Inilah 5 Tips Praktis Merawat Rumah Setelah Liburan

Posted by Putri A Ashralika Thursday, October 22 2020
desain rumah minimalis type 40

Interiordesign.id – Merencanakan liburan bersama keluarga di akhir tahun adalah hal yang sangat dinantikan oleh banyak orang. Seperti lari marathon yang akan segera mencapai garis finish, orang-orang akan semakin bersemangat menyambut datangnya hari libur di momen malam pergantian tahun. Hidangan untuk para tamu yang datang ke rumah juga bingkisan sebagai hadiah akhir tahun disiapkan sebaik mungkin.

Seperti halnya mempersiapkan rencana untuk liburan atau acara makan malam di hari natal, membersihkan kembali rumah juga harus direncanakan. Tugas ini akan terasa lebih mudah jika dikelola terlebih dahulu. Dengan menyusun langkah-langkah dari hal yang kecil, pekerjaan ini akan terasa lebih ringan dan mudah diatasi. Di bawah ini adalah beberapa cara praktis menjadikan rumah tetap terlihat rapi dan kembali nyaman setelah momen liburan.

KonMari: Teknik Merapikan Rumah Sekali Seumur Hidup

Sortir hadiah yang akan digunakan

Kado natal

Andrew Neel – Unsplash

Langkah pertama dalam pembersihan setelah liburan adalah dengan menata setiap hadiah yang diterima. Menumpuk banyak barang di sudut ruangan akan membuat kesan yang berantakan di dalam rumah. Untuk menghemat ruang, tidak apa-apa memilih barang apa saja yang akan lebih sering digunakan. Pertimbangkan menyumbangkan beberapa dari hadiah yang tidak akan Anda gunakan.

Atau mungkin sebaliknya banyak sekali yang bisa disimpan tetapi tidak adanya ruang yang memadai untuk menyimpan semua barang tersebut. Dalam hal ini, sortir lah beberapa barang yang sudah usang atau bertahun-tahun tidak dipakai, sehingga bisa digantikan dengan barang yang baru.

Bereskan dekorasi ruangan

Dekorasi natal yang cantik

AtHome.com

Setelah hadiah yang telah disortir disimpan, selanjutnya Anda harus menangani dekorasi ruangan. Menyimpan semuanya di dalam kotak penyimpanan adalah cara yang mudah, namun akan berakhir dengan kekacauan di tahun depan saat akan membukanya kembali. Cara terbaik untuk membersikan ruangan adalah dengan melakukan inventori apa yang ingin disimpan untuk dekorasi dan apa yang akan dibuang.

Misalnya, banyak orang menggunakan kartu liburan favorit mereka sebagai dekorasi di rumah. Pilihlah kartu yang masih bagus jika digunakan tahun depan dan buanglah yang lama. Cara ini juga berlaku bagi barang-barang lain yang tidak bisa digunakan hanya sekali saja.

Aneka Dekorasi Rumah untuk Menambah Semarak Suasana Natal

Sedot debu

Tidak ada yang lebih aneh daripada menemukan jarum pinus dari pohon natal di bantal sofa. Untuk menghindari kejutan seperti ini, pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa jarum pinus atau puing-puing seperti pita kado dan kilau dari kantong hadiah. Lepaskanlah bantal dari furniture dan pastikan untuk menggunakan ekstensi pada penyedot debu untuk membersihkan semuanya. Plus, ini juga dapat membantu menghilangkan bau yang menempel pada bantal dan karpet.

Perlu diketahui, bahwa banyak penyedot debu rumah tidak dapat mengambil jarum pinus atau sisa-sisa kecil dari hiasan pada kado. Jika penyedot debu terlalu banyak mengambil jarum pinus atau hiasan kado, mesin akan cepat tersumbat, bahkan bisa menghentikan roller bar untuk berputar. Lantai kayu bisa dengan mudah dibersihkan menggunakan sapu biasa, untuk karpet bisa menggunakan sapu karet atau sikat serat.

Desain Interior Rumah, Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Bereskan atau simpan semua makanan

Liburan natal

rawpixel – Unsplash

Jika tidak sempat membersihkan kulkas atau freezer sebelum liburan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bersihkan makanan lama atau kadaluarsa agar Anda bisa menyimpan makanan yang baru. Setelah melakukannya, bersihkan kulkas menggunakan campuran air dengan sedikit cuka yang dapat membunuh kuman di dalam kulkas serta membuat freezer kembali segar.

Menata kembali kamar tamu

tips merawat dan merapikan rumah

Membersihkan kamat tamu bukan berarti menganggap bahwa keluarga atau tamu yang datang ke rumah Anda kotor. Namun, proses ini merupakan salah satu cara untuk mendisinfeksi rumah sebagai bagian dari pembersihan rumah. Flu dan pilek bisa menular kapan saja, maka mencuci semua seprai serta selimut apabila ada yang menginap di rumah adalah wajib bagi setiap pemilik rumah. Anda juga harus membersihkan beberapa area sasaran seperti kamar mandi, dapur, dan meja. Berfokuslah pada area tempat makanan disiapkan di dapur untuk mengurangi bakteri dari daging mentah.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk merawat dan merapikan rumah setelah selesai berlibur. Jika rumah tertata rapi, suasana hati yang bahagia setelah berkumpul dengan keluarga dan kerabat dekat pun pasti akan selalu terjaga.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×