Tips Dekorasi Kamar Tidur; Cara Mudah Mengubah Suasana Kamar agar Makin Terlihat Unik dan Istimewa

Posted by Nita Hidayati  •  Thursday, November 16 2017

Mengubah sedikit saja tampilan kamar, mampu memengaruhi suasananya secara keseluruhan.

Interiordesign.id – Kamar tidur adalah salah satu ruang di mana kita banyak menghabiskan waktu personal. Dus, area tersebut memiliki peran cukup penting untuk merelaksasi tubuh serta pikiran. Jika ruangan kamar tidur tidak nyaman, kualitas istirahat dan juga kegiatan-kegiatan personal yang menenangkan tentu akan berkurang.

Dekorasi Kamar Kos Minimalis; Tips Dekorasi Mudah dan Murah untuk Kamar Tidur Berukuran Kecil

Mengubah sedikit saja tampilan kamar, mampu memengaruhi suasananya secara keseluruhan. Jika Anda mulai bosan dengan tampilan kamar, mungkin ini saatnya Anda membuat perubahan.

Dekorasi Kamar Tidur Sehat, untuk Istirahat yang Maksimal & Nyaman

Anda sebenarnya tidak perlu melakukan perubahan besar-besaran untuk dapat menampilkan suasana kamar tidur agar terlihat unik serta berbeda. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyulap penampilan ruang tersebut agar terlihat lebih menarik dan nyaman.

DIY Headboard

tips dekorasi kamar tidur

via ferlazzonatoli.com

Sandaran pada ranjang yang berada di atas posisi kepala atau yang dikenal dengan sebutan headboard dapat Anda kreasikan. Jika selama ini, tempat tidur Anda tidak menggunakan headboard, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakannya. Bagian ranjang ini mampu memberi tampilan berbeda pada ruang kamar tidur.

5 Desain Kamar Tidur Kecil Ukuran 3×4 Meter, Anak Kuliahan Bisa Coba Nih Buat Kamar Kosan Keren!

Bagi Anda yang menyukai gaya do-it-yourself alias DIY, Anda bisa merancang sendiri headboard yang Anda inginkan. Jendela kayu yang tidak digunakan dapat dibuat sebagai headboard yang unik. Pilihlah jendela kayu tradisional dengan bentuk khas yang memiliki kisi-kisi. Jendela jenis ini akan memberi kesan etnik pada ruang kamar tidur.

Selain jendela kayu, Anda juga bisa menggunakan kayu panel yang memiliki tekstur agak kasar. Tekstur kayu kasar akan memberi kesan rustic pada keseluruhan ruang kamar tidur. Sebuah penampakan ruang eklektik, dengan kesan rustic yang kuat.

Dekorasi-dekorasi DIY tentu merupakan cara paling mudah dan murah jika dibanding membeli ranjang baru bukan?

Sekat Fungsional

tips dekorasi kamar tidur

via williameckersley.com

Jika Anda memiliki ruang kamar tidur yang cukup luas, maka Anda dapat merancang sebuah mini walk ini closet. Walk in Closet merupakan ruang khusus yang difungsikan sebagai area berganti pakaian hingga merias diri. Anda bisa menghadirkan walk in closet di dalam kamar dengan penggunaan sekat.

Desain Mini Wardrobe; 4 Cara Mudah Miliki “Walk in Closet” Mungil di dalam Kamar

Selain sebagai pembatas ruang, sekat juga dapat Anda desain dan dekorasi sehingga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan pakaian dan sepatu alias wardrobe. Sekat yang juga berfungsi sebagai wardrobe ini akan menampilkan suasana ruang menjadi makin fungsional dan menarik secara visual.

Karpet

tips dekorasi kamar tidur

Tidak ingin mengubah tampilan ranjang Anda dengan menghadirkan headboard, atau tetap memilih lemari pakaian daripada memiliki sebuah wardbrobe, tidak masalah. Anda bisa mengkreasikan hal-hal unik lainnya untuk dapat menampilkan suasana ruang kamar tidur agar tampak beda dan istimewa. Karpet jadi salah satu elemen dekoratif dan aksesori ruang yang mampu melakukan hal tersebut. Tempatkan karpet persis di bawah ranjang atau kasur Anda.

Karpet mampu mempercantik ruang sekaligus memiliki fungsi menetapkan area negatif dan positif ruang kamar tidur. Anda bebas menentukan motif dan warna yang disukai saat menggunakannya. Satu hal saja yang perlu diingat, pilihlah warna yang memiliki keselarasan dengan pilihan atau penggunaan warna pada elemen dekoratif yang lain serta furnitur yang digunakan.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan jadi Terasa Luas & Istimewa

Windows Treatment

tips dekorasi kamar tidur

via pinterest

Desain Kamar Loteng; Miliki Desain Kamar Unik di Area yang Nyaris Terlupakan

Cara mudah selanjutnya untuk menata dan mendekorasi ulang kamar tidur agar makin terlihat unik dan istimewa adalah dengan windows treatment. Jika Anda memiliki jendela yang dibiarkan begitu saja dengan gorden, saatnya mengganti gorden tersebut.

Gunakanlah kain dengan warna dan motif yang Anda kehendaki kemudian jahit menjadi gorden. Buatlah kain gorden yang berukuran 30 cm lebih panjang dari ukuran jendela hingga membuat kainnya terhampar ke lantai. Penggunaan gorden seperti ini akan memberi kesan mewah dan anggun pada kamar tidur Anda.

Tip Desain dan Dekorasi Interior, Cara Praktis Mengubah Rumah Jadi Makin Nyaman

Jangan lupakan juga untuk menyesuaikan warna atau motif gorden dengan skema warna utama yang digunakan pada ruang kamar tidur agar memiliki kesatuan dan keselarasan.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram