fbpx
Hello, Guest

10 Inilah Sofa Ruang Tamu yang Cocok Untuk Hunian Kecil dan Sempit

Posted by Nikho Asruri Tuesday, February 7 2023
sofa ruang tamu

InteriorDesign.idSofa ruang tamu selalu wajib untuk membuat area pertemuan penghuni dan kerabat lebih hangat serta nyaman. Tanpa sofa, ruang tamu terasa tidak lengkap. Meski area terbatas, bukan berarti Anda tak bisa menempatkan sofa di ruang tamu. Ada beberapa tips serta inspirasi dekorasi agar ruang tamu tetap lega.

Rumah subsidi yang semakin sempit, serta pilihan ruang apartemen yang terbatas bukan halangan Anda untuk menata ruang tamu. Kebanyakan orang membiarkan gelar tikar saat tamu datang karena tidak cukup untuk memuat sofa di dalam rumah. Ada pula yang beralasan kalau sofa membuat rumah makin sempit.

Fungsi Sofa Pada Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Source: Pexels Karolina Grabowska

Sofa didesain untuk perabot yang menunjang ikatan emosional keluarga. Sofa adalah perabot yang diperlukan di berbagai rumah. Sandaran sofa untuk punggung meningkatkan kenyamanan penghuni rumah, untuk bersantai dan menonton TV. Selain itu, pilihan sofa yang tepat bisa menjadi penunjang dekorasi interior yang ideal. 

Perabot sofa selalu memberikan kenyamanan setelah seharian bekerja keras. Sofa juga merupakan tempat yang nyaman untuk bertemu dengan kerabat dan tamu. Untuk anak-anak, sofa sangat bersahabat karena permukaannya yang empuk sehingga pas bagi mereka untuk menikmati hari-hari dirumah. 

Cara Agar Sofa Ruang Tamu Tidak Menyempitkan Rumah

Ada beberapa trik dan tips yang bisa Anda coba agar sofa tetap bertakhta di dalam ruang yang terbatas. 

1. Cat tembok warna terang dan halus

Dinding yang berwarna putih atau gradasi terang halus membuat ruangan semakin luas. Suasananya menjadi terang dan memantulkan cahaya matahari atau lampu sehingga ruang terbatas terkesan luas.

2. Jangan pilih sofa dengan sandaran yang terlalu tinggi

Source: Pinterest Decoist

Sofa dengan sandaran tangan yang tinggi membuat ruang yang sudah sempit menjadi lebih sumpek, sehingga perabot semacam ini tidak direkomendasikan. Meski sudah mengecat ruangan menjadi lebih terang, sofa macam ini tak masuk ke dalam daftar belanja perabot rumah lahan terbatas.

3. Pilih sofa dengan sandaran tangan yang rendah

Source: Pexels Vladislav Murashko

Atau mungkin tanpa sandaran sama sekali. Sandaran tangan sering memberi kesan ‘terbatas’ pada suatu ruang, seolah menciptakan sekat baru pada area yang sempit. Sandaran tangan pada sofa tidak direkomendasikan untuk ruang tamu dengan area terbatas.

4. Hindari meja di depan sofa

Untuk mengurangi batasan-batasan di dalam ruangan, sebaiknya jangan tempatkan meja di depan sofa. Biasanya meja yang sejajar dengan lutut menjadi pelengkap di tengah ruang tamu, namun mengingat fungsinya yang kurang esensial Anda tak perlu membelinya. 

Selain meja, Anda juga tak perlu menambahkan vas bunga, guci atau perabot yang kurang fungsional ke area ruang tamu. Jika ingin menambahkan aksesoris penghias pada ruang, Anda bisa mengakalinya dengan barang-barang kecil seperti bunga tiruan yang digantung atau kain selimut pada sofa.

5. Sofa multifungsi direkomendasikan

Source: Pinterest diariodesign

Sofa multifungsi dibuat untuk mengcover segala kebutuhan Anda. Misalnya zaman dulu rak dan sofa terpisah, kini bisa menjadi satu dan menjadikan ruangan lebih terlihat luas. Memilih sofa multifungsi artinya memaksimalkan lahan terbatas menjadi lebih berguna.

6. Tempatkan sofa pada tepi ruang

Jangan tempatkan sofa di tengah ruangan, sebaliknya pasanglah sofa menempel pada dinding agar ada space yang luas di depannya. Anda masih bisa meluruskan kaki sembari menonton televisi.

Begitu pula dengan perabotan lain, misalnya jika Anda mempunyai lemari kecil upayakan untuk menempatkannya di bagian tepi ruang. Ciptakan ruang tamu yang sedikit lega pada bagian tengah. 

Inspirasi Desain Sofa Ruang Tamu

Menata ruang tamu dengan sofa tidak terlalu sulit, selama Anda mengikuti panduan kami di atas. Pastikan membeli sofa dengan ukuran yang kecil agar lebih sesuai dengan ukuran ruang tamu yang terbatas. 

Simpulan

Meja di tengah ruang tamu mempersempit area santai Anda, maka kami tidak merekomendasikan meja persis di depan sofa. Pemilihan warna dinding serta penempatan sofa menjadi kunci agar ruang tamu terbatas menjadi lebih lega dan tidak sumpek. 

Lahan sempit sebenarnya bukan hambatan untuk Anda untuk memaksimalkan kebutuhan penghuni. Jika masih bingung mengakali area sempit, maka hubungi interiordesign.id untuk menjadikan ruang tamu lebih nyaman tanpa terasa sesak. Desain kami jelas dengan peragaan gambar citra agar perencanaan lebih matang sempurna. 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Membeli Sofa Baru
Wednesday, November 9 2022
Posted by Anastasia Michella
desain sofa kayu
Monday, February 7 2022
Posted by Syifa Arbati Nur Alami

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id