fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Kursi Gaming: Pengertian, Material, Model dan Rekomendasi

Posted by Iqbal Mujahid Tuesday, June 27 2023
Kursi Gaming

InteriorDesign.id – Kursi gaming mulai banyak dilirik oleh orang-orang sebagai perlengkapan kerja, meski sebenarnya mereka tidak bermain game online. Memilih kursi gaming dianggap lebih nyaman dan efisien apalagi untuk orang-orang yang bekerja lebih dari 5 jam sehari di depan PC.

Untuk menjadikan kursi gaming menjadi nyaman seperti saat ini, butuh studi panjang serta pertimbangan-pertimbangan khusus. Ada keunggulan kursi gaming yang tidak bisa ditemukan pada kursi kantor biasa.

Sejarah Kursi Gaming

Terciptanya kursi gaming berawal dari sebuah perusahaan yang memproduksi kursi mobil mewah, bernama DXRacer yang mulai mengkomersialisasikan produk ini pada tahun 2006. Awalnya mereka merupakan produsen jok mobil mewah pada tahun 1998-1999 hingga 2000 an awal.

Source: Pexels Matheus Bertelli

DXRacer mulai membuka outlet di Amerika Serikat berharap bisa mendekatkan pada pasar jutawan di Negri Paman Sam. Sayangnya pada tahun 2003 industri otomotif di AS runtuh, sehingga angka pembelian mobil mewah menurun. DXRacer di Amerika nyaris kolaps namun tahun 2006 mereka menawarkan produk kursi gaming pada pameran game internasional. 

Sejarah DXRacer bermula pada tahun 2006 namun kursi gaming sebenarnya sudah dimulai di stasiun Luar Angkasa Amerika, NASA pada tahun 1973. Para pekerja NASA menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor, menjadi pengawas untuk astronot dan mengamankan sistem satelit. 

Masalah sakit punggung di kalangan karyawan NASA meningkat, hingga munculah kursi ergonomis yang membantu mengurangi risiko sakit punggung. Desainnya sangat mirip seperti kursi kantor kebanyakan, yang dibuat mengikuti lekuk punggung.

Source: Moglix

Kursi tipe ini kemudian populer di tahun 1980 akhir hingga 1990-an, kemudian munculnya desain milik DXRacer yang menawarkan kenyamanan pada konsumen lebih lama telah mengubah dunia.

Seberapa Berguna Kursi Gaming?

Source: Pexels Kampus Production

Kursi gaming adalah kursi khusus untuk gamer PC yang dirancang untuk membantu menjaga postur tubuh agar tetap sehat saat bermain game. Kursi gaming ergonomis memainkan peran utama pada kesehatan punggung.

Namun, kursi gaming tidak hanya digunakan oleh para gamer, tetapi juga sering digunakan di lingkungan rumah kantor atau tempat kerja. Beberapa penelitian berulang kali menunjukkan pentingnya kursi ergonomis. Hasilnya orang yang harus duduk bekerja selama lebih dari 5 jam punggungnya jauh lebih sehat dibandingkan yang duduk di kursi biasa.

Kursi gaming berguna untuk menjaga kesehatan sendi pinggul dan otot punggung, karena tidak menyiksa atau memaksa punggung berada di permukaan yang keras. Orang yang duduk di kursi gaming selama berjam-jam jauh lebih produktif dibandingkan mereka yang duduk di kursi kayu. 

Kelebihan dan kekurangan kursi gaming

Kursi yang sempurna harus mampu beradaptasi dengan kondisi tubuh pemiliknya. Maka dari itu penting bagi Anda untuk membeli kursi gaming, agar kursi menyesuaikan dimensi tubuh dan mendukung postur duduk yang sehat. 

1. Membentuk postur tubuh

Source: Pexels Amir Taha

Kursi gaming secara perlahan tapi pasti membantu bentuk tubuh agar lebih tegap dengan cara yang nyaman. Jika bentuk sandaran punggung lurus, artinya punggung bersandar namun sendi bagian pinggang tertekan. 

Lekuk kursi gaming yang ergonomis membantu sendi menopang punggung dengan nyaman tanpa rasa sakit, karena bantalan kursi yang empuk. Sendi pinggang yang tidak tertekan akan dengan mudah memacu manusia duduk lebih tegap bahkan dalam waktu yang lama. 

2. Bahan

Keunggulan kursi gaming adalah berbahan kulit asli terutama tidak berkeringat saat duduk, kursinya lembut seperti kulit bayi, awet, serta kuat. Permukaan kulitnya jarang kering sehingga nyaman untuk kulit manusia. 

3. Material tidak tahan air

Jika material kursi gaming terbuat dari kulit asli, artinya kursi tersebut tidak tahan air. Maka setiap kali terkena tumpahan minum harus segera membersihkannya dengan tisu atau lap kering. 

Keuntungan

  • Memiliki tampilan yang lebih bergaya dan bentuk yang lebih bagus dari kursi kantor biasa.
  • Kursi bucket memberikan posisi duduk yang stabil.
  • Semakin betah beraktifitas.
  • Kursi gaming yang terbuat dari kulit asli sangat tahan lama dan kuat, dan Anda tidak cepat berkeringat.

Kekurangan

  • Kursi gaming tipe ‘racing’ tidak terlalu ergonomis karena membatasi pergerakan Anda.
  • Kursi gaming yang paling nyaman hanya tersedia dalam kulit asli atau kulit PU
  • Membersihkan kulit asli itu mahal dan kulit asli juga tidak tahan air

Material yang Digunakan Untuk Membeli Kursi Gaming

Kursi gaming terdiri dari banyak elemen yang memungkinkan Anda menyesuaikannya dengan parameter fisiologis tubuh Anda. Setiap bagian terbuat dari bahan tertentu yang memiliki sifat dan karakteristik masing-masing dan berikut material penunjang kursi gaming yang perlu Anda ketahui:

1. Bingkai 

Bagian utama yang bertanggung jawab atas bentuk kursi yang ideal adalah bingkai. Kursi gaming dengan bingkai logam merupakan produk terbaik karena mampu menahan beban tanpa merusak struktur kursi secara keseluruhan. Tetap bisa menjalankan fungsinya sebagai kursi dengan baik.

Ada pula yang menggunakan bingkai baja tahan karat karena mampu menahan beban berat tanpa merusak struktur bantalan kursi, meski menahan beban berat manusia selama berjam-jam. 

Baja yang baik tahan karat merupakan yang paling mahal, adapun yang menggunakan baja yang dicampur aluminium yang lebih ringan dan murah. Adapun yang lebih murah dengan bingkai kayu, namun tak bisa menopang tubuh yang beratnya lebih dari 100 kilogram.

2. Dudukan

Source: Pexels Kadyn Pierce

Bagian dudukan tidak hanya menahan orang yang duduk di atasnya, tetapi juga seluruh kursi, oleh karena itu bahan rangka  baja dianggap paling premium kualitasnya. Memilih dudukan yang baik adalah membaca brosur spesifikasi material yang menggunakan baja atau aluminium maupun bahan campurannya. 

3. Jarak sumbu roda

Idealnya kaki kursi gaming memiliki 5 cakar yang bisa menopang kursi serta menjaga stabilitas bobot yang menekan kursi tersebut. Jika berat Anda lebih dari 100 kg, Anda harus berhenti memilih cakar kursi berbahan stainless dan plastik karena tidak akan bertahan lama dan terus mengalami kerusakan. 

Pilihlah bahan yang aluminium atau baja yang bisa menahan segala jenis tekanan. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa bertanya tentang testimoni konsumen yang telah membeli kursi gaming dengan material cakar roda polypropylene. 

4. Rol roda

Kenyamanan dan kemudahan menggeser berbagai jenis penutup lantai tergantung pada kualitasnya. Bahan utama roda kursi adalah karet karena mudah digulung dan memiliki elastisitas tinggi, serta tidak mudah merusak lantai. 

Pada varian yang lebih murah Anda bisa menemukan roda plastik, namun opsi ini tidak dapat menahan beban berat atau tidak tahan pergerakan kursi yang sering berpindah. 

5. Punggung 

Pada bagian ini harus berbentuk S untuk menjaga tulang belakang pada posisi yang benar. Bantalan pada sendi pinggul sebagai tambahan bisa Anda manfaatkan untuk menambah kenyamanan. 

Akan tetapi, tidak semua gamer cocok untuk mereka. Ini berlaku untuk mereka yang tidak dibedakan dengan pertumbuhan tinggi (hingga 170 cm). Oleh karena itu, bagian belakang yang diprofilkan cukup untuk membongkar bagian belakang;

6. Tempat duduk 

Bagian ini harus lengkap dengan gabus yang empuk dan pegas yang baik untuk mengembalikan bentuk aslinya sesuai desain. Untuk saat ini, material dudukan terbaik adalah foamed polyurethane (busa poliuretan), karena bersifat higroskopis, tidak mudah terbakar.

Material poliuretan dengan cepat mengembalikan bentuk setelah mengangkat beban, tidak menyerap bau, tidak takut dengan fluktuasi suhu yang tiba-tiba, dan juga dengan bebas melewati udara. 

7. Bahan pelapis 

Kursi gaming yang paling premium biasanya menggunakan kulit asli, namun kini mulai muncul inovasi kulit ramah lingkungan buatan dan berbagai jenis kain (ditemukan di hampir semua segmen harga). 

Misalnya, kulit PU (seperti pada model GT Racer) adalah bahan berlapis-lapis yang mengandung kapas (alas), kulit asli (tengah) dan lapisan tipis poliuretan di bagian atas. Desain material tersebut mampu mensirkulasikan udara dengan sempurna, tidak berubah bentuk, tahan terhadap fluktuasi suhu dan tidak menyerap bau. 

Adapun material kursi yang dibuat dengan bahan tenun yang bisa mensirkulasikan udara dengan sempurna, mudah dibersihkan, dapat diwarnai dengan warna permanen yang tidak mudah luntur.

8. Sandaran tangan 

Biasanya sandaran tangan terbuat dari polypropylene, karena beban di atasnya tidak akan terlalu besar. Bahan ini tidak mudah terbakar dan tahan terhadap pengaruh mekanis, seperti perputaran kursi. Mungkin memiliki sisipan lembut untuk kenyamanan pemain yang lebih besar. Pada kursi berlengan berkualitas tinggi, sandaran tangan memiliki beberapa titik fiksasi ke kursi atau punggung. 

9. Hidrolik

Pada sisi mekanis yang bisa mengatur putar, lipat, angkat dan saat bersamaan harus menahan beban; oleh karena itu bahan pembuatannya harus baja. Model kursi yang baik bagian ini tidak terbuat dari plastik, jika ada yang menggunakan polypropylene Anda bisa mengecek apakah itu bagian tombol atau bagian utama mekanis. 

Kursi gaming tidak dibeli selama satu tahun, jadi perlu didekati dengan sangat serius, karena tidak hanya bergantung pada game Anda, tetapi juga pada kesehatan. Model ortopedi yang baik akan membantu menjaga postur tubuh yang benar. Hal utama adalah kenyamanan Anda, serta konsentrasi maksimal dalam permainan, yang tidak mungkin dilakukan jika kursinya tidak nyaman.

Rekomendasi Kursi Gaming dan Spesifikasinya

Nama produk

Harga

Spesifikasi

ONEX GX1 Premium Quality Gaming Chair 

Rp1.620.000

Bingkai Plywood

MOVIO Gaming Chair

Rp1.379.000

Desain Star Wars

Ukuran tapak kaki 30 cm.

Secret Lab Titan

Rp7.800.000

NEO™Hybrid Leatherette

CloudSwap magnetik

Simpulan

Kursi gaming melalui sejarah panjang untuk memfasilitasi orang-orang yang bekerja keras atau atlet e-sports. Inovasi kursi ergonomis diciptakan untuk mengurangi masalah kesehatan pada tulang dan otot punggung. 

Segala material yang ada telah dibuat memiliki porsinya masing-masing untuk menjaga bentuk, menjaga kenyamanan pengguna, serta menjaga kesehatan sendi pinggul. Material terbaik juga memudahkan sirkulasi udara sehingga kulit manusia tidak mudah berkeringat.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis material yang baik untuk kursi gaming, mungkin Anda akan dengan mudah membelinya sesuai panduan dari kami. Tapi jika Anda tak ingin ditipu oleh buai dan janji sales, Anda bisa mempercayakan desain interior kursi gaming kepada interiordesign.id.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id