fbpx

9 Prinsip Hunian Berkonsep Zen untuk Usir Rasa Cemas

Posted by Angelina Wednesday, March 17 2021
desain interior zen

Zen adalah cara hidup dan pencarian pribadi, yang diurai menjadi makna tentang meningkatkan kesederhanaan ke dalam bentuk seni.

Interiordesign.id – Memiliki hunian yang bisa memberikan efek relaksasi adalah hal yang sangat penting di masa sekarang. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menerapkan konsep desain Zen.

Zen interior design adalah salah satu representasi terbaik dari konsep interior minimalis. Setiap elemen dari ruang Zen, mulai dari warna hingga model furniturnya, sengaja dirancang untuk memberikan kesan sederhana sekaligus elegan dan anggun.

Jepang, sebagai pionir dari konsep desain ini, berhasil mengembangkan konsep ‘kecantikan’ melalui kesederhanaan dengan hanya memprioritaskan elemen penting, bukan pada dekorasi tambahan.

Namun kesederhanaan menurut konsep ini bisa berarti lebih kompleks dari sudut pandang desain. Hal ini membuat banyak elemen desain atau ruang perlu dipertimbangkan meskipun kesederhanaan diutamakan.

Prinsip-Prinsip Penting dalam Desain Zen

Berikut adalah 9 prinsip penting dalam konsep desain Zen:

Ruang yang Terbuka

Desain ruang Zen menekankan “pengaturan energi bebas”. Dengan kata lain, ruangan biasanya sangat terbuka untuk memungkinkan gerakan dan aliran yang tidak terbatas untuk bisa masuk ke sana.

interior zen
Ruangan dengan banyak bukaan. ~ via pinterest

Untuk mendapatkan nuansa seperti ini, salah satu hal mudah yang dapat dilakukan adalah dengan menghilangkan hiasan dinding, tirai, dan berbagai perlengkapan lain di sekitar ruangan, yang akan mengalihkan perhatian atau menghalangi pengguna. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada ‘kekacauan’ yang dapat mengalihkan perhatian setiap pengguna ruang untuk ‘me-rileks-kan’ diri.

Pencahayaan Alami

zen design interior
Cahaya alami masuk melalui bukaan. ~ via pinterest

Pencahayaan alami adalah jenis pencahayaan terbaik karena beberapa alasan.

Pertama, Zen tidak mendukung penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan. Memiliki terlalu banyak lampu dan perlengkapan pencahayaan langit-langit bertentangan dengan filosofi ini. Kedua, desain Zen fokus pada integrasi elemen alami dengan ruangan. Ketiga, penggunaan serangkaian lampu neon yang terang dapat merusak vibe rileks.

Maka dari itu, memiliki banyak jendela dan pintu kaca tanpa tirai yang memblokir cahaya, sangat disarankan.

Ruang Penyimpanan yang Rapi

Ruang penyimpanan sangat penting untuk mempertahankan vibe Zen pada hunian. Menghilangkan ‘kekacauan’ adalah salah satu karakteristik yang harus ada pada dekorasi Zen.

Penting untuk mencegah barang-barang yang tidak sedang digunakan tergeletak pada lantai ataupun meja. Ruang penyimpanan seperti kabinet, laci, dan rak dapat dimanfaatkan untuk menghindari hal tersebut.

Penggunaan Material Alami

desain interior zen
Pemilihan material zen. ~ via pinterest

Orang-orang Jepang percaya bahwa kedamaian dan ketenangan dapat didapatkan dari alam. Penggunaan material alami sebagai bahan furniture dan juga dekorasi dianggap bisa membawa harmoni ke dalam setiap hunian.

Beberapa contoh material alami seperti kayu, batu, dan bambu dapat menjadi pilihan yang paling cocok untuk diaplikasikan ke dalam desain Zen.

Zen membentuk hunian jadi tempat bersantai yang bersifat kontemplatif dan seimbang secara visual, sekaligus menarik.

Penggunaan Elektronik yang Seminimal Mungkin

Penggunaan barang elektronik dinilai dapat mengacaukan kesan natural pada ruang Zen. Sedangkan kehidupan di masa sekarang tidak luput dari hadirnya beragam barang elektronik. Hal ini sebenarnya tidak harus membuat kita jadi membatasi diri dari memiliki barang tersebut. Hanya saja penggunaannya disarankan seminimal dengan alat elektronik yang sifatnya benar-benar penting. Ini dilakukan untuk mencegah hilangnya ketenangan yang tercipta di dalam interior bergaya zen.

Bernuansa Earth Tone

Penggunaan warna earth tone. ~ via pinterest

Pilihan warna dalam desain Zen yang cenderung sering digunakan adalah warna bernuansa earth tone, seperti beige, abu-abu, dan juga putih. Warna-warna terang dan atau mencolok sangatlah tidak disarankan. Namun sedikit unsur terang tetap diperbolehkan penggunaannya untuk menciptakan sentuhan artistik dan memenuhi kebutuhan estetika.

Di samping itu, penggunaan pola yang berlebihan pada perabot atau karpet tidak disarankan dalam konsep interior ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah rusaknya suasana minimalis pada ruangan.

Penggunaan Tanaman Hijau

Keberadaan tanaman hijau menjadi pelengkap yang memaksimalkan kesan natural dalam interior Zen. Beberapa tanaman yang dipakai biasanya adalah yang mudah dirawat seperti bonsai, bambu, atau dandang gendis.

Perabot dan Peralatan Minimalis

Furniture desain zen. ~ via pinterest

Sebagian besar perabot dan peralatan bergaya zen memiliki desain yang minimalis dan tidak terlalu rumit. Perlengkapan-perlengkapan ini sengaja dirancang sesuai fungsinya tanpa ada dekorasi tambahan yang tidak begitu penting. Meski begitu, perabot ini tetap memiliki kadar estetika yang baik.

Dekorasi yang Artistik

Kesederhanaan yang menjadi karakteristik desain interior Zen tidak membuatnya miskin akan dekorasi. Dekorasi-dekorasi seperti patung atau bunga bisa menciptakan kesan ruang zen terasa lebih hidup. Dekorasi artistik lain seperti lilin pun bisa membantu menghidupkan suasana damai dan tenang untuk tujuan meditasi. Selain itu, lilin beraroma atau aromatherapy diffuser juga bisa digunakan untuk relaksasi.

desain interior zen
Zen meditative bonsai aroma diffuser decoration. ~ via urban mood

Di tengah hiruk pikuk era globalisasi dengan kehidupannya yang kompleks, di mana kesehatan fisik dan mental harus diperhatikan, gaya hidup Zen adalah pilihan yang patut untuk dicoba.

Rasa cemas dan stres yang melanda, melahirkan kebutuhan akan sebuah hunian yang dapat merelaksasi tubuh dan jiwa setiap penghuninya. Elemen-elemen alam yang mengalir di dalam rumah, mampu melahirkan nuansa tenang dan damai yang dibutuhkan tubuh.

Kesimpulannya, desain rumah yang baik tidak hanya harus indah secara visual, tetapi juga membawa dampak positif bagi penghuninya. Desain yang tepat membawa penghuninya untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Zen bisa membimbing dan menghindarkan kita dari gaya hidup yang tidak sehat. Ini menjadi bukti bahwa wujud dan desain rumah sangat bisa mempengaruhi kualitas hidup penghuninya.


ANGELINA
Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya.
A passionate learner, who love to keep herself challenged and try new adventure.


Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×