fbpx
Hello, Guest

5 Tips Cara Membersihkan Sofa Beludru

cara membersihkan sofa beludru

InteriorDesign.id – Sofa beludru menjadi salah satu jenis sofa yang banyak digunakan, hal ini tidak lepas karena desainya yang elegan dan mewah dengan permukaan khas yang lebut. Sofa jenis ini juga mampu bertahan lama karena tidak ada jahitan longgar. Namun agar bertahan lama, Anda harus melakukan perawatan khusus. Karena itulah, berikut ini kami ulas cara membersihkan sofa beludru dengan mudah!

Mengapa Harus Sofa Beludru?

via loaf.com

Ada banyak alasan mengapa Anda harus membeli sofa beludru. Seperti yang sudah disebutkan, sofa beludru memiliki permukaan lembut yang sangat nyaman untuk digunakan. Bahkan dekorasi dengan bahan beludru selalu dikaitkan dengan kemewahan dan kekayaan. Karena itu, jenis sofa satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki konsep hunian mewah. 

Selain itu sofa satu ini juga memiliki berbagai macam warna yang bisa dipadupadankan untuk hasil yang lebih aesthetik. Cara membersihkannya juga cukup mudah dan jenis sofa ini tidak mudah rusak karena memiliki jahitan yang sangat rapat sehingga tidak mudah terisi debu dan longgar. 

Kapan Sofa Beludru Harus Dibersihkan?

via Shopify.com

Umumnya, sofa satu ini wajib dibersihkan setiap minggu menggunakan vacuum cleaner. Selain untuk menyedot debu, cara ini juga mampu menghilangkan bau tak sedap pada sofa. Selain itu, Anda juga wajib membersihkannya ketika sofa terkena air atau tumpahan makanan. 

Saat sofa sudah terlihat mulai kusam atau ada pasir dan kotoran yang menumpuk, maka itu adalah waktu yang tepat untuk membersihkan sofa secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan jasa profesional atau membersihkannya sendiri dengan langkah-langkah di bawah ini. 

Bahan untuk Membersihkan Sofa Beludru 

via Designingidea.com

Sebelum membersihkan sofa, ada baiknya Anda mengumpulkan beberapa bahan dan alat yang akan digunakan di bawah ini. 

  • Vacuum cleaner untuk sofa atau tempat tidur 
  • Sikat beludru 
  • Sikat debu
  • Botol semprot 
  • Kertas Tisu
  • Air Mineral / Distilled Water 
  • Sabun Cuci Piring 
  • Kain Mikrofiber
  • Hairdryer
  • Streamer pakaian

Cara Membersihkan Sofa Beludru 

via popsugar

Berikut adalah cara dan tips membersihkan sofa beludru yang bisa Anda ikuti. Simak selengkapnya! 

1. Gunakan Vacuum Cleaner 

Gunakan sikat debu untuk merontokkan debu dan tanah sebelum di vacuum. Hal ini akan mempermudah mengumpulkan debu. Jangan lupa untuk membersihkan celah-celah di antara bantal, lengan, punggung, hingga dudukan sofa. Setelah itu sedot debu dengan vacuum cleaner hingga bersih. 

2. Bersihkan Noda yang Menetes 

Tak jarang cairan seperti minyak, air, hingga minuman dengan kosentrasi tertentu jatuh di atas sofa. Jika hal itu terjadi segera serap semua cairan tersebut menggunakan tisu kering untuk menyerap semua cairan tersebut. Pastikan untuk tidak menggosoknya agar cairan tidak menyerap. Lakukan berulang hingga dirasa semua cairan telah terangkat. 

Setalah itu beri dua tetes sabun cuci piring dan satu sendok makan alkohol ke dalam air mineral atau distilled water tadi, kocok hingga tercampur sempurna setelah itu semprotkan ke kain microfiber. Gunakan lap atau kain microfiber itu dengan lebut ke bagian sofa yang terkena noda hingga noda tersebut menghilang seutuhnya. 

3. Gunakan Streamer Pakaian 

Setelah memvakum dan membersihkan noda membandel, gunakan streamer pakaian untuk menghilangkan kerutan dan kusut pada sofa. Pastikan agar streamer tidak menempel pada sofa dan set streamer pada panas yang paling rendah. 

4. Keringkan 

Setelah itu keringkan sofa Anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya secara sempurna. Kemudian sisir sofa dengan lembut menggunakan tangan Anda untuk memastikan semua bagian telah benar-benar kering. 

5. Sisir dengan Sikat Beludru 

Sisir sofa beberapa kali menggunakan sikat beludru untuk membuat sofa terlihat lebih baik seperti baru. Setelah itu jangan lupa compress dan decompress bantal sofa secara berulang hingga mereka terlihat fuller atau penuh agar semuanya terlihat seperti baru. 

Penutup 

Itulah seputar cara membersihkan sofa beludru yang bisa Anda coba. Pastikan untuk memilih sofa beludru dengan kualitas terbaik sehingga tidak mudah rusak. Namun jika Anda bingung memilih sofa mana yang cocok untuk hunian Anda, maka serahkan semuanya kepada jasa interior design profesional seperti Interior Design. 

Maksimalkan budget dan dapatkan sofa terbaik untuk hunian Anda bersama InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan sofa beludru terbaik yang cocok untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Baca selanjutnya

Saturday, December 10 2022
Posted by Christoper Wibisono

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain sofa kayu
Monday, February 7 2022
Posted by Syifa Arbati Nur Alami

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id