desain kamar tidur kecil

Cara Mendesain Kamar Tidur Kecil

Posted by Fitrah A Rustana  •  Tuesday, February 26 2019
ADVICE IN STYLE BUDGET
Dilema Desain Eclectic Di bawah Rp. 10 juta
 
Asked by Ryana
Saya bingung menentukan konsep desain terbaik untuk kamar tidur saya yang kecil.
desainer interior interiordesign.id
Answered by Fitrah A Rustana

Hai Mbak Ryana,

Terima kasih sudah mengunjungi laman Tanya Desainer. Dengan senang hati Saya akan mencoba membantu permasalahan dilema desain kamar tidur kecilnya.

Berikut adalah adalah beberapa rekomendasi Saya terkait cara terbaik mendekorasi kamar tidur kecil. Ini tidaklah sulit dan bisa Mbak lakukan secara mandiri.

  1. Susun layout yang sederhana dan gunakan furnitur yang slim tetapi multifungsi.

Semakin efektif layout, semakin efektif pula penggunaan ruang. Posisikan tempat tidur di sudut, dan dekatkan dengan jendela jika memungkinkan. Ini akan memberi space cukup besar untuk beraktivitas dan melahirkan kesan yang lebih luas karena Mbak Ryana akan punya view yang luas ke arah luar.Jika menggunakan funitur, seperti meja, pilih yang slim, bisa dilipat dan disimpan, atau memiliki fungsi ganda. Mobilitas seperti ini akan sangat membantu di ruangan yang sangat kecil.

  1. Pusatkan penyimpanan pada 1 ruangan vertikal.
kamar tidur dengan penyimpanan yang tertata rapi

Kamar tidur kecil dengan penyimpanan vertikal. ~ truhome.club

Foto Rak yang Mbak Ryana kirim sebenarnya sudah bisa menjadi titik awal yang baik untuk memusatkan penyimpanan vertikal. Jadi kita bisa memanfaatkan yang sudah ada, kemudian menambahkan floating shelves di bagian atasnya. Agar penyimpanan terlihat lebih rapi, pakailah kotak-kotak penyimpanan baik bermotif, bertekstur, ataupun polos di rak-rak tersebut.

penyimpanan kamar tidur kecil

underfloor storage. ~ via the styled life blog

Jika terdapat space di bawah tempat tidur, gunakan juga untuk menyimpan barang-barang yang diakses sesekali. Simpan barang dalam laci tambahan atau membeli tempat tidur dengan instalasi storage di bawahnya.

  1. Buat ilusi ruangan dengan penggunaan cermin.

Pilih satu tempat untuk memasang sebuah cermin. Cermin yang lebih besar, dapat membantu membuat ruangan terlihat jauh lebih besar dan bebas dari kesan sumpek. Pilih cermin dengan ukuran badan dengan frame yang sederhana. Dan akan lebih baik jika cermin tersebut digantung di dinding (bukan bersandar), sehingga floorspace di bagian bawahnya bebas untuk digunakan.

  1. Seragamkan elemen warna dasarnya.

Terlalu banyak warna dapat menjadikan ruangan terasa lebih ramai dan penuh. Untuk menyiasatinya pilihlah warna netral sebagai ground colour, untuk kemudian menambah warna-warna aksen lainnya di bantal, selimut, dan atau karpet. Dengan begitu, akan membantu membuat ruangan terlihat lebih lapang, tanpa menghilangkan kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas melalui warna.

kamar tidur gaya bohemian

~ via home edit

Pun begitu juga untuk furnitur. Pilih furnitur dengan warna yang netral dan terang untuk memberi kesan yang lebih ringan. Putih, birch wood, light grey, adalah beberapa contoh warna dan tekstur yang bisa digunakan.

  1. Ruangan bernuansa eklektik, seperti keinginan Mbak Ryana, pada dasarnya merupakan mashed- up dari warna, tekstur, solid, motif, pola, dan potongan.

Tanaman sebagai salah satu elemen tambahan bisa sangat membantu memberi kesan yang berbeda dan menambah kenyamanan ruang kamar tidur. Motif dan tekstur juga dapat ditambah melalui penggunaan gorden. Selain itu, gorden yang dipasang lebih tinggi dari jendelanya, bisa memberi kesan ruangan yang lebih tinggi.

Aksesori seperti twinkle lights juga bisa menambah kesan homey dan memberi touch personal pada ruangan.

kamar tidur kecil dengan string light

Kamar tidur dengan sting light. ~ via pinterest

Begitu pula dengan foto-foto yang ditempel di dinding atau kolase foto. Tetapi, disarankan jangan berlebihan dan tetap upayakan agar tersusun rapi. Karena semakin rapi ruangan, semakin luas juga terlihatnya.

Selamat mencoba dan semoga dapat diaplikasikan ke ruangan personalnya!

Fitrah A Rustana

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Share :



Shopping List




Load more

You may also like




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader