fbpx

5 Tips Mengatur Meja Kerja selama Work From Home

Posted by Marcellino Kwan Tuesday, May 11 2021
desain kamar kontemporer

Meja kerja ada tidak hanya untuk mengakomodir aktivitas saat harus bekerja dari rumah. Ia juga harus bisa memberikan ruang yang cukup bagi Anda saat ingin mengorganisir berbagai perangkat kerja yang biasa digunakan.

Estimated reading time: 8 minutes

Meja Kerja – Selama WFH berlangsung, tentu banyak di antara Anda yang bekerja tanpa meja. Tahukah Anda bahwa rupanya hal ini tidak baik untuk tubuh Anda? Ini dikarenakan saat bekerja, badan kita harus berada dalam posisi tegak, tidak membungkuk.

tips atur meja kerja
via Home Design by Alexandro Lens

Oleh karenanya, adalah sesuatu yang tidak tepat bagi Anda duduk di ranjang atau sofa saat bekerja. Sebabnya adalah kedua furniture ini memiliki bantalan empuk dan tidak baik untuk aktivitas bekerja yang Anda lakukan. Sebelum berbagai hal tak diinginkan terjadi sehingga memberikan dampak yang fatal bagi kesehatan Anda, Anda perlu mencermati beberapa hal berikut ini. Hal-hal ini perlu diperhatikan saat Anda tengah mencari meja kerja yang pas untuk kegiatan WFH.

#1 Ketahui Lebih Dulu di Mana Meja Kerja Akan Diletakkan

Sebelum memutuskan untuk membeli meja kerja, Anda perlu lebih dulu mengetahui di mana meja tersebut akan diletakkan. Selain itu, area ruang yang akan ditempati juga harus Anda pahami betul besarnya. Perhatikan juga keberadaan stop kontak untuk memudahkan penggunaan komputer atau laptop. Hal ini berguna agar Anda tidak perlu repot menarik kabel panjang dari stop kontak ke meja kerja.

Kemudian perlu dipertimbangkan pula sumber cahaya dalam ruangan. Jangan sampai sumber cahaya ini menghadap langsung layar komputer atau laptop. Ini akan membuat silau dan mengganggu pandangan Anda saat melihat monitor.

Selain itu, Anda pun harus memperhatikan posisi meja kerja yang akan Anda beli. Apakah ia akan bersandar ke dinding atau berdiri di tengah ruangan? Meja yang diletakkan di tengah ruangan akan memiliki kesan yang bebas dan terbuka. Namun kekurangannya ada pada sistem kabel terbuka yang membuatnya jadi terlihat tidak rapi. Selain itu, monitor pun rentan jatuh apabila tidak sengaja tersenggol.

#2 Ketahui Ukuran Tepat Meja Kerja yang Akan Dibeli

tentukan ukuran meja kerja
via Home Designing by ElrioVanPutten

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui dengan pasti ukuran meja yang akan dibeli serta kegunaannya. Apabila Anda bekerja di rumah menggunakan laptop, maka area kerja yang Anda butuhkan tidak terlalu besar. Namun jika Anda bekerja di rumah menggunakan komputer, maka Anda memerlukan area kerja yang cukup luas. Area ini diperuntukkan bagi komponen komputer seperti monitor, speaker, keyboard, dan CPU.

via Home Designing by fliiflax

Karena komputer memiliki banyak komputer dan membutuhkan ruang lebih, maka Anda perlu menemukan meja yang cocok dan khusus untuk menyimpan perangkat komputer. Contohnya adalah meja yang memiliki area khusus CPU. CPU memerlukan area khusus karena ia adalah komponen terpenting dan terbesar. Sedangkan Anda yang hanya bekerja dengan laptop cukup menggunakan meja kecil berukuran 120 cm.

via Target

Beberapa profesi yang dinilai perlu memiliki area kerja yang luas adalah desainer interior 3D, desainer grafis, penyunting video, dan beberapa profesi lainnya yang memerlukan monitor lebih. Kebutuhan akan lebih dari satu monitor inilah yang membuat Anda memerlukan meja yang punya ukuran lebih besar dari 120 cm untuk menampung semua monitor tersebut.

Anda yang bekerja dengan lebih dari satu monitor bisa mengatasi area berlebih yang Anda butuhkan dengan kehadiran bracket monitor. Alat ini dapat menghemat area kerja yang Anda gunakan, sehingga Anda tetap bisa melakukan aktivitas lain di meja kerja seperti menulis atau menaruh dokumen. Secara visual, kehadiran alat ini pun lebih minimalis dan modern karena layar yang tidak menyentuh meja.

#3 Gunakan Monitor Stand untuk Anda yang Bekerja dengan Monitor

gunakan monitor stand untuk meja kerja
via Ugmonk

Bagi Anda yang bekerja dengan monitor, Anda bisa menggunakan monitor stand untuk menghemat area kerja. Perangkat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan keyboard, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan area menulis tanpa mengganggu area kerja. Monitor stand pun dapat membantu dari sergi ergonomi, yaitu dengan meluruskan pandangan Anda ke monitor sehingga leher tidak mudah sakit atau pegal.

Selain dapat menyimpan keyboard, monitor stand juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan yang membuat Anda dapat menghemat area kerja. Contohnya adalah speaker kecil dan alat tulis.

#4 Perhatikan Manajemen Kabel

Hal paling rumit yang bisa membuat meja Anda terlihat rapi dan terorganisir seketika adalah manajemen kabel. Hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikat kabel panjang menggunakan kabel tis dan menyembunyikan kabel tersebut di belakang benda yang besar sehingga tidak terlihat oleh mata. Kabel juga dapat Anda sembunyikan di bawah meja. Namun jangan sampai kabel tersebut menyentuh lantai, karena ia dapat membuat Anda tersandung dan kabel tersebut jadi rusak.

Manajemen kabel yang benar dapat memudahkan Anda dalam merawat area kerja Anda sendiri. Selain itu, ia pun memudahkan pembersihan dan pengaturan ulang saat ada perangkat baru yang perlu dipasang. Secara visual, manajemen kabel yang baik pun membuat area kerja Anda terlihat rapi dan bersih. Hal ini bisa Anda wujudkan menggunakan berbagai alat bantu.

Tempat khusus untuk menaruh kabel adalah perangkat yang bisa Anda gunakan untuk manajemen kabel Anda. Secara visual, area kerja Anda akan terlihat lebih rapi dan tertata. Ada pula cable tray yang memiliki keunggulannya tersendiri. Anda bisa memasangnya di bawah meja Anda atau menggantungnya di pinggir meja. Alat ini bisa membuat Anda mengatur kabel dari komputer dan menyimpannya dengan mudah.

Meski ada berbagai perangkat tambahan untuk manajemen kabel, beberapa furniture rupanya sudah memiliki area penyimpanan kabelnya sendiri. Tempat yang bersifat built-in ini dapat membantu Anda menyimpan kabel panjang yang terhubung langsung dengan komputer dan dari stop kontak.

#5 Sediakan Area Khusus untuk Komponen Tambahan

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah keberadaan area khusus untuk menyimpan komponen tambahan seperti headset, kamera, console, gaming, serta alat-alat yang biasa Anda gunakan lainnya.

Area penyimpanan ideal yang bisa direkomendasikan adalah rak yang lokasinya berdekatan dengan meja kerja. Selain secara visual terlihat rapi, rak ini pun dapat digunakan untuk menyimpan barang lainnya seperti buku, dokumen, atau benda lain yang dapat Anda akses dengan mudah saat membutuhkannya.

via Home Designing by phx1991

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan selain rak adalah meja besar atau meja ekstensi. Keberadaan furniture ini adalah dapat membuat Anda punya area lebih untuk menaruh barang yang bisa Anda akses dengan mudah. Meja besar tidak hanya bisa menyimpan peralatan komputer, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas lain seperti menggambar, menulis, dll.

Meja besar juga akan amat berguna bagi Anda yang memiliki profesi seperti penyunting video atau music producer. Anda bisa menaruh berbagai peralatan kerja Anda seperti sound equalizer dan piano di sana.

Kesimpulannya, penataan meja yang baik dan benar dapat membuat Anda merasa nyaman saat bekerja dan merasa tidak terhalangi saat melakukan aktivitas apapun. Persiapan dan penataan meja kerja yang baik dapat memudahkan Anda dalam merawat meja serta perangkat kerja yang Anda miliki.


MARCELLINO KWAN
Design Product Interior Student of Petra Christian University, Surabaya. 3D modelling enthusiast. Quick learner. Love to learn new stuff. Like sketching.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×