fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Inilah Langkah Memasang Pintu Geser Beserta Perawatannya

Posted by Kumala Devanty Tuesday, August 23 2022
pintu geser

Bosan dengan pintu engsel? atau merasa tidak memiliki cukup ruang untuk model pintu konvensional? Pintu geser bisa menjadi alternatif terbaik.

InteriorDesign.id – Satu keuntungan menarik dari instalasi model pintu geser, adalah ia juga bisa sebagai partisi. Ya, partisi.

Di samping itu, pintu geser, yang penggunaannya tidak umum, sangat bisa menambah nilai estetika. Tentu saja dengan model dan desain yang unik, bukan sekadar fungsinya saja yang dikedepankan.

Pintu geser juga sangat erat dengan budaya Negara Jepang. Sepertinya di Negeri sakura ini penggunaan model pintu geser merupakan hal yang cukup umum. Model rumah-rumah bergaya tradisional Jepang sudah sangat terbiasa menerapkan model pintu ini.

Dalam tataran teknis, kita semua pasti tahu penggunaan pintu geser tidak memerlukan engsel lagi. Bukaannya yang digeser, memberi keuntungan untuk tidak lagi mempertimbangkan jarak bukaan pintu, seperti halnya model pintu konvensional. Pergerakannya yang secara horizontal menjadikan model pintu ini tidak memakan banyak tempat.

Namun, tentu ada beberapa hal yang khas yang mesti kita pertimbangkan saat akan menggunakannya. Terutama soal komponen dan tahapan-tahapan pemasangannya. Apa sajakah itu? mari kita coba bahas.

Komponen Pintu Geser

Sebelum memasang pintu geser, kita harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa komponen pendukung agar pintu dapat terpasang sempurna.

Setiap komponen tentu memiliki fungsi dan peranan yang berbeda, tetapi sama pentingnya.

Mari kita siapkan!

Rel atau Sliding

rel pintu geser

Sama halnya seperti rel pada kereta, rel pintu geser juga berfungsi sebagai lintasan agar roda tetap stabil dan berada di tempatnya.

Rel biasanya tebuat dari alumunium dan berbentuk persegi memanjang. Komponen rel dapat diletakan di atas, atau bagian bawah pintu.

Braket

braket pintu geser

Braket berfungsi sebagai konektor antara rel dan dinding.

Komponen ini sangat penting karena yang akan membuat rel dapat terpasang sempurna pada bagian dinding.

Roda Pintu dan Gantungannya

roda pintu geser

Untuk pintu geser, khususnya jenis pocket sliding, dalam pemasangannya diperlukan komporen roda.

Terdapat berbagai material roda pintu. Kita dapat memilih sesuai dengan penempatan pintu.

Untuk pintu dalam ruangan, roda berbahan nilon masih sangat aman digunakan. Sedangkan untuk pintu luar ruangan, bahan roda harus dibuat lebih kuat, seperti dari material baja.

Untuk menghubungkan roda dan pintu, diperlukan komponen berupa gantungan. Pemasangan komponen ini harus dipastikan kuat agar pintu tidak tiba-tiba terlepas saat digeser.

Stopper

stopper pintu geser
Pinterest

Sesuai namanya, komponen stopper berfungsi untuk menghentikan, atau lebih tepatnya menghentikan roda. Ketika menggeser pintu, bahaya jika roda tidak ada penahan, bisa-bisa roda terus bergeser hingga keluar rel dan pintu akan terlepas.

Itulah sebab, pemasangan stopper juga harus kuat agar tidak lepas ketika terdorong pintu.

Pemandu Bawah Pintu

pemandu bawah pintu geser
Google aliexpress.com

Komponen ini berfungsi untuk memandu pintu agar ketika bergerak daun pintu tidak berayun. Ini bisa membuat pintu menjadi lebih stabil

Memang terdapat berbagai jenis pintu geser yang tentunya memiliki komponen yang berbeda. Namun, secara garis besar, jika ingin menggunakan pintu geser maka komponen di atas yang akan kita butuhkan.

Cara Memasang Pintu Geser

pocket sliding door
Pinterest Directdoors.com
  1. Kita harus meratakan sisi pintu baik bagian atas, bawah, dan samping. Untuk meratakannya kita bisa menggunakan mesin serut.
  2. Komponen roda mulai dipasang pada bagian atas pintu. Kita bisa menggunakan bor untuk memasang bautnya.
  3. Seperti model pintu pada umumnya, pintu geser juga dilengkapi dengan slot dan gagang pintu. Untuk membuatnya kita harus melubangi pintu yang ukurannya sesuai dengan slot yang akan dipasang. Tahap ini juga sekaligus tahap pemasangan gagang pintu.
  4. Untuk bagian bawah pintu kita perlu membuat coakan atau lubang yang berfungsi sebagai penahan pintu saat dibuka dan ditutup. Lubang dapat dibuat dengan ukuran 1cm untuk kedalaman dan lebarnya.
  5. Bagian yang tak kalah penting adalah rel. Pastikan ukuran rel sudah sesuai dengan daun pintu. Setelah sesuai, daun pintu dapat langsung dipasang pada rel. Jangan lupa untuk memasang penguncinya agar pintu tetap terpasang saat digeser.
  6. Tahapan selanjutna adalah memasang pemandu pintu atau penahan bagian bawah pintu. Untuk memasang komponen ini disarankan menggunakan bor khusus beton.
  7. Setelah semua komponen terpasang, jangan lupa untuk menguji kinerja pintu dengan menggesernya berkali-kali. Jangan sampai pintu macet atau bahkan terlepas.

Cara Merawat Pintu Geser

Tidak sulit merawat pintu geser. Kunci utamanya adalah kebersihan.

Jika pintu terhindar dari penumpukan debu dan kotoran maka risiko pintu macet sangat kecil kemungkinannya.

Membersihkan Bagian Rel dan Roda

Bagian pintu geser yang paling rentan terjadi penumpukan debu dan kotoran adalah rel. Baik rel bagian atas pintu, maupun bawah.

Sering kali kita lupa untuk mengecek keadaannya hingga tiba-tiba pintu macet dan susah digeser.

Penumpukan debu dan kotoran seperti rambut yang menggulung sering terjadi. Itulah sebab sangat penting untuk mengecek dan melakukan pembersihan secara rutin.

Kotoran yang menumpuk pada rel akan berpindah pada roda ketika pintu digeser maka perlu juga bagi kita untuk membersihkan bagian roda.

Memeriksa Posisi Sekrup

Tahapan ini sangat penting bagi pintu geser yang relnya berada pada atas pintu, atau digantung. Bukan hal yang menyenangkan jika pintu tiba-tiba terlepas, bisa sangat membahayakan.

Seiring bertambahnya usia, sering kali roda tidak kuat lagi menahan beban pintu. Selain itu, dengan seringnya kita menggeser pintu, posisi sekrup juga berpotensi berubah atau melonggar.

Hal ini yang perlu kita periksa secara berkala.

Tidak Membuka dan Menutup Pintu Terlalu Keras

Banyak hal yang bisa terjadi jika kita terbiasa membuka dan menutup pintu geser terlalu keras. Roda bisa saja keluar dari relnya, merusak frame, hingga memengaruhi kinerja pintu.

Memberikan Pelumas Pada Roda

Pintu geser yang digunakan terus menerus akan menimbulkan gesekan pada roda. Untuk itu tidak ada salahnya memberikan sedikit pelumas pada roda untuk mengurangi gesekan berlebih.

Simpulan

Dengan memahami mulai dari cara pemasangan, dan terutama cara perawatan, kualitas pintu akan lebih terjaga dan tidak menguangi kinerjanya di waktu yang akan datang.

Penting untuk diingat, saat memilih pintu rumah, baik itu model pintu geser ataupun pintu konvensional sekalipun, tentu sangat bergantung pada setiap keunggulan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing. Ingat-ingatlah dan pertimbangkan secara matang hal tersebut.

Intinya, keberadaan pintu tidak dapat dianggap sebelah mata. Kehadirannya harus bisa bisa menjadi solusi praktikal, ekonomis, serta tentu saja estetis.

Khusus model pintu geser, ini memiliki banyak keunggulan, baik dari segi fungsi, maupun estetika.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Mau desain interior sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id