fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 PIilihan Jenis Genteng Terpopuler di Indonesia 2022

Jenis Genteng untuk Hunian Rumah

Interior Design – Genteng sebagai pelidung atap terbaik tidak bisa dipilih sembarangan. Anda harus berhati-hati dalam memilih, pastikan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum membelinya. Karena ada banyak jenis genteng yang tersedia, maka pilihlah genteng yang sesuai dengan kebutuhan. 

Rekomendasi Jenis Genteng Populer 2022 

Genteng rusak sedikit saja bisa mengakibatkan bocor yang nantinya akan merusak lapisan plafon dan membuat air masuk ke dalam rumah, akibatnya bisa merusak furniture yang ada. Karena itulah, berikut ini deretan rekomendasi jenis genteng populer 2022 yang pastinya awet dan bisa Anda gunakan pada hunian di rumah. 

1. Genteng Keramik 

Meskipun namanya keramik, genteng satu ini dibuat menggunakan tanah liat yang sudah diberi lapisan pewarna glatzur. Kelebihan genteng satu ini tahan lama dan kuat menahan berat badan manusia. 

Namun, untuk menghindari kebocoroan Anda harus memasangnya secara teliti dan kemiringannya harus minimal 30 derajat untuk air mengalir sempurna. Dalam pemasangannya membutuhkan baut agar lebih kuat. 

2. Genteng Tanah Liat 

sc:pyramidroofingkc.com

Menjadi jenis genteng paling populer yang bisa Anda temukan di mana saja. Kebanyakan orang Indonesia menggunakan genteng tanah liat karena harganya yang ekonomis dan berbobot ringan namun cukup kuat untuk diinjak manusia sehingga memudahkan proses perbaikan genteng jika bocor. 

Untuk menggunakan genteng ini perlu ketelitian lebih agar tidak bocor, Anda bisa menggunakan pola zig-zag sistem sambungan unlock. Sayangnya, genteng ini rentan terhadap lumur dan njamur sehingga bisa dilapisi cat atau glasur untuk antisipasinya. 

3. Genteng Metal / Logam 

Sc: pinterest 

Jenis genteng satu ini terbuat dari lembaran metal yang di press dan membentuk pola seperti genteng. Memiliki bobot yang ringan, mudah dipasang, berlapis bahan anti karat, terbuat dari material anti pecah, dan anti lumut. 

Sayangnya genteng satu ini mudah menyerap panas dan tidak bisa meredam suara air hujan. Sangat tidak cocok bagi Anda yang tidak tahan panas dan membutuhkan ketenangan di rumah. Belum lagi tampilannya kurang menarik jika asal pasang. 

4. Genteng Kaca 

Sc: vrijetijdshuis.nl

Jenis genteng satu ini juga populer digunakan. Sayangnya, genteng ini tidak bisa digunakan pada seluruh atap karena bisa membuat penghuni tidak nyaman. Anda bisa menggunakannya di ruang-ruang yang memang membutuhkan sinar cahaya untuk masuk. 

Namun sayangnya perawatannya cukup rumit dengan resiko kerusakan tinggi. Jika pecah atau rusak bisa membahayakan penghuni rumah, belum lagi sulit untuk mengatur intesitas cahaya matahari yang masuk rumah. 

5. Genteng Beton 

Sc: toplineroofing.com

Untuk hunian yang menerapkan suasana classy, minimalis, dan klasik, maka genteng ini cocok untuk diterapkan. Memiliki banyak model, mulai dari gelombang hingga datar. Belum lagi sifatnya yang tahan cuaca, api, dan tahan serang sehingga keawetannya sudah teruji. 

Sayangnya genteng ini bobotnya cukup berat sehingga butuh pondasi kerangka yang kuat. Harganya juga lebih mahal ketimbang genteng dari tanah liat. 

6. Genteng Aspal 

Sc: taylormaderoofingllc.com

Termasuk jenis genteng atap terbaik karena lebih lentur, kuat, tahan api, dan bisa digunakan hampir pada semua jenis rangka atap. Anti bocor juga karena bentuknya yang berlapis dan lebar. Modelnya simpel sehingga cocok untuk rumah minimalis. 

Namun harga genteng satu ini cukup mahal dan pemasangannya cukup rumit. Jika terjadi kerusakan maka membutuhkan tenaga profesional untuk memperbaikinya. Memasangnya juga tidak bisa sembarangan dan membutuhkan tenaga profesional. 

7. Genteng Asbes 

Mesikipun tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan karena partikel serat asbes yang mudah terlepas dan terhirup oleh manusia, namun jenis genteng satu ini sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia karena harganya yang murah dan ringan untuk dipasang. 

Namun jenis genteng satu ini hanya cocok digunakan sebagai genteng sementara karena mudah pecah dan terlepas, tidak tahan panas dan membuat rumah terasa lebih panas. Sehingga banyak yang menggunakannya bukan untuk bagian utama rumah. 

Itulah jenis-jenis genteng atap terpopuler di Indonesia yang bisa Anda pilih berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Jangan lupa untuk memilih genteng yang memang sesuai kebutuhan dan budget Anda. 

Maksimalkan budget dan dapatkan genteng terbaik untuk hunian Anda bersama InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan genteng terbaik dan yang cocok tanpa menghilangkan kesan estetik untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id