fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Pelapisan : Pengertian, Histori, Jenis dan Fungsinya Untuk Material

Posted by Gagah Hidayat 3 weeks ago
fungsi pelapisan

Interiordesign.id Pelapisan adalah proses membentuk lapisan tipis dari suatu material yang diletakkan di atas permukaan suatu benda. Pelapisan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti melindungi benda dari korosi, meningkatkan kekerasan atau ketangguhan, atau meningkatkan estetika benda tersebut. Ada berbagai teknik yang digunakan untuk melapisi benda, termasuk pelapisan dengan cairan, pelapisan dengan gas, dan pelapisan dengan elektrodeposisi.

Sejarah Singkat Untuk Pelapisan

Sejarah penggunaan pelapisan dapat ditelusuri kembali ke zaman dahulu, ketika manusia menemukan cara untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan dari benda-benda yang mereka buat. Sejak awal keberadaan manusia, telah digunakan pelapisan alami seperti resin dan lemak untuk melindungi benda-benda kayu dari air dan serangga.

Pelapisan dengan logam yang telah dikenal sejak abad ke-5 SM dengan timah dan perak digunakan pada barang-barang kerajinan dan perhiasan. Kemudian, pada abad ke-19, teknologi pelapisan dengan logam mulai berkembang, termasuk galvanisasi (pelapisan dengan seng) dan crome plating (pelapisan dengan krom).

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, pelapisan dengan material baru seperti nanomaterials (pelapisan dengan partikel nano) dan pelapisan dengan polimer telah menjadi semakin populer karena kemampuannya dalam meningkatkan performa benda dan juga keamanan lingkungan.

Secara umum, sejarah pelapisan ditandai dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dari teknologi yang sederhana dan alami menjadi yang lebih canggih dan kompleks.

Jenis – Jenis Pelapisan

Ada berbagai macam jenis pelapisan yang digunakan untuk berbagai tujuan, diantaranya:

Pelapisan logam : mencakup galvanisasi (pelapisan dengan seng), crome plating (pelapisan dengan krom), nickel plating (pelapisan dengan nikel), dan lain-lain. Pelapisan ini digunakan untuk melindungi benda dari korosi, meningkatkan kekerasan, dan meningkatkan estetika.

Pelapisan polimer : Lapisan polimer yang digunakan untuk melindungi benda dari korosi, meningkatkan ketahanan terhadap gesekan, dan meningkatkan estetika.

Pelapisan oksida : Lapisan oksida yang digunakan untuk melindungi permukaan logam dari korosi dan meningkatkan ketahanan terhadap gesekan.

Pelapisan cat : Berbagai jenis cat yang digunakan untuk melindungi benda dari cuaca, korosi, dan kerusakan mekanis.

Pelapisan dengan nano material : Pelapisan dengan partikel nano yang digunakan untuk melindungi benda dari korosi, meningkatkan ketahanan terhadap gesekan, dan meningkatkan estetika.

Pelapisan elektrodeposisi : proses mengecat dengan arus listrik yang digunakan untuk melapisi logam dan non-logam dengan pelapis yang diinginkan

Jenis pelapisan yang digunakan tergantung pada tujuan pelapisan dan kondisi lingkungan yang akan dihadapi oleh benda yang dilapisi.

Berdasarkan Fungsinya

Pelapisan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, diantaranya:

  1. Pelapisan logam seperti galvanisasi dan crome plating digunakan untuk melindungi benda dari korosi yang disebabkan oleh udara dan air.
  2. Polimer dan oksida digunakan untuk meningkatkan ketahanan benda terhadap gesekan dan abrasion.
  3. Pelapisan logam dan cat dapat digunakan untuk meningkatkan estetika benda dengan memberikan warna dan finish yang diinginkan.
  4. Menambah performa benda, contohnya meningkatkan kekerasan atau ketangguhan
  5. Pelapisan dengan teknologi tertentu seperti pelapisan elektrodeposisi dapat digunakan untuk memberikan perlindungan lingkungan yang lebih baik dan ramah lingkungan dari pelapisan tradisional.
  6. Dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi produksi misalnya dengan mengurangi waktu produksi, atau mengurangi biaya produksi.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id