fbpx
Hello, Guest

15 Desain Lampu Kamar Tidur, Mulai dari yang Unik Hingga Mewah dan Elegan

Posted by Brenda Brilianita Monday, February 13 2023

InteriorDesign.id – Desain lampu kamar tidur adalah hal yang penting untuk menjadikan ruangan lebih indah dari sebelumnya. Lampu tak hanya sekedar penerangan, namun juga sebagai media estetik yang bisa meninggalkan kesan baik. 

Kamar tidur merupakan tempat untuk menenangkan diri, istirahat dan tidur. Ketenangan istirahat bisa tercapai jika pencahayaan juga baik. Karena kamar tak cukup hanya sekedar tidur, bahkan saat bersantai Anda perlu lampu untuk membaca buku atau majalah.

Bayangkan jika kamar tidur yang memiliki banyak perabot selengkap itu tak memiliki pencahayaan. Anda tidak bisa menikmati karya dekorasi seni yang ada di kamar. Pun Anda akan kesulitan mencari barang yang jatuh ke kolong ranjang. 

Kini, lampu tak hanya sekedar lampu bohlam yang menyinari ruangan. Penerang ruangan juga bisa berfungsi sebagai penghias kamar yang estetik dan mempesona. 

Baca Juga : 8 Inspirasi Model Lampu Kamar Tidur Minimalis dan Estetik, Indah dan Elegan

Inspirasi Dekorasi Lampu Kamar Tidur 

Membuat desain lampu kamar tidur merupakan ruang ekspresi diri bagi pemiliknya. Disinilah pemilik kamar bebas berkreasi dengan warna lampu, agar ruang tidur menjadi tempat yang nyaman. Interior Design selalu hadir dengan pilihan inspirasi untuk Anda, untuk menciptakan ruang tidur yang berkarakter.

1. Simple dan Elegan

Model kamar tidur yang simple dan elegan hanya perlu lampu dengan pola yang sederhana. Apapun bentuknya baik lingkaran, bergelombang, atau lurus pola desain lampu biasanya tak terlalu rumit namun menciptakan ruang yang tak kalah menarik. 

Model kamar tidur kuno dengan ranjang besi yang tak mungkin baru lagi.

Uniknya desain seperti ini terasa indah di masa sekarang. Lengkap dengan lampu ala bangsal Portugis, menjadikan kamar ini klasik dan juga indah dipandang mata. 

Lampu tidur sensor.

Lampu ini sepintas terlihat terlalu tinggi, namun siapa sangka bahwa lampu tidur ini menyesuaikan dengan panca indra manusia dewasa. Jika manusia dewasa sedang duduk di kasur, cahaya lampu ini akan sejajar dengan mata. Tak perlu saklar, lampu tidur yang menempel langsung pada dinding biasanya dikendalikan dengan getaran seperti tepuk tangan.

Lampu silinder.

Kesan elegan tercipta pada lampu ruangan. Bayangkan jika tidak ada lampu silinder pada bagian kanan dan kiri ranjang, atau tak ada lampu lingkaran yang mengitari langit-langit. Siang hari penghuni rumah mengandalkan cahaya jendela, namun saat malam hari sinar lampu berwarna kuning serta pancaran dari silinder emas akan menghangatkan ruangan. 

Lampu LED lurus sering menjadi pilihan penghuni rumah yang bergaya dinamis dan modern, apalagi jika langit-langitnya polos dan interior secara keseluruhan terlihat sangat minimalis. Biasanya desain kamar tersebut dihuni oleh orang berjiwa muda.

Lampu LED yang lurus biasanya tak memancarkan cahaya yang signifikan, jika dibandingkan dengan tipe lampu kamar lainnya. Tapi cahaya yang tidak terlalu terang juga lumayan menenangkan mata, apalagi jika dipasang di kamar tidur.

Source: Pinterest Behance

Lampu tidur sembunyi. Pemilik kamar ini tak bergantung pada lampu saat siang hari, karena kaca jendela yang luas sudah cukup menerangi seluruh kamar. Area tidur ini pun memanfaatkan dinding sebagai tempat bersandarnya lampu LED sekaligus penghias. Pada bagian langit-langit dipasang tabung silinder di area sudut yang menyorot ke bagian tengah.

Source: Pinterest lovePROPERTY

Model lampu hitam yang terpasang di langit-langit merupakan desain lampu kamar tidur klasik yang hingga saat ini masih diproduksi. Beberapa pasar atau kios barang antik masih menjual lampu tersebut dan bisa dimodifikasi.

Jika bicara barang antik, Anda mungkin setuju bahwa produksi barang masa lampau terkenal ketahanannya yang baik dan awet. Anda bisa memperbarui kamar tidur dengan cangkang lampu kuno tanpa harus menurunkan kelas suatu ruangan. 

Source: Pinterest AliExpress

Cukup satu lampu LED lingkaran, kesan elegan akan membekas pada kamar tidur Anda. Suhu cahaya putih hangat atau netral menciptakan kamar tidur yang menenangkan namun fungsional. Pencahayaannya menyebar ke seluruh ruangan karena bentuk lingkaran yang menembakkan sinar ke segala arah. 

2. Elegan dan Mewah

Desain lampu kamar tidur yang mewah menciptakan ruangan yang berkelas dan eksklusif. Apalagi jika lampunya terbuat dari bahan premium berkualitas, dan bahan-bahan yang sulit dicari. Namun terlepas dari itu semua, kemewahan kamar tidur tak sebatas dari lampu melainkan serangkaian desain yang mempengaruhinya.

Interior yang serba kuning dan emas mengubah ruang putih hampa menjadi hidup. Kamar tidur yang luas memberi ruang kosong untuk menghilangkan stress penghuni rumah. Lampu emas yang didesain dengan eksklusif memancarkan cahaya ranting pohon menyala seolah ada kunang-kunang yang hinggap di langit-langit.

Source: Pinterest Behance

Kamar yang bertahta lampu kristal di bagian langit-langit selalu memberi kesan elegan dan cantik, termasuk desain lampu kamar tidur yang modern. Desain lampu kamar ini memerlukan empat besi penyangga agar bentuknya terlihat sempurna. 

Proses instalasinya mungkin tidak terlalu rumit namun fatal jika salah satu penyangga lepas atau tidak berfungsi dengan baik. Desain yang melebar membutuhkan penyangga di beberapa titik dan juga kuat. 

Source: Pinterest Thistlewood Farms

Pada zaman dahulu, lampu kristal digunakan untuk kamar para Raja dan bangsawan kasta tinggi. Kini desain tersebut bisa dimiliki siapa saja selama pemilik rumah menginginkannya. Keunggulan lampu kristal adalah bisa menyesuaikan segala jenis plafon, baik berbahan dasar kayu, gypsum atau PVC sekalipun. 

Source: Pinterest Aima’s Production

Ciptakan kamar putri Anda menjadi ruang yang menarik untuk ditinggali. Konsep lampu LED yang mengitari dinding, serta lampion bagian tengah yang bergaya gumpalan busa melengkapi keindahan ruang tidur bernuansa pink dan emas ini. 

Source: Pinterest Aram Rabi

Adanya lampu pada titik lingkar yang dekat dengan dinding, menjadi bukti bahwa lampu berjasa dalam memperlihatkan lukisan dinding yang atraktif. Tanpa adanya cahaya kuning, lukisan akan terlihat pucat dan mematikan ruangan, namun kehadiran sinar pada tembok memberi suasana yang lain dan menghidupkan ruang tidur. 

Source: Pinterest Kirsty Guiver

Cahaya yang muncul dari bawah kasur seolah memberi efek sulap pada ranjang yang bisa terbang. Padahal sebenarnya kaki dari ranjang itu sendiri terletak pada bagian tengah, seperti gelas es krim yang menyangga bejana yang luas dengan penyangga lurus. 

Ranjang yang tak memiliki penyangga pada bagian tepi mengurangi benturan pada lutut atau betis dan jari kaki. Di sisi lain, penerangan pada bagian bawah kasur akan memudahkan Anda membersihkan bagian lantai. 

Sementara lampu gantung menghidupkan suasana agar terkesan semakin hangat. Lampu LED melengkapi sistem penerangan agar kamar terasa lebih terang. Dengan 3 jenis penerangan ini Anda bisa mengatur sinar cahaya pada ruang tidur. 

Source: Pinterest KOKET

Lengkapi nuansa girly pada kamar tidur putri Anda dengan lampu bernuansa dahan daun. Seperti mahkota bunga yang ada di kepala perempuan saat bermain di kebun, bawalah mahkota itu pada kamar tidurnya. Jadikan kamar tidurnya menjadi special dan lebih cantik dengan material besi emas dan susunan lampu-lampu kecil yang artsy

Source: Pinterest Covet Collection

Menampilkan kamar dengan ranjang yang berbeda memang tantangan tersendiri. Ranjang circle, lengkap dengan desain lampu kamar tidur lingkaran yang spektakuler. Didampingi lampu kipas emas pada bagian tepi, menjadikan ruang tidur sangat spesial. Manjakan diri Anda pada kamar tidur yang istimewa. 

Simpulan  

Lampu pada dasarnya memiliki fungsi bagi manusia sejak zaman dulu kala, sebelum bohlam diciptakan karena membantu mata dalam menangkap segala hal yang terjadi. Tanpa adanya sinar dan cahaya, mata kita tidak akan sehat begitu pun otak manusia.

Selain dengan fungsinya yang baik, desain lampu kamar tidur yang kreatif menjadikan kamar tidur sebagai area seni yang menarik dan juga tempat khusus bagi penghuni menenangkan diri. 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id