Cara Terbaik Memaksimalkan Desain Rumah Minimalis, Sederhana namun Mewah Sekaligus

Posted by Rio Stefanus  •  5 days ago

Dengan cara-cara terbaik berikut, Anda bisa maksimalkan desain rumah minimalis untuk dapatkan tampilan sederhana dan mewah sekaligus

Interiordesign.id –  Rumah minimalis adalah rumah yang memiliki ukuran kecil dengan dekorasi modern yang simpel. Hadir dengan banyak bukaan-bukaan yang lebar, warna cat cenderung monokrom dengan sentuhan aksen garis yang tegas. Penggunaan perabotan pada rumah minimalis pun cenderung tidak banyak.

Minimalis merupakan tren desain yang mulai dikenal pada abad ke-20 dan berlanjut hingga saat ini. Gaya desain yang satu ini, kerap menghapus bagian-bagian yang  tidak perlu.

Rumah yang memiliki ukuran kecil ini memiliki pembagian ruangan yang sederhana. Karena itu, Anda diharapkan dapat memanfaatkan setiap sudutnya dengan maksimal. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan konsep dan fungsi ruangan. Sehingga tercipta konsep interior rumah yang nyaman, tetap terkesan mewah meski sederhana.

Memaksimalkan Desain Rumah Minimalis: Fungsi Ruang

Maksimalkan Desain Rumah Minimalis

via pinterest

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan untuk maksimalkan desain rumah minimalis Anda adalah fungsi suatu ruang. Rumah minimalis cenderung memiliki ruangan yang tidak terlalu besar maka selain sebagai ruang, pastikan dapat juga memberikan fungsi lain.

Misalnya, Anda memiliki kamar tidur yang tidak terlalu besar. Anda bisa menempatkan syal atau topi kesukaan di dinding menggunakan paku atau gantungan. Letakkan secara rapi hingga memberikan tampilan yang enak dilihat. Selain syal atau topi, Anda bisa menerapkannya pada sepatu, foto hingga koleksi kalung. Sehingga Anda bisa sekaligus menyimpannya dan memajangnya di waktu yang bersamaan.

Baca Juga:

Desain Rumah Minimalis Klasik Tipe 45, Tampilan yang Simpel & Elegan untuk Hunian Modern

Maksimalkan Desain Rumah Minimalis: Lampu

Tambahkan penerangan untuk mempertegas juga memberikan kesan mewah namun tetap sederhana dan memaksimalkan hunian minimalis Anda. Gunakan jenis lampu di sudut rumah minimalis dengan downlight.

Memaksimalkan Desain Rumah Minimalis: Ornamen

Untuk pemilihan ornamen, gunakanlah yang paling sederhana. Biarkan beberapa area tidak banyak oleh ornamen, hal ini diharapkan mampu menghindari kesan sesak dan sumpek.

Rumah minimalis sangat mementingkan nilai efisiensi ruang. Hindari penggunaan ornamen berlebihan, seperti lukisan berukuran besar yang dapat memenuhi dinding ruang tamu yang ukuran ruangnya tidak terlalu besar. Pilihlah lukisan yang tidak terlalu besar, sehingga banyak area yang masih tersisa dan menghindari kesan berlebihan.

Memaksimalkan Desain Rumah Minimalis: Multifungsi Area

Manfaatkan sudut ruang yang tersisa di hunian minimalis Anda menjadi area multifungsi.  Sehingga ruang yang tersisa atau tak terpakai pun jadi memiliki manfaat dan nilai tambah di rumah. Anda bisa menempatkan sofa mungil untuk anak di sudut ruangan dekat jendela. Atau bisa juga memanfaatkan ruang kecil di bawah tangga hingga menyulap garasi yang tak terpakai menjadi ruangan bermanfaat.

Memaksimalkan Desain Rumah Minimalis: Bermain Aksen

Eksplorasikan aneka bentuk aksen untuk mempercantik sudut ruangan di rumah minimalis. Penggunaan bentuk lengkung, segitiga, bulat atau kombinasi bentuk mampu memberikan tampilan yang istimewa bagi rumah rumah minimalis Anda.

Memaksimalkan Desain Rumah Minimalis: Aksesori

Cara lainnya untuk memaksimalkan desain rumah minimalis Anda adalah dengan memadu padankan aksesori. Anda bisa menggunakan aksesori pada sudut ruang dengan elemen interior ruang agar nampak indah dan selaras. Penggunaan furnitur seperti lukisan, meja dan kursi akan memberikan kesan manis di sudut ruangan.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

interiordesignid-iqbal-desainer

By Rio Stefanus

Lulusan Universitas Maranatha 2017 dengan predikat cum-laude. Penyuka dan penyayang binatang. Memiliki Anjing peliharaan jenis "Siberian Husky" bernama 'exel'.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader