dapat menggunakan laci dengan kunci untuk keamanan barang Anda.

Desain Storage Bawah Tangga untuk Pakaian & Sepatu

Jika Anda memiliki area tersisa di bawah tangga yang cukup luas, maka Anda lebih leluasa untuk memanfaatkannya. Anda dapat mendesain area tersebut menjadi tempat untuk menyimpan pakaian dan sepatu layaknya walk in closet.

Anda dapat membuat lemari yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membuat lemari gantung. Pada area tersebut, Anda dapat jadikan area penyimpanan baju yang khusus digantung. Seperti baju kerja, gaun ataupun baju lainnya.

desain storage bawah tangga

via muotopuoliblog.blogspot.fi

| Inspirasi Desain Garasi Rumah, Transformasi Garasi Tak Terpakai Jadi Sumber Rezeki

Masih ada lahan kosong tersisa? Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat rak untuk menyimpan sepatu di samping atau bagian bawah lemari. Dengan menyusun rapi sepatu serta pakaian Anda di tempat yang sama, hal ini akan mempermudah Anda saat memilih busana. Sebuah walk in closet yang unik dan sangat tidak biasa.

desain storage bawah tangga

via lanewstalk.com

Untuk mewujudkan mimpi ini, Anda bisa meminta bantuan jasa desainer interior. Berkonsultasilah dengan mereka soal model dan jenis storage yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dan tentunya, sesuai dengan kondisi dan ukuran rumah Anda.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader