fbpx
Hello, Guest

7 Inspirasi Rumah Atap Pelana Modern Serta Kelebihannya

Posted by Mochamad Rezky Pradhana Sunday, January 29 2023
Inspirasi Rumah Atap Pelana Minimalis

Interior Design – Atap memiliki pengertian sebagai penutup suatu bangunan dari panasnya matahari dan dinginnya hujan. Bentuknya beragam, mulai dari datar, miring hingga bergelombang. Salah satu bentuk yang banyak digunakan saat ini, yaitu atap pelana modern. 

Atap pelana modern adalah sebuah atap yang berbentuk seperti pelana kuda. Disebut pelana kuda, karena memiliki dua sisi miring dengan kemiringan sekitar 35 derajat yang sangat mirip dengan salah satu bentuk pelana kuda. 

Baca Juga : Atap Pelana: Apa itu atap pelana, Kelebihan dan Kekurangan Serta Jenisnya

Kelebihan Atap Pelana Kuda 

Sumber : courtina.id

Atap pelana kuda merupakan salah satu atap yang memiliki bentuk paling sederhana. Atap ini hanya memiliki dua sisi miring. Dua sisi miring ini kemudian akan menciptakan ruangan di dalam plafon. Atap pelana modern akan memberikan kesan rumah yang modern dan lebih tinggi pada rumah Anda. Selain itu, atap pelana modern juga memiliki kelebihan lain. Berikut ini beberapa kelebihan lain dari atap pelana modern. 

1. Tidak Mudah Bocor

Atap pelana modern memiliki kemiringan sebesar 35 derajat. Hal ini tentu saja sangat membantu ketika hujan turun. Saat hujan turun, air langsung mengalir dari atap dan langsung jatuh ke tanah. Jadi, tidak ada genangan air di atap. Hal ini tentu saja mengurangi rembesan bocor yang terjadi di dalam rumah. 

2. Pemasangan Mudah

Salah satu kelebihan dari atap pelana adalah proses pemasangan yang cepat dan mudah. Anda hanya perlu menyesuaikan tingkat kemiringan atap ini. Anda dapat membuat atap pelana yang landai atau tinggi, tergantung kebutuhan Anda. 

Namun, Anda tetap perlu memperhatikan derajat kemiringan dari atap pelana ini. Jangan terlalu landai dan jangan terlalu tinggi untuk mencegah kebocoran. 

3. Ruangan menjadi Sejuk

Kelebihan lain daripada atap pelana modern adalah dapat membuat ruangan menjadi sejuk. Hal ini terjadi karena kemiringan yang dimiliki oleh atap pelana modern. Kemiringan atap ini mampu menyerap panas dengan baik. Hawa panas yang masuk dari atap pelana, akan terkunci di area plafon ini. Hal inilah yang membuat ruangan Anda terasa semakin sejuk. 

4. Hemat

Pemasangan yang mudah ternyata juga mampu menghemat pengeluaran Anda, lho! Selain itu, atap pelana modern juga dikatakan hemat karena hanya menggunakan sedikit bahan. Bahan-bahan material yang digunakan yaitu, baja ringan, rangka beton dan kayu. Bahan-bahan ini kemudian digunakan untuk membuat kuda-kuda atau rangka penyangga atap pelana modern. 

Inspirasi Desain Rumah Atap Pelana Modern

1. Atap Pelana Kotak

Sumber : angi.com

Rumah dengan atap pelana kotak atau sering disebut dengan box gable roof adalah salah satu desain rumah yang dapat Anda jadikan inspirasi, lho! Rumah dengan atap pelana kotak memiliki bentuk rumah yang standar namun perbedaaannya terletak pada ujung atap. Ujung atap pelana kotak memiliki tambahan kotak ditepiannya. 

2. Atap Pelana Silang

Sumber : civiconcepts.com

Desain rumah dengan atap pelana modern berikutnya adalah rumah dengan atap pelana silang atau sering disebut dengan cross gable roof. 

Atap pelana silang memiliki ciri khas, yaitu memiliki dua garis atap atau lebih yang kemudian berpotongan pada satu titik. Dua garis atap ini dibentuk sedemikian rupa agar saling berpotongan satu sama lain. 

Biasanya, rumah dengan atap pelana silang ini memiliki interior dan struktur ruangan yang lebih kompleks mengikuti bentuk atapnya. Bisa saja luas ruangan di dua sayap bisa berbeda satu sama lain. Bisa juga di desain dengan memiliki teras yang luas, namun garasi yang terhimpit. 

3. Atap Pelana Asimetris

Sumber : rooma.id

Desain rumah atap pelana berikutnya adalah atap pelana asimetris. Bentuknya yang tidak beraturan ini adalah ciri khas dari rumah model ini. Salah satu sisinya dibuat lebih panjang daripada sisi lainnya. Hal ini bertujuan agar rumah dapat memiliki ruangan yang banyak. 

Selain itu, atap pelana modern dengan model asimetris ini juga akan memberikan kesan modern dan minimalis pada rumah Anda. 

4. Dutch Gable Roof

Dutch Gable Roof atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan atap pelana Belanda merupakan kombinasi atnara atap pelana dan atap perisai. Rumah dengan model atap dutch gable roof ini mampu menyediakan ruangan penyimpanan tambahan. 

Ruangan penyimpanan tambahan ini akan diletakkan pada loteng bangunan.Rumah model dutch gable roof ini dapat memiliki loteng sebanyak 3-4 ruangan di setiap sisi atap rumahnya. Hal inilah yang menjadi kelebihan utama dari rumah dutch gable roof. 

4. Rumah Bertingkat

Sumber : alacasa.id

Atap pelana juga cocok untuk rumah bertingkat, baik rumah bertingkat dua atau rumah bertingkat tiga. Biasanya, rumah bertingkat akan dirancang dengan banyak jendela atau dapat pula ditambahkan dengan balkon. Atap pelana akan memperindah rumah dengan desain ini. 

Apalagi jika ditambahkan dengan teras dan juga pagar yang mengelilingi rumah. Maka, rumah Anda akan terlihat semakin modern dan juga estetik

5. Atap Pelana dengan Tambahan

Sumber : rooma.id

Anda juga dapat memodifikasi atap pelana, lho! Anda dapat menambahkanatap serambi atau beberapa jenis atap lainnya pada atap pelana ini. Tujuannya adalah untuk memperluas dan menambahkan area depan rumah . 

Selain itu Anda juga dapat menambahkan shedbox di sisi samping, overstek pada sisi depan rumah atau balkon berpagar kaca pada bagian atap. Dengan adanya penambahan ini, rumah Anda akan terlihat lebih modern 

6. Open Space

Sumber : jawapos.com

Inspirasi desain rumah atap pelana modern yang terakhir adalah rumah open space. Rumah dengan konsep ini diminati karena penggunaan listrik yang hemat. Atap pelana modern jenis ini memakai dinding kaca yang transparan. 

Dinding kaca transparan ini dapat membantu mempermudah pencahayaan dalam rumah, sehingga menghemat penggunaan listrik. Anda dapat menggunakan tirai warna putih untuk menutupi dinding kaca, agar cahaya matahari tetap dapat masuk ke ruangan. 

Nah, itulah tujuh inspirasi desain rumah dengan atap pelana modern yang dapat Anda jadikan referensi untuk merancang rumah Anda. Penggunaan atap pelana modern ini dapat memberikan kesan minimalis, modern, mewah, sederhana dan unik. Kesan yang akan muncul ini berkaitan erat dengan model desain rumah Anda. Jadi, pilihlah atap pelana modern yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id