fbpx
Hello, Guest

Begini Cara Pasang Pintu Kamar Mandi Tanpa Tukang, Mudah dilakukan Sendiri!

pintu kamar mandi

InteriorDesign.id – Cara pasang pintu kamar mandi sebenarnya tidak sulit, hanya perlu sedikit ketelitian dan kesabaran untuk memasangnya. Kamar mandi merupakan area yang rawan jika pintu rusak, maka upayakan agar pemasangannya juga baik dan benar agar pintu bisa digunakan dengan baik. 

Akses kamar mandi sangat vital karena di area tersebut akan ada penghuni rumah yang menggunakan toilet dan pembersihan diri. Oleh sebab itu pintu sangat penting untuk ruang ini. Jika Anda tak ingin membuang biaya untuk pemasangan pintu kamar mandi, sebaiknya perhatikan tutorial berikut:

Tutorial memasang Pintu Kamar Mandi

1. Cara pasang pintu kamar mandi PVC

Source: Pexels Curtis Adams

Memasang pintu kamar mandi PVC harus hati-hati, karena jika salah teknik bisa menghancurkan permukaan plastik terutama saat memasang kusen yang juga berbahan PVC. Maka Anda perlu bahan-bahan berikut seperti:

  • Bor
  • Spidol atau pensil untuk penanda.
  • Paku
  • Fisher
  • Kayu batangan yang sesuai dengan celah kusen PVC.
  • Meteran
  • Tali tambang tipis
  • Palu
  • Pintu dan kusen bahan PVC

Tutorial dan langkah-langkahnya:

Langkah-1: Sesuaikan ukuran panjang batang kayu dengan celah kusen PVC, masukan ke dalam celah kusen untuk mencocokannya. Upayakan agar kayu jangan terlalu mepet atau pas dengan ukuran lubang celah kusen PVC.

Langkah-2: Jika kayu sudah berhasil dimasukan dan dengan mudah bisa digeser, masukan kayu ke dalamnya dan susun seperti halnya kusen yang utuh ke dinding akses kamar mandi. 

Langkah -3: Jangan paku terlebih dahulu atau jangan pasang perekat apapun, hanya untuk menyesuaikan dan memastikan ukuran (ngepas). Jika posisinya sudah benar dan ideal, tanpa harus Anda pegang kusen bisa berdiri di tembok seolah melekat pada posisinya.

Langkah – 4: Kemudian ambil bor ukuran paku 10 untuk melubangi kusen kamar mandi. Lubangi kusen dengan bor secara perlahan tak perlu terlalu dalam, cukup untuk melubangi kusen plastik dan menembus kayu sampai ke permukaan terluar dinding. 

Langkah- 5: Lepaskan kusen pintu kamar mandi PVC, lalu tandai dinding yang terkena bor tadi dengan spidol atau pensil. 

Langkah – 6: Setelah dinding yang akan ditempeli kusen ditandai, Anda bisa mengambil bor beton kemudian lubangi area yang sudah ditandai spidol.

Langkah – 7: Pasang fisher ke bagian dinding yang sudah dilubangi bor. Gunakan palu agar fisher terpasang dengan sempurna ke dalam tembok. 

Langkah-8: Setelah fisher terpasang, Anda bisa install kembali kusen PVC dengan sekrup. Pastikan sekrup menempel sempurna pada plafon pvc, menembus kayu dan cocok dengan lubang fisher. 

Langkah-9: Setelah kusen terpasang dengan sempurna, Anda bisa mencoba pintu kamar mandi PVC dengan mencocokan tanpa harus memasang engsel terlebih dahulu. Pastikan kusen tidak terlalu tinggi atau terlalu pendek dan bisa lurus sejajar dengan dinding dan bisa dikunci.

Langkah-10: Jika sudah pas, Anda bisa memasang engselnya. Ukur terlebih dahulu dari bagian terbawah kusen (dari lantai ke bagian atas) setinggi 20 cm dan dari bagian teratas kusen juga 20 cm ke bawah. Tandai kedua bagian. Pada titik itulah Engsel dipasang. 

Langkah-11: Tandai pula dari titik terbawah pintu 20 cm dan titik teratas 20 cm kebawah, upayakan agar engsel kusen sejajar dengan engsel pintu. Jika sudah yakin bahwa engsel sejajar, Anda bisa pasang engsel dengan bor dan baut. Pasang ke bagian kusen maupun pintu dengan hati-hati. Mintalah bantuan seseorang jika harus memegangkan pintunya terutama saat menginstal bagian kusen agar engsel tidak mekar.

Langkah-12: Pasang bonggol pintu dengan bor di kedua sisi.

Pada pemasangan yang telah kami tunjukan ini khusus untuk dinding kamar mandi yang sudah matang. Artinya celah dinding untuk yang dipasangi pintu sudah kering semennya dan tidak perlu menambal lagi saat pemasangan kusen. 

2. Cara Pasang Pintu Kamar Mandi Aluminium

Source: Freepik

Saat memasang pintu kamar mandi berbahan aluminum, sebaiknya jangan dulu mematangkan bentuk dan ukuran dinding yang akan menjadi sandaran kusen. Artinya celah dinding yang dibuat untuk pintu jangan dulu dibuat rata, jika bata masih terlihat di dinding tidak apa-apa karena aluminium akan lebih baik bila melekat pada semen basah.

Pada tahap awal Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti:

  • Campuran semen dan pasir.
  • Ember semen.
  • Sekop pengaduk semen 
  • Aplikator semen atau sendok semen untuk meratakan agar lurus.
  • Benang untuk menjadi patokan batas semen.
  • Paku berukuran besar
  • Pintu dan kusen kamar mandi bahan aluminium
  • Batu bata
  • Bor
  • Palu
  • Keramik dinding.

Langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk menginstal pintu kamra mandi aluminium adalah:

  1. Berdirikan kusen pintu kamar mandi di bagian celah tembok yang akan menjadi tempat dipasangnya pintu aluminum kamar mandi.
  2. Beridirkan pada posisi yang tepat, lalu Anda bisa meminta tolong seseorang untuk pertahankan posisinya agar tidak miring. 
  3. Ambil benang dan paku, buat patok-patok dengan paku pada bagian lantai dan siku atas berdasarkan ukuran pintu. Lalu kaitkan benang ke paku bawah dan keatas. begitu juga dengan benang vertikal pada bagian dinding atas. Benang inilah yang nanti menjadi patokan untuk ukuran dinding yang menjadi sandaran kusen.
  4. Pasang dinding terlebih dahulu, gunakan susunan bata jika diperlukan.
  5. Rapikan bagian dinding dengan semen dan kayu (agar rata). Kemudian tunggu sekitar 30 menit.
  6. Angkat kusen aluminium yang sudah ada pengaitnya, lalu pasang kusen ke dinding yang semennya masih basah dengan cara disandarkan terlebih dahulu. Kemudian sendok semen yang masih basah (singkirkan sedikit) pada titik-titik yang akan dipasangkan pengait kusen. 
  7. Jika kondisi dinding sudah kering mengeras, pasang pengait kusen pada dinding dengan paku manual (tanpa mesin tembak). Kemudian pada dinding yang pada kondisi kering 70% Anda bisa melubangi dindingnya dengan bor secara satu persatu. Pastikan lubangnya sejajar dengan pengait nantinya. 
  8. Pasang lubang dengan fisher dan pasang baut ke bagian pengait, kemudian satukan pengait dengan fisher yang sudah terpasang pada dinding agar kusen menempel. Gunakan bor pada tahap ini.
  9. Tutup bagian pengait kusen yang sudah tertanam pada dinding dengan semen. Pastikan bagian pengaitnya tertanam dengan baik. Ratakan semennya hingga rapi tanpa celah.
  10. Tandai kusen dengan spidol kemudian lubangi dengan cutter untuk memasang mortise pintu. Kemudian pasang mortise dengan bor pada bagian kusen. 
  11. Ambil daun pintu lalu pasang engsel dengan bor. Pastikan jika pintu, engsel dan mortise sudah pas.
  12. Pasang keramik di area dinding hingga dinding yang menempelkan kusen.
  13. Lakukan finishing hingga rapi. 

Simpulan

Kedua bahan yang berbeda menunjukan implementasi yang berbeda pula. Kuncinya pengukuran dan penyesuaian antara engsel, mortise, dan lubang bor. Untuk pemula segala proses ini mungkin akan menyita banyak waktu karena bongkar pasang area yang tidak sesuai. 

Tapi jika Anda ingin semua dikerjakan dengan baik oleh tenaga ahli, silakan menghubungi interiordesign.id yang mampu menginstal segala jenis pintu kamar mandi. Pintu kayu atau kaca yang lebih modern bisa terpasang dengan sempurna di rumah Anda tanpa cacat. 

Baca selanjutnya

Model Pintu Rumah
5 days ago
Posted by Fadhil Rahman
Pintu PVC
Friday, February 3 2023
Posted by Nikho Asruri

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id