fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Tanaman Monstera : Apa Itu Monstera, Jenis, dan Manfaat Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Posted by Fauzi Rahman 3 weeks ago
Jenis Tanaman Monstera

Table of Content

Interiordesign.id – Monstera adalah sejenis tanaman yang termasuk dalam keluarga Araceae. Tanaman ini biasanya tumbuh sebagai pepohonan kecil atau semak dan memiliki daun yang besar dan berbulu. Monstrea juga dikenal dengan nama “tanaman monster” karena bentuk daunnya yang unik dan menyerupai monster. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah tropis dan subtropis dan sering ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor. Monstrea juga dapat tumbuh dengan baik di dalam pot atau wadah dan mudah dibudidayakan dengan memberikan cukup cahaya, udara, dan kelembaban yang tepat.

rmperera

Tanaman Monstera berasal dari daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, terutama di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Monstrea termasuk dalam keluarga Araceae yang terdiri dari lebih dari 10.000 spesies tanaman yang tumbuh di hutan hujan tropis di seluruh dunia. Tanaman Monstera dikenal dengan berbagai nama lokal di berbagai wilayah di dunia, seperti Monstera deliciosa, Swiss Cheese Plant, dan Split-Leaf Philodendron. Monstrea biasanya tumbuh sebagai pepohonan kecil atau semak dan memiliki daun yang besar dan berbulu yang memberikan tampilan unik dan menarik. Tanaman Monstrea sering ditanam sebagai tanaman hias di rumah atau di taman, dan juga dapat tumbuh dengan baik di dalam pot atau wadah.

aracae

Jenis – Jenis Tanaman Monstera

Ada beberapa jenis tanaman Monstera yang umum ditemukan, di antaranya:

Monstera deliciosa: Merupakan salah satu jenis Monstera yang paling umum ditemukan dan sering ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor. Monstera deliciosa memiliki daun yang besar dan berbulu dengan berbagai macam pola yang unik, seperti lubang-lubang kecil seperti keju yang memberikan nama lainnya, yaitu Swiss Cheese Plant.

Monstera deliciosa

Monstera anna: Daun yang lebih kecil dan tidak seberbulu Monstera deliciosa, dan sering ditanam sebagai tanaman hias indoor. Monstera anna juga memiliki daun yang berwarna hijau cerah dan tumbuh dengan subur di daerah yang cukup terang.

Monstrea anna

  1. Monstera sp. “Borsigiana”: Ini adalah jenis Monstera yang memiliki daun yang lebih besar dan berwarna hijau cerah. Monstrea sp. “Borsigiana” juga tumbuh dengan subur di daerah yang cukup terang dan cocok ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor.
Monstera sp. Borsigian

  1. Monstera sp. “Thai Constellation”: Memiliki daun yang besar dengan pola yang unik yang terdiri dari garis-garis putih yang mengelilingi daun. Monstera sp. “Thai Constellation” tumbuh dengan subur di daerah yang cukup terang dan cocok ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor.
Monstrea sp. Thai Constellation

  1. Monstera sp. “Dwarf”: Monstera yang lebih kecil dan tumbuh dengan subur di daerah yang cukup terang. Monstrea sp. “Dwarf” cocok ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor dan memiliki daun yang besar dengan pola yang unik.
Monstera sp. Dwar

  1. Monstera sp. “Super Dwarf”: Ini adalah jenis Monstera yang sangat kecil dan tumbuh dengan subur di daerah yang cukup terang. Monstrea sp. “Super Dwarf” cocok ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor dan memiliki daun yang kecil dengan pola yang unik.

Manfaat Tanaman Monstera Bagi Kehidupan Kita

Tanaman Monstera memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Tanaman Monstrea dapat membantu mengurangi kadar gas-gas beracun seperti formaldehida dan benzena di udara. Gas-gas tersebut biasanya dihasilkan dari bahan-bahan pembangunan, perabotan rumah, dan produk-produk kebersihan.
  2. Monstrea juga merupakan sumber oksigen yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan.
  3. Memiliki daun yang besar dan berbulu yang memberikan tampilan yang unik dan menarik, sehingga dapat menjadi tanaman hias yang indah di rumah atau di taman.
  4. Dapat membantu mengurangi tingkat kelembapan di ruangan, sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang tidak diinginkan.
  5. Juga dapat membantu mengurangi kadar polusi udara di dalam ruangan dengan menyerap gas-gas beracun seperti formaldehida, benzena, dan trichloroethylene.

Cara Perawatannya

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan tanaman Monstera:

  1. Letakkan tanaman Monstrea di tempat yang cukup terang, tetapi jauh dari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan daun menjadi kering dan retak.
  2. Tanaman Monstrea membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi. Jaga kelembaban dengan menyiram tanaman secara teratur dan menyemprotkan air pada daun setiap hari.
  3. Tanaman Monstrea juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Berikan pupuk khusus tanaman hias secara teratur sesuai dengan anjuran pada kemasan.
  4. Pindahkan tanaman Monstrea ke wadah yang lebih besar jika dibutuhkan. Pindahkan tanaman ke wadah yang memiliki diameter 1-2 inci lebih besar dari wadah sebelumnya.
  5. Bersihkan daun tanaman Monstrea secara teratur dengan menggunakan kain lembab atau semprotan air untuk menghilangkan debu yang menempel.
  6. Jika daun tanaman Monstrea mulai layu atau kering, segera potong bagian yang terkena masalah tersebut. Tanaman Monstrea akan tumbuh kembali dan memproduksi daun yang segar.
  7. Tanaman Monstrea juga dapat tumbuh dengan baik di luar, terutama di daerah tropis dan subtropis. Pilih tempat yang cukup terang dan jauh dari sinar matahari langsung, serta jaga kelembaban tanah dengan menyiram secara teratur.

Baca Juga : Monstera Deliciosa dan Cara Jitu untuk Merawatnya

Simpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tanaman Monstrea adalah sejenis tanaman yang termasuk dalam keluarga Araceae dan berasal dari daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Tanaman Monstrea memiliki daun yang besar dan berbulu yang memberikan tampilan yang unik dan menarik, sehingga sering ditanam sebagai tanaman hias indoor atau outdoor.
Monstrea juga dapat tumbuh dengan baik di dalam pot atau wadah dan mudah dibudidayakan dengan memberikan cukup cahaya, udara, dan kelembaban yang tepat. Selain itu, Monstrea memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan sehari-hari, seperti mengurangi kadar gas-gas beracun di udara, menjadi sumber oksigen yang baik, menghias ruangan, mencegah kelembapan tinggi, dan menjadi pembersih udara. Perawatan tanaman Monstrea meliputi penempatan di tempat yang cukup terang, menjaga tingkat kelembaban yang tinggi, memberikan nutrisi yang cukup, pindah ke wadah yang lebih besar jika diperlukan, membersihkan daun secara teratur, dan potong bagian daun yang layu atau kering.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Related Articles
Wednesday, August 16 2017
Posted by Nita Hidayati Inayah

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id