desain dapur sederhana

Bagaimana Mendesain Dapur Kecil agar Terlihat Gaya Serta Fungsional

Posted by HinaYana  •  Wednesday, May 6 2020

Dengan konsep desain dan pilihan gaya dekorasi yang tepat, dapur kecil juga bisa sangat fungsional dan menarik secara visual.

InteriorDesign.id – Saat Anda memutuskan untuk memiliki rumah berukuran kecil, sangat kecil, bahkan mini atau mungil, tentu memiliki konsekuensi ukuran dari setiap ruangannya yang juga kecil dan sangat terbatas. Sebut saja ukuran ruang dapur ataupun kamar mandi. Kedua ruangan ini biasanya selalu menjadi yang paling kecil jika dibandingkan ruangan-ruangan lainnya.

Meski begitu, kedua ruangan tersebut tidak bisa Anda abaikan begitu saja, terutama menyangkut soal konsep desain dan pilihan gaya dekorasi yang digunakan. Ruangan berukuran kecil bukan berarti tidak bisa mendapatkan dekorasi agar juga bisa memiliki penampilan yang gaya serta fungsional.

Mendekorasi ruangan kecil bukan pekerjaan mudah. Hal ini juga menjadi perhatian dan tantangan bagi para desainer, dekorator, maupun stylist interior pada umumnya. Merancang ruang berukuran kecil agar fungsional juga menarik secara visual adalah pekerjaan cukup berat. Tetapi bukan berarti tidak mungkin. Area atau ruangan kecil juga tetap bisa terlihat gaya serta fungsional dengan beberapa trik gaya dekorasi tertentu.

Yang harus diingat adalah unsur desain dan elemen dekoratif apa saja yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan untuk digunakan. Fokus pada hal-hal tersebut bisa sangat membantu menemukan solusi terbaik bagaimana mengubah ruangan kecil agar bisa maksimal dalam segala hal.

Berikut adalah beberapa hal-hal penting yang harus Anda perhatikan agar dapur kecil bisa memiliki penampilan yang meanrik secara visual, tanpa mereduksi fungsinya.

  1. Fokus pada Peralatan Dapur

Berapapun ukurannya, dapur tetap membutuhkan peralatan-peralatan yang memiliki fungsi untuk menyimpan, memasak, menyiapkan makanan, atau hal-hal lainnya. Lemari es, oven, mesin pencuci piring, microwave, adalah beberapa peralatan standar yang biasa digunakan. Peralatan-peralatan tersebut mutlak harus dimilki agar fungsi ruangan ini bisa maksimal.

Tetapi kabar buruknya, keterbatasan space menjadi kendala besar saat akan memenuhinya. Dan dengan peralatan-peralatan standar yang ada saat sekarang, yang tidak memerhatikan ukuran ruang, tentu problem menjadi semakin besar.

Namun, jangan terlalu khawatir. Selalu ada solusi untuk mengakhiri dilema desain saat mengaplikasikan sebuah konsep interior. Kitchoo mini kitchen set misalnya, ini bisa menjadi salah satu solusi paling praktis saat ini yang sengaja dirancang dan diperuntukan untuk area dapur berukuran mungil.

desain dapur kecil

~ via ajmadison

desain dapur kecil

~ via pinterest

Baca juga:

Desain Dapur Sederhana; Tips Praktis Bagaimana Mendesain dan Mendekorasi Dapur Kecil Sederhana

  1. Maksimalisasi Storage atau Penyimpanan

Di area dapur yang sangat kecil, Anda mesti cermat memanfaatkan setiap space yang tersedia.

Rancanglah sebuah tempat penyimpanan yang bisa mengakomodasi berbagai peralatan dapur yang dimiliki, seperti dengan memanfaatkan area dinding. Jangan pernah membiarkan dinding dapur kosong tanpa pemanfaatan yang maksimal.

Maksimalisasi penyimpanan yang terintegrasi dengan ruangan dapat menjadikan dapur kecil terlihat sangat fungsional.

desain dapur kecil

~ via houzz

  1. Desain Kitchen Set

Kitchen set mungkin tersedia dalam bentuk dan model yang beragam. Namun, biasanya model standar ini tidak akan pernah cocok untuk dapur berukuran mungil.

Buatlah sebuah kitchen set atau kabinet dapur yang disesuaikan dengan ukuran ruang serta pilihan gaya dekorasi rumah secara keseluruhan. Hal ini penting karena desain kustom bisa menyesuaikan. Dan keseimbangan antara pilihan gaya dekorasi dapur dengan ruangan-ruangan lainnya harus didapatkan, apapun situasinya.

desain dapur kecil

~ via improvenet

desain dapur kecil

~ via lushome

Desain Dapur Kecil Minimalis; Desain Interior Dapur Rumah Modern

  1. Dapur plus Ruang Makan

Area dapur yang menyatu dan terintegrasi dengan ruang makan adalah solusi praktis lainnya.

Memiliki meja makan yang juga berfungsi sebagai meja untuk menyiapkan makanan dan sekaligus bisa menjadi meja makan adalah pilihan terbaik. Selain menyiasati ukuran ruang, keputusan dekorasi ini adalah optimalisasi dari fungsi berbagai peralatan penunjang yang dibutuhkan area dapur.

desain dapur kecil

~ via pinterest

Desain Dapur Peninsula, Dapur Rumah Kecil yang Fungsional

Intinya, saat mendekorasi ruangan kecil, hal yang harus menjadi pertimbangan utama adalah selalu upayakan untuk menghindar dari godaan memiliki peralatan-peralatan, perabotan-perabotan, dan barang-barang yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan.

Dapur berukuran kecil bukan berarti area ini tidak bisa terlihat gaya serta trendi. Ini semata soal keputusan konsep desain serta unsur dan elemen dekoratif apa saja yang harus digunakan. Dan yang paling penting dari semua itu adalah, dapur kecil juga sangat memungkinkan untuk memiliki penampilan yang menarik sekaligus fungsional.

Memiliki ide dan gagasan menarik lain bagaimana mendekorasi dapur kecil?

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Content Editor

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...