fbpx
Hello, Guest

Bingkai Foto dari Koran: Menjadikan Sampah menjadi Bernilai Tinggi

Posted by Rio Stefanus Monday, April 17 2023

Interiordesign.id – Bingkai foto adalah salah satu aksesori yang sering digunakan untuk memajang foto. Bingkai foto terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu, kaca, logam, atau plastik. 

Ada juga bingkai foto yang terbuat dari bahan daur ulang, seperti koran. Bingkai foto dari koran menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mengurangi penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan.

Bingkai foto dari koran adalah bingkai yang terbuat dari kertas koran bekas. Kertas koran bekas ini kemudian dijadikan bahan dasar untuk membuat bingkai foto. Bingkai foto ini bisa dipajang di rumah, di kantor, atau di tempat-tempat lain sebagai penghias ruangan.

Ide Model Bingkai Foto dari Koran

Bingkai foto dari koran dapat dijadikan sebagai proyek kerajinan yang menyenangkan dan kreatif. Berikut adalah beberapa ide model bingkai foto dari koran yang dapat dicoba:

1. Bingkai Foto dari Koran yang Digulung

Bingkai Foto dari Koran

Cara membuat bingkai foto dari koran yang pertama adalah dengan menggulung kertas koran bekas menjadi bentuk tabung. Kemudian, susun tabung-tabung tersebut membentuk bingkai foto. 

Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, kita dapat menghias bingkai foto dengan kain perca atau bahan-bahan lain yang dapat dijadikan hiasan.

2. Bingkai Foto dari Koran yang Dilipat

Selain digulung, bingkai foto dari koran juga dapat dibuat dengan cara dilipat. Kita dapat melipat kertas koran bekas menjadi bentuk origami yang unik, kemudian menggabungkannya membentuk bingkai foto. Bingkai foto dari koran yang dilipat memiliki tampilan yang cantik dan artistik.

3. Bingkai Foto dari Koran dengan Hiasan Kertas Origami

Bingkai Foto dari Koran

Selain kain perca, kita juga dapat menggunakan kertas origami sebagai hiasan pada bingkai foto dari koran. Kertas origami dapat dilipat menjadi bentuk-bentuk yang indah dan menarik, kemudian ditempelkan pada bingkai foto dari koran.

4. Bingkai Foto dari Koran dengan Teknik Quilling

Bingkai Foto dari Koran

Teknik quilling atau seni kertas bergulung juga dapat digunakan untuk membuat bingkai foto dari koran. Kita dapat menggulung kertas koran bekas menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkannya membentuk bingkai foto. Bingkai foto dari koran dengan teknik quilling memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Itulah beberapa ide model bingkai foto dari koran yang dapat dicoba. Kita dapat menyesuaikan ide-ide tersebut dengan keinginan dan kreativitas kita sendiri untuk menciptakan bingkai foto dari koran yang unik dan menarik.

Cara Merawat Bingkai Foto dari Koran

Bingkai Foto dari Koran

Agar bingkai foto dari koran tetap awet dan terlihat indah, perlu dilakukan beberapa cara merawat sebagai berikut:

1. Simpan di Tempat yang Kering dan Tidak Lembab

Bingkai foto dari koran perlu disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Hal ini akan membantu menghindari terjadinya kerusakan pada bingkai foto karena kelembaban.

2. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak bingkai foto dari koran dan membuat warnanya memudar. Oleh karena itu, sebaiknya bingkai foto dari koran diletakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Bersihkan dengan Kain Lembut

Untuk membersihkan bingkai foto dari koran, sebaiknya menggunakan kain lembut yang tidak merusak kertas koran bekas. Hindari penggunaan air karena bingkai foto dari koran mudah rusak jika terkena air.

4. Jangan Terkena Api atau Benda Tajam

Bingkai foto dari koran mudah terbakar dan rusak jika terkena api. Selain itu, benda tajam seperti gunting atau pisau juga dapat merusak bingkai foto dari koran.

Dengan melakukan cara merawat yang tepat, bingkai foto dari koran akan tetap awet dan terlihat indah dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan dan Kekurangan

Bingkai foto dari koran memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Kelebihan

  1. Bingkai foto dari koran dibuat dari bahan kertas koran bekas yang merupakan bahan daur ulang. Dengan menggunakan bingkai foto dari koran, kita turut membantu mengurangi sampah dan memperluas penggunaan bahan daur ulang.
  2. Bingkai foto dari koran dapat dijadikan sebagai proyek kerajinan yang kreatif dan unik. Kita dapat menciptakan bingkai foto dengan desain dan warna yang kita inginkan sesuai dengan selera dan gaya kita sendiri.
  3. Karena bahan baku yang digunakan adalah kertas koran bekas, maka bingkai foto dari koran menjadi pilihan yang lebih terjangkau secara finansial.
  4. Bingkai foto dari koran dapat dibuat dengan berbagai bentuk dan desain yang kreatif, sehingga kita dapat menciptakan bingkai foto yang unik dan berbeda dari bingkai foto pada umumnya.

Kekurangan

  1. Kertas koran bekas rentan terhadap kelembaban dan dapat mudah rusak jika terkena air atau tempat yang lembab.
  2. Bingkai foto dari koran biasanya tidak tahan lama jika dibandingkan dengan bingkai foto dari bahan lain seperti kayu atau logam.
  3. Kertas koran bekas rentan terhadap kerusakan seperti robek, lecek, atau terkelupas jika terkena gesekan atau benda tajam.
  4. Bingkai foto dari koran kurang cocok digunakan untuk bingkai foto yang memiliki nilai seni tinggi atau untuk dekorasi interior yang mewah.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan bingkai foto dari koran. Sebelum memutuskan untuk menggunakan bingkai foto dari koran, kita perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut agar dapat memilih pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Kesimpulan

Bingkai foto dari koran merupakan alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin memajang foto dengan bahan yang ramah lingkungan. Bingkai foto dari koran dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, dan dihiasi dengan berbagai macam aksesoris untuk memberikan tampilan yang unik dan menarik. 

Agar menjaga bingkai foto dari koran dari tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung, serta tidak membiarkannya terkena air atau api.

Bingkai foto dari koran juga bisa menjadi proyek kerajinan yang menyenangkan bagi anak-anak atau orang dewasa yang ingin mencoba membuatnya sendiri.

Dalam era yang semakin sadar akan lingkungan, bingkai foto dari koran menjadi alternatif yang menarik dan ramah lingkungan untuk menghias ruangan. Meskipun bahan dasarnya terbuat dari kertas koran bekas yang tidak tahan terhadap air dan api, namun bingkai foto dari koran tetap dapat dijaga dengan baik dan memperindah ruangan dengan tampilan yang unik dan menarik.

Jika Anda kesulitan dalam menentukan dekorasi bingkai foto dengan harga yang terjangkau, konsultasikan pada Interiordesign.id dan ceritakan seperti apa yang Anda inginkan. Hubungi segera disini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
smart home rumah pintar
Tuesday, November 17 2020
Posted by Jovan Kesuma Sijoatmojo

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id