fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Cara Mudah Memasang Wallpaper dan Hal yang Harus Diperhatikan

Posted by Dhila F Khairunisa Thursday, February 23 2023
memasang wallpaper

Interiordesign.id –Ada banyak hal yang bisa dibicarakan dari salah satu elemen ruang ini. Mulai dari materialnya, teksturnya, hingga finishing hasil akhirnya.

Dinding, jadi salah satu elemen ruang yang keberadaannya tentu sangat penting. Menjadi penyangga atap pada lantai dan juga sebagai pembatas area luar dan dalam bangunan.

Dari banyaknya treatment yang bisa diterapkan pada dinding salah satunya kita bisa menggunakan wallpaper sebagai finishing.

Dengan berbagai warna, motif, dan tekstur penggunakan wallpaper dapat menjadi salah satu aksesori dinding untuk berikan tampilan ruangan yang lebih baru, menarik, cantik, dan estetik.

Untuk memasang wallpaper kita bisa menggunakan jasa profesional yang bisa dihubungi untuk datang ke rumah.

Meskipun untuk pemasangannya akan ditangani penuh oleh mereka namun tidak ada salahnya jika kita memastikan beberapa hal penting sebelum memasang wallpaper.

Tahap ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika wallpaper sudah terpasang. Jadi langsung saja!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Memasang Wallpaper

Kualitas dinding

Kualitas Dinding

Pastikan dinding yang akan dipasangi wallpaper dalam kondisi yang baik dan rata. Jika dinding dalam kondisi buruk, sebaiknya dinding diperbaiki terlebih dahulu sebelum memasang wallpaper. Kondisi dinding yang baik akan memberikan hasil akhir wallpaper yang sangat baik dan tahan lama.

jenis wallpaper
Pinterest

Jenis Wallpaper

Ada berbagai jenis wallpaper yang tersedia, seperti vinyl, non-woven, kertas, atau kain. Pastikan untuk memilih jenis wallpaper yang sesuai dengan ruangan dan kebutuhan dan tema ruangan. Dengan begitu keputusan memasang wallpaper tidak akan disesali dan berhasil ciptakan suasana ruang yang diinginkan.

mengukur ruangan
Pinterest

Pengukuran Ruangan

Ukur ruangan dengan teliti untuk mengetahui berapa banyak wallpaper yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa sentimeter ke ukuran lebar dan panjang wallpaper untuk memastikan cukup bahan yang tersedia.

pola wallpaper
Pinterest

Pola dan Warna

Pilih pola dan warna wallpaper yang sesuai dengan gaya dan tema ruangan. Pilih pola yang tidak terlalu rumit dan warna yang cocok dengan furnitur dan aksesoris ruangan. Dengan begitu pemasangan wallpaper dapat memberikan keserasian dengan furnitur dan dekorasi ruang yang digunakan.

pemasangan wallpaper
Pinterest

Cara Pemasangan

Perhatikan instruksi pemasangan wallpaper yang ada pada kemasan. Pastikan untuk mengikuti instruksi dengan benar agar wallpaper dapat dipasang dengan rapi dan tahan lama.

wallpaper mengelupas
Pinterest

Kondisi Lingkungan

Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik untuk mencegah kelembaban dan kerusakan pada wallpaper. Dinding yang lembab juga bisa membuat wallpaper tidak menempel dengan sempurna bahkan cenderung mengelupas seiring berjalannya waktu.

Nah keenam hal diatas harus kita perhatikan baik akan memasang wallpaper oleh jasa profesional maupun memasangnya sendiri.

Lalu jika akan memasang wallpaper sendiri bagaimana caranya? Mengingat ini bukan pekerjaan yang bisa dianggap sepele karena kerapian, lem yang digunakan, kesabaran, juga ketelitian sangat diperlukan.

Tapi bukan hal yang tidak mungkin kita bisa memasang sendiri wallpaper. Maka dari itu inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memasang wallpaper!

Cara Memasang Wallpaper

Cara memasang wallpaper
Pinterest
  1. Siapkan dinding. Pastikan dinding dalam kondisi yang baik dan bersih sebelum memasang wallpaper. Bersihkan dinding dari debu, kotoran, dan noda. Jika dinding rusak atau berlubang, perbaiki terlebih dahulu sebelum memasang wallpaper.
  2. Ukur dan potong wallpaper. Ukur ruangan dengan teliti untuk mengetahui berapa banyak wallpaper yang dibutuhkan. Potong wallpaper sesuai ukuran dengan gunting dan pastikan potongan cukup lebar dan panjang untuk menutupi dinding dengan sempurna.
  3. Pasang lem. Oleskan lem wallpaper pada bagian dinding yang akan ditempel dengan kuas atau rol. Pastikan untuk menutupi seluruh area dinding yang akan ditempel dengan wallpaper.
  4. Tempel wallpaper. Tempelkan potongan wallpaper ke dinding mulai dari atas dan perlahan-lahan ratakan ke bawah menggunakan sikat atau rol. Pastikan dipasang dengan rapi dan tidak ada gelembung udara di dalamnya. Pastikan juga pola wallpaper berjalan lurus dan sejajar dengan dinding.
  5. Potong dan rapikan. Gunting wallpaper pada bagian ujung atau sudut dinding yang tidak rata. Ratakan wallpaper dengan sikat atau rol agar tidak ada lipatan atau kerutan.
  6. Pasang wallpaper berikutnya. Setelah selesai memasang potongan wallpaper pertama, tempelkan potongan kedua bersebelahan dengan potongan pertama, dan lanjutkan proses pemasangan hingga seluruh dinding tertutup.
  7. Bersihkan wallpaper. Hapus lem yang keluar dari sisi wallpaper dengan kain lembut yang dibasahi dengan air. Hindari membersihkan wallpaper dengan air atau pembersih yang terlalu kuat.
Cara memasang wallpaper
Pinterest

Pemasangan wallpaper memiliki keuntungan tersendiri khususnya dari segi waktu.

Dibandingkan cat, pemasangan wallpaper terhitung lebih cepat prosesnya, terutama kita tidak perlu terganggu dengan bau cat yang belum kering.

Selain itu kita bisa dengan mudah mengkombinasikan berbagai warna atau motif di dalam satu ruangan. Meskipun begitu pastikan kombinasi warna dan motif dibuat selaras agar tampilan ruang tidak belebihan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan cara memasang wallpaper dengan efektif juga simple. Jangan lupa untuk memperhatikan juga instruksi pemasangan pada kemasan dan pastikan kita memiliki alat yang tepat untuk memasangnya dengan baik.

Percantik ruang dengan berbagai aksesori ruang seperti wallpaper . Selain itu, tidak ada salahnya percayakan keindahan ruang pada desainer profesional. Bersama kami di Interiordesign.id wujudkan impian hunian Anda di sini!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Friday, October 14 2022
Posted by Anisa Suci Rahmawati

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id