fbpx
Hello, Guest

5 Inspirasi Desain Kain Beludru Sofa dan Tips Cara Merawatnya

Posted by Dhila F Khairunisa Wednesday, February 15 2023
Ilustrasi kain beludru sofa

InteriorDesign.id– Kain beludru sofa adalah kain yang memiliki tekstur lembut yang digunakan sebagai pelapis sofa. Bahan beludru ini kerap digunakan sebagai pelapis sofa karena mampu memberikan kenyaman yang maksimal.

Karena memiliki harga yang lebih mahal dibanding kain-kain lainnya, maka kain beludru dulunya hanya bisa digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu saja. Menurut sejarah, jenis kain ini berasal dari budaya timur. Maka dari itu, kain beludru banyak ditemukan di Tiongkok.

Untuk Anda yang sedang mencari inspirasi kain beludru sofa, berikut rekomendasinya:

5 Inspirasi Sofa dengan Kain Beludru

1. Sofa Beludru yang Berkesan Elegan

Sofa Beludru elegan (Ajeg)

Dengan menggunakan kain beludru sofa, maka ruangan akan terkesan elegan. Apalagi jika Anda menempatinya di ruangan dengan desain interior yang penuh elemen emas, batu permata, atau karpet bulu sintetis.

Dengan memadukannya di ruangan yang mewah, maka kesan elegan pada sofa Anda pun akan sangat menyatu.

2. Tampilan Feminin Sofa Beludru

Tampilan sofa beludru yang feminin (Ajeg)

Jika Anda menyukai tampilan ruangan yang feminin, maka Anda bisa memilih sofa beludru jenis ini. Apalagi jika ruangan Anda bernuansa desain interior tema klasik ala Eropa modern, tentu akan mempermanis aransemen pada ruangan.

3. Sofa Beludru yang Chic dan Modern

Desain sofa beludru yang chic dan modern (Ajeg)

Meski kesan yang ditawarkan oleh kain beludru sofa adalah mahal, namun tidak menutup kemungkinan untuk dipadukan dengan desain interior yang kontemporer atau modern. 

Cobalah pilih sofa beludru dengan warna yang dominan dan pastikan furniture lainnya juga memiliki gaya modern. Untuk kasus ini, hindari furniture yang terkesan klasik. Dengan gaya ini, maka ruangan Anda pun jadi terkesan milenial.

4. Tampilan Sofa Catchy dengan Nuansa Alam

Tampilan sofa beludru dengan nuansa alam (Ajeg)

Sofa beludru juga cocok jika dipadukan dengan elemen bumi dan nuansa alam. Anda bisa memberikan elemen kayu-kayuan dari mejanya atau memberi warna yang memiliki unsur alam pada dinding ruangan.

5. Tampilan Sofa Beludru Gaya Bohemian

Sofa beludru bohemian (Ajeg)

Terkenal dengan energi yang riang, gaya bohemian pada sofa beludru akan membuatnya terkesan elegan. Anda bisa memilih warna netral untuk sofanya. Hal ini untuk mengimbangi suasana cerah pada interior bohemian.

Anda juga bisa membeli warna sofa yang soft agar dapat menciptakan efek maksimal pada ruangan Anda.

Perpaduan alam antara furniture dan kain beludru sofa akan menyatu dengan apik.

Selain memilih jenis sofa, Anda juga perlu memerhatikan cara merawat kain sofa beludru. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

Cara Merawat Kain Sofa Beludru

  • Tidak Boleh Menyetrika Kain Beludru

Hindarilah untuk menyetrika kain beludru. Hal tersebut dikarenakan jenis kain ini mudah rusak dan meninggalkan bekas ketika disetrika. Namun, jika Anda memang benar-benar perlu untuk menyetrikanya, cobalah dengan suhu rendah. Ini akan membuat kain beludru tetap aman dan menghindari kerusakan.

  • Tidak Boleh Terlipat

Anda tidak boleh melipat atau menekuk kain beludru. Jika dilakukan, maka permukaan bulu-bulu pada kainnya akan rusak. Maka dari itu, lebih baik untuk menggantungkan kain beludru alih-alih melipatnya. 

  • Gunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Sofa

Anda bisa membersihkan sofa kain beludru dengan vacuum cleaner seminggu sekali. Hal tersebut dikarenakan debu yang menempel pada sofa dapat menyebabkan bau apek.

Cara menggunakan vacuum cleaner adalah, Anda hanya perlu menyedot kotoran dan debu permukaan sofa dari bagian sandaran, tangan, hingga ke tempat duduknya secara bergantian.

  • Noda Harus Dibersihkan Secepatnya

Jika kain sofa beludru terkena noda, maka Anda harus cepat-cepat membersihkannya. Apalagi ketika terkena cipratan air atau minyak. Hal tersebut dikarenakan kain beludru akan lebih mudah dibersihkan jika noda belum meresap ke bagian kain dasar.

Anda bisa membersihkannya dengan mencampur deterjen khusus pembersih ke mangkuk berisi air bersih. Lalu gunakan kain untuk mengusap bagian sofa dengan lembut agar tidak merusak bahan dan membuat noda masuk lebih dalam ke bagian serat.

Kain beludru sofa menjadi pilihan untuk mendapatkan suasana yang elegan pada desain interior ruangan Anda. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Friday, April 16 2021
Posted by Levina Athalia Purnama

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id