fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Desain Lampu LED Plafon Rumah Terbaik 2023

Posted by Nikho Asruri Monday, February 13 2023
Lampu LED Warna Warni

InteriorDesign.ID – Lampu LED (dioda elektroluminesensi) merupakan jenis lampu yang menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan pencahayaan. Mereka sangat efisien dalam hal energi dan umur panjang dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, seperti lampu incandescent atau lampu pijar.

Lampu ini terdiri dari sebuah chip semiconductor berfungsi memancarkan cahaya ketika arus listrik melewatinya. Chip diletakan dalam sebuah pelat pemantul cahaya yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pencahayaan yang dihasilkan.

Salah satu keuntungan utama dari lampu LED adalah efisiensi energi mereka. Mereka menggunakan hanya sekitar 10% dari energi yang digunakan oleh lampu incandescent untuk menghasilkan cahaya yang sama. Ini berarti bahwa lampu LED dapat mengurangi beban pada sistem kelistrikan dan membantu mengurangi emisi karbon.

Anda bisa menemukan lampu LED dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga dapat digunakan dalam berbagai ruangan ataupun bangunan seperti, iluminasi rumah, komersial, dan industri. Beberapa contohnya seperti lampu penerangan jalan, lampu plafon, lampu proyektor, hingga lampu indikator dalam peralatan elektronik.

Desain lampu LED untuk rumah saat ini sangat beragam, dari yang sederhana hingga yang kompleks. 

Baca Juga : Mengenal Lampu LED: Pengertian, Manfaat, Kekurangan

7  desain lampu LED Plafon Untuk Rumah Populer Trend di 2023

1. Lampu LED Gantung 

Ilustrasu lampu LED gantung di ruang tamu Sumber: Pinterest

Desain ini cocok ketika digunakan dalam ruangan seperti ruang tamu atau dapur karena menyediakan cahaya yang cukup untuk membantu dalam aktivitas sehari-hari.

Lampu LED gantung dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Beberapa desain populer seperti lampu gantung berbentuk lingkaran, persegi, atau bahkan bentuk unik.

Lampu LED gantung sering mengkombinasikan desain lampu kristal atau membuat desain unik berbentuk bunga, bintang dan sebagainya. 

2. Lampu LED Plafon 3D

Ilustrasi Lampu LED 3D Ruang Keluarga
Sumber: Pinterest

Lampu LED plafon 3D ditampilkan dengan bentuk 3 dimensi yang dapat memberikan kesan unik dan artistik pada plafon ruangan. Desain ini sangat cocok digunakan sebagai penerangan hias, seperti di ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan yang diinginkan untuk diberikan efek artistik.

Lampu LED banyak sekali variasinya mulai dari desain yang sederhana hingga yang kompleks dan canggih, dengan lampu dapat diatur intensitasnya, ada yang dapat digerakkan, dan bahkan dapat dihubungkan dengan aplikasi smartphone. Beberapa desain populer seperti bentuk geometris, bentuk floral, atau bahkan bentuk yang sangat unik dan kreatif.

3. Lampu LED Plafon Geometris

Ilustrasi Lampu LED geometris di kamar tidur
Sumber: Pinterest

Jenis lampu yang ditampilkan dengan bentuk geometris yang membuat lampu ini memiliki desain yang unik dan artistik. Desain ini sangat cocok digunakan sebagai penerangan tambahan dalam ruangan seperti koridor, ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan atau di luar rumah.

Bentuk desain yang populer seperti lingkaran, persegi, atau poligon yang dapat memberikan kesan artistik dan modern pada plafon ruangan.

4. Lampu LED Plafon Minimalis

Ilustrasi Penggunaan lampu LED lingkaran 
Sumber: Pinterest

Lampu LED minimalis memiliki desain yang lebih sederhana, seperti lingkaran, persegi atau bentuk lainnya yang sederhana namun tetap dengan tampilan elegan. Anda bisa menggunakan desain ini untuk tampilan ruang minimalis. 

5. Lampu LED Strip 

Sumber: Pinterest

Lampu LED Strip banyak digunakan untuk dekorasi kamar. Karena penempatan lampu yang strategis seperti di sudut plafon, di sela dinding yang memberikan kesan unik ketika menyala. 

Variasi warna lampu LED strip sangat beragam dan desain ini semakin modern, Anda bisa mengubah warna lampu menggunakan remote control atau aplikasi pada smartphone.

6. Lampu LED Plafon Rata

Sumber: Pinterest

Desain ini cocok untuk digunakan sebagai penerangan utama dalam ruangan, seperti di ruang tamu atau kamar tidur.

7. Lampu LED Plafon RGB 

Lampu LED plafon RGB jenis lampu yang dapat menghasilkan berbagai warna cahaya dengan menggabungkan tiga warna dasar merah, hijau, dan biru (RGB) dan memungkinkan untuk diatur sesuai dengan keinginan. 

Anda bisa mengatur warna yang disukai melalui remote control ataupun aplikasi yang terpasang di smartphone akan lebih flexible.

Setiap desain memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga pemilihan desain akan tergantung pada kebutuhan dan kondisi ruangan yang akan diterangi. Desain lampu LED plafon ini juga dianggap sebagai pilihan yang hemat energi dibanding dengan lampu incandescent atau lampu pijar yang lebih boros energi. Lampu LED juga memiliki umur panjang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan lampu lainnya, sehingga harus diganti lebih jarang.

Anda bisa memilih desain yang paling sesuai dengan konsep ruangan. Untuk inspirasi desain interior menarik lainnya kunjungi interiordesign.id. Semoga bermanfaat!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id