fbpx
Hello, Guest

Menentukan Finishing Kayu Yang Benar

Posted by Iqbal Mujahid Monday, October 10 2022

“Peroleh Tampilan Ideal Untuk Proses Pengerjaan Kayu Kamu Dengan Hasil Akhir Kayu Yang Tepat”

Dalam artikel ini kamu harus pertimbangkan

  • Sebelum Kamu Membeli
  • Bagaimana Memilih
  • Pertimbangan
  • Jenis
  • Biaya

Interiordesign.id – Apakah kamu sedang mengerjakan sebuah proyek membuat pagar baru, pemasangan kayu harus dilakukan dengan lapisan kayu pelindung, guna untuk mencegah kerusakan akibat hujan, radiasi atau bahkan kelembaban yang tinggi.

Jika dilakukan tanpa adanya pelindung lapisan kayu, faktor lingkungan akan menyebabkan kayu jadi kering, retak, atau malah jadi busuk.

Furnitur kayu yang sudah busuk, maka kemampuannya dalam bertahan akan berkurang untuk menopang berat. Maka dari itu, yang terbaik dilakukan adalah, dengan cara memilih lapisan kayu untuk melindungi kayu dari pengerjaan kamu berikutnya.

Sangat penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis kayu pelapis.

Hal Pertama Sebelum Membeli Finishing Kayu Baru
Luangkan waktu untuk coba mempelajari dengan benar berbagai jenis kayu supaya tepat untuk proyek yang akan kamu kerjakan.

Disarankan juga untuk meneliti sebuah potensi tentang penggunaan produk, seperti sifat-sifatnya apakah mudah terbakar, beracun, atau bisa merusak lingkungan sekitar secara berkepanjangan.

Pertimbangkan Dalam Membeli Finishing Kayu
Ketahanan Produk dan Daya Tahan


Faktor utama dalam menerapkan pelapis kayu di pengerjaan proyek kamu adalah untuk membantu melindungi kayu dari kerusakan tentunya.

Finishing kayu akan memberikan lapisan pelindung fisik dan mencegah dari goresan, dan abrasi kimia.

Karena tidak semua lapisan kayu punya ketahanan yang sama, kamu bisa memilih lapisan kayu yang bisa mencegah retak, kering, dan membusuk.

Sumber Foto : Google

Tingkat Kemudahan Dalam Menggunakan
Tingkat kemudahan penggunaan menjadi tambahan opsional untuk kamu pertimbangkan.

Hal ini berkaitan dengan produk tertentu, namun kamu juga harus mempunyai keterampilan dalam mengaplikasikan pelapis kayu dengan kuas, kain, atau penyemprot.

Tampilan
Tujuan utama dari pemilihan lapisan kayu adalah perlindungan dari kerusakan lingkungan. Tampilan kayu juga bisa dibuat berbeda drastis tergantung jenis pelapis kayunya juga.

Minyak dan pernis seperti, minyak tung, minyak biji rami, dan minyak danish, akan memberikan tampilan yang alami pada kayu dan akan menampilkan warna sedikit lebih kuning keemasan.

Untuk yang terbaik saat ini adalah pelasis yang berbahan dasar air, sementara untuk cat dapat menutupi serat kayu sepenuhnya untuk hasil akhir yang lebih maksimal.

Jenis Finishing Kayu
Jenis ini dibagi menjadi dua jenis utama tergantung bagaimana mengelola sentuhan akhir pada kayu, penampilan kayu, serta tingkat perlindungan kayu yang kamu berikan.

Penetrasi Kayu
Finishing kayu yang menyerap cenderung memberikan tampilan kayu lebih alami, seperti namanya, lapisan kayu menyerap kedalam kayu, dan memberikan perlindungan terhadap pengeringan, retak dan busuk.

  • Minyak Tung
    Merupakan lapisan kayu yang ramah lingkungan yang menonjolkan tampilan yang alami kayu, juga memiliki tingkat daya tahan dan ketahanan maksimal, sangat cocok untuk dek apung.

  • Minyak Biji Rami
    Sangat mudah digunakan menggunakan kuas atau kain, walaupun produk ini lebih cenderung membutuhkan waktu untuk benar-benar menyerap.

    Gunakanlah sentuhan akhir dengan menambahkan warna kuning supaya bisa terlihat lebih alami.

  • Minyak Denmark
    Adalah sebuah pelapis kayu yang dapat bertahan lama, dibuat dengan campuran biji rami yang direbus, pernis, dan tiner.

    Oleskan secara teratur menggunakan kain, untuk melapisinya untuk hasil akhir yang mengkilap.

  • Minyak Cedar
    Yang paling populer dan memiliki bau khas kayu, dikenal juga sebagai pelindnung kayu dari berbagai jenis serangga, dan pembusukan pada kayu.

    Lapisannya memiliki tekstur warna abu-abu, sangat direkomendasikan untuk lantai dan furnitur.

Finishing Permukaan Kayu
Permukaan akhir adalah pilihan yang baik untuk furnitur, atau benda mati lainnya dengan tingkat kehausan yang tinggi akan daya tahan fisik.

  • Shellac
    Akan menonjolkan hasil akhir yang lembut dan menarik dengan butiran alami kayu. Gunakanlah penyemprot atau kain untuk menggunakannya, dan pilih varian warna yang tersedia.

  • Lacquer
    Pelapis kayu yang sangat bagus untuk melindungi furnitur kayu seperti, lemari, pintu, dan rak, juga bisa diaplikasikan dengan menyemprotkannya.

  • Varnish
    Produk ini khusus dibuat untuk produk luar ruangan, karena memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelembaban, lapisan kayu ini biasanya berwarna transparan atau bening, walaupun produk lain memiliki warna kuning atau orange.

    Oleskan pernis menggunakan penyemprot atau bisa juga menggunakan kuas cat untuk hasil terbaik.

  • Polyurethane
    Pilihan terbaik untuk furnitur ruangan, sangat efektif untuk perlindungan seperti lemari, pintu, furnitur lainnya terhadap goresan dan kerusakan yang abrasif. Produk ini juga tahan air.

  • Cat
    Banyak sekali varian warna untuk cat kayu, cat fungsinya untuk menutupi permukaan sepenuhnya, dan juga bisa digunakan untuk segala furnitur dalam ruangan ataupun luar ruangan.

Cara Memilih Finishing Kayu
Karena banyaknya jenis pelapis kayu yang tersedia, memang akan membingungkan kamu, produk mana yang cocok untuk kamu pakai.

Sebelum mengambil keputusan jenis pelapis mana yang akan kamu gunakan, alangkah baiknya kamu jawab pertanyaan dibawah untuk mempersempit pilihan produk.

Dari Apa Kayu Dilindungi??
Tampilan Seperti Apa Yang Kamu Inginkan??
Alat Apa Yang Kamu Butuhkan Dalam Pengerjaannya??

FAQ
Apakah pernis atau poliuretan lebih baik digunakan pada perlindungan luar?

Pernis merupakan pilihan yang baik untuk melindungi kayu dari kelembaban tinggi, dan hujan, sementara Poliuretan adalah pelapis kayu yang umumnya digunakan karena daya tahan yang tinggi dan tahan air.

Apakah Harus memakai poliuretan diatas permukaan kayu yang sudah di cat ??


Pada umunya bisa saja untuk menerapkan lapisan ini untuk meningkatkan daya tahan, alangkah baiknya dilakukan setelah 24 sampai 48 jam cat kering.

Apa Hasil Akhir Paling Tahan Lama Untuk Kayu ??
Jika kamu ingin mencegah kerusakan pada furnitur halus, poliuretan adalah pelapis yang cocok untuk itu.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain kamar tidur di modern industrial house
Thursday, September 16 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan
desain sofa kayu
Monday, February 7 2022
Posted by Syifa Arbati Nur Alami

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id