fbpx
Hello, Guest

7 Inspirasi Desain Balkon Kecil pada Rumah Mungil Anda dengan Efisien

Posted by Iqbal Mujahid Monday, March 13 2023
Desain Balkon Kecil

Interiordesign.id – Balkon merupakan salah satu bagian dari rumah yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai atau menikmati pemandangan. Terletak di luar ruangan, namun desain dan dekorasi yang tepat dapat membuat balkon menjadi tempat yang nyaman dan menarik. Terlebih lagi jika Anda memiliki balkon kecil pada rumah mungil Anda, maka memaksimalkan ruang balkon menjadi sangat penting.

7 Inspirasi Desain Balkon Kecil pada Rumah Mungil Anda dengan Efisien

Balkon kecil adalah area yang umumnya dimiliki oleh apartemen atau rumah dengan ukuran yang lebih kecil. Namun, meskipun ukurannya kecil, balkon dapat menjadi ruangan yang nyaman untuk bersantai atau menikmati pemandangan di sekitar.

Balkon kecil pada rumah mungil seringkali dianggap sebagai hal yang kurang penting, namun sebenarnya balkon yang indah dan fungsional dapat memberikan nilai tambah pada rumah Anda.

Meskipun ukurannya kecil, namun dengan desain yang tepat, balkon kecil pada rumah mungil dapat diubah menjadi tempat yang nyaman dan menarik. Berikut adalah 7 inspirasi desain balkon kecil pada rumah mungil Anda dengan efisien.

Baca Juga :

#1 Balkon Vertikal

Pinterest

Desain balkon kecil secara vertikal dapat menjadi alternatif yang tepat untuk memaksimalkan ruang pada balkon Anda. Dengan memanfaatkan dinding atau railing balkon, Anda dapat membuat taman vertikal atau tempat penyimpanan yang efisien.

Anda dapat membuat taman vertikal pada dinding atau railing balkon. Gunakan tanaman hias yang cocok dengan kondisi lingkungan balkon Anda dan pilih pot yang dapat digantung pada dinding atau railing balkon. Taman vertikal dapat memberikan kesan segar dan alami pada balkon kecil Anda.

Selain sebagai taman vertikal, dinding dan railing balkon juga dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Anda dapat memasang rak kayu atau rak besi pada dinding balkon sebagai tempat penyimpanan peralatan kebun atau aksesori dekorasi balkon Anda.

#2 Desain Balkon Kecil dengan Meja dan Kursi Bar

Pinterest

Untuk mendesain balkon kecil dengan meja dan kursi bar, pertama-tama perlu dipilih ukuran meja dan kursi yang tepat. Hal ini penting untuk memaksimalkan penggunaan balkon, sekaligus menjaga kenyamanan dan fungsionalitasnya.

Selain itu, bahan meja dan kursi juga harus dipilih yang tahan cuaca, sehingga balkon tetap terlihat cantik meskipun terpapar langsung dengan cuaca. Pilihan bahan yang tahan terhadap panas, hujan, dan angin seperti kayu yang telah dilapisi cat tahan cuaca, rotan sintetis atau baja ringan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pemilihan warna juga penting dalam mendesain balkon kecil. Gunakan warna-warna cerah seperti putih, kuning, hijau atau biru untuk memberikan kesan luas pada balkon Anda. Warna-warna cerah akan membuat balkon terlihat lebih segar dan menyenangkan.

Penambahan tanaman pada balkon kecil juga dapat memberikan kesan segar dan menyenangkan. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi cuaca dan balkon Anda. Tanaman yang ditanam pada balkon kecil tidak hanya dapat memperindah tampilannya, tetapi juga memberikan nuansa alami dan menyegarkan.

#3 Desain Balkon Kecil dengan Aksen Kayu

Pinterest

Jika Anda ingin memberikan sentuhan alami pada balkon Anda, desain balkon kecil dengan aksen kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat aplikasikan pada area seperti lantai, furnitur, dinding, dan pagar.

Desain balkon kecil dengan aksen kayu dapat memberikan kesan alami dan elegan pada balkon kecil Anda. Dengan memilih furnitur, lantai, dinding, dan pagar yang terbuat dari kayu, Anda dapat menciptakan suasana alami yang nyaman pada balkon kecil Anda.

Selain itu, kayu juga merupakan bahan yang tahan lama dan mudah dirawat sehingga cocok untuk digunakan pada balkon. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ide desain balkon kecil dengan aksen kayu pada rumah Anda.

#4 Dekorasi Kursi Gantung

Pinterest

Desain balkon kecil dengan dekorasi kursi gantung bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menciptakan suasana yang santai dan nyaman pada balkon kecil Anda.

Dengan memilih kursi gantung yang berkualitas, bantal dan selimut yang cocok, pencahayaan yang tepat, dan dekorasi tanaman yang indah, Anda bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan pada balkon kecil Anda.

Selain itu, tampilan aksen pada dinding balkon juga dapat memberikan kesan yang menarik pada desain balkon kecil Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ide desain balkon kecil dengan dekorasi kursi gantung pada rumah Anda.

#5 Tanaman Hias

Pinterest

Untuk desain balkon kecil dengan tanaman hias, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar balkon Anda terlihat menarik dan nyaman untuk dihuni. Pertama, pilihlah tanaman yang cocok untuk tumbuh di balkon, terutama jika balkon Anda hanya memiliki sedikit sinar matahari.

Beberapa contoh tanaman hias mini yang cocok untuk balkon kecil adalah kaktus mini, sukulen, dan anggrek mini. Selain itu, Anda juga dapat memilih tanaman hias gantung seperti bunga petunia, lobelia, atau asparagus.

Kedua, gunakan pot kecil yang sesuai dengan ukuran balkon Anda. Pot kecil akan memungkinkan Anda menempatkan beberapa jenis tanaman dalam satu balkon tanpa memakan banyak ruang. Selain itu, pot kecil juga dapat dipindahkan dengan mudah, sehingga Anda dapat mengatur ulang tampilan balkon Anda sesuai dengan keinginan.

Ketiga, atur tanaman dengan cantik untuk menciptakan tampilan yang menarik. Anda dapat menggunakan rak atau tirai untuk menampilkan tanaman hias gantung. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan tanaman dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Terakhir, gunakan dekorasi yang tepat untuk memberikan nuansa alami pada balkon Anda. Anda dapat menambahkan lampu hias, tirai, atau anyaman bambu untuk memberikan sentuhan dekorasi. Selain itu, bantal dan selimut juga dapat menambah kenyamanan pada furnitur.

#6 Desain Balkon Kecil dengan Sofa

Pinterest

Untuk menciptakan desain balkon kecil yang nyaman dengan sofa, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pilihlah sofa yang sesuai dengan ukuran balkon Anda. Jika balkon Anda kecil, pilihlah sofa atau kursi santai yang ukurannya tidak terlalu besar. Selain itu, pastikan sofa yang Anda pilih mudah dilipat dan disimpan saat tidak digunakan.

Kedua, pilihlah bahan sofa yang tahan terhadap cuaca. Karena sofa akan ditempatkan di luar ruangan, pastikan Anda memilih sofa yang terbuat dari bahan yang tahan terhadap cuaca seperti rotan sintetis atau logam berlapis powder coating. Bahan-bahan tersebut dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak akibat paparan sinar matahari dan hujan.

Ketiga, aturlah sofa dengan cantik. Susun sofa Anda dengan posisi yang tepat dan sesuai dengan ukuran balkon Anda. Anda dapat menempatkan sofa di sudut balkon atau menghadap ke arah pemandangan yang indah. Untuk memberikan sentuhan dekorasi, tambahkan beberapa bantal dan selimut yang nyaman.

Terakhir, tambahkan tanaman hias untuk memberikan nuansa segar pada balkon Anda. Pilihlah tanaman yang cocok untuk tumbuh di balkon seperti anggrek mini atau bunga krokot. Tempatkan tanaman di dekat sofa atau di sudut balkon yang kosong.

#7 Gunakan Dekorasi Tirai

Pinterest

Tirai penutup dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan desain balkon kecil yang lebih privat dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Untuk menciptakan desain balkon yang indah dengan tirai penutup, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

pilihlah tirai penutup yang sesuai dengan ukuran balkon Anda. Pastikan panjang dan lebar tirai penutup tidak terlalu besar atau kecil, sehingga dapat memberikan efek yang tepat pada desain balkon Anda.

pilihlah bahan tirai penutup yang tahan terhadap cuaca dan mudah dibersihkan. Bahan tirai outdoor seperti polyester atau cotton duck dapat menjadi pilihan yang tepat, karena bahan-bahan tersebut tahan terhadap cuaca dan mudah dibersihkan. Tambahkan furnitur pendukung atau tanaman hias untuk menambahkan fungsionalitas nuansa segar pada balkon Anda.

Tips Mendesain Balkon Kecil

Dengan mengikuti inspirasi desain balkon kecil pada rumah mungil di atas, Anda dapat mengubah balkon kecil Anda menjadi tempat yang nyaman dan menarik. Selain itu, terdapat beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam mendesain balkon kecil Anda.

1. Pertimbangkan ukuran furnitur.

Pertimbangkan ukuran furnitur yang akan Anda letakkan pada balkon kecil Anda. Pilih furnitur yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang.

2. Pilih warna cerah

Warna cerah dapat memberikan kesan lebih luas pada balkon kecil Anda. Pilih warna-warna seperti putih, krem, atau warna-warna pastel yang dapat memberikan kesan ceria pada balkon kecil Anda.

3. Manfaatkan dinding

Dinding dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menempelkan rak atau gantungan. Dengan memanfaatkan dinding, Anda dapat menghemat ruang pada balkon kecil Anda.

4. Gunakan tanaman hias

Tanaman hias dapat memberikan nuansa hijau yang menyegarkan pada balkon kecil Anda. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan balkon Anda.

5. Pertimbangkan keamanan

Pastikan balkon Anda aman untuk digunakan. Jangan menambahkan furnitur atau dekorasi yang dapat membahayakan keselamatan Anda dan orang lain.

Terkait:

Dengan mengikuti tips dan inspirasi desain balkon kecil pada rumah mungil di atas, Anda dapat mengubah balkon kecil Anda menjadi tempat yang nyaman dan menarik. Selain itu, dengan memaksimalkan ruang balkon kecil Anda, Anda dapat memberikan nilai tambah pada rumah Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasi dengan mengikuti tips dan inspirasi desain balkon kecil pada rumah mungil di atas, Anda dapat mengubah balkon kecil Anda menjadi tempat yang nyaman dan menarik. Selain itu, dengan memaksimalkan ruang balkon kecil Anda, Anda dapat memberikan nilai tambah pada rumah Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Temukan lebih banyak pilihan solusi desain balkon kecil pada rumah mungil Anda di Interiordesign.id. Hubungi segera disini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id