fbpx
Hello, Guest

Begini Cara Pasang Plafon Kalsiboard, Pemula Juga Bisa!

Posted by Nikho Asruri Tuesday, January 31 2023
Ilustrasi model plafon kalsiboard

InteriorDesign.id– Plafon kalsiboard adalah material pelapis langit-langit rumah yang terbuat dari campuran pasir silika, semen, dan serat selulosa. Campuran tersebut diproses secara bersamaan dan dikeringkan dalam suhu dan tekanan yang sangat tinggi atau disebut dengan autoclaving.

Plafon kalsiboard banyak digunakan karena memiliki berbagai kelebihan. Terutama pada kekuatan materialnya yang diimbangi dengan kelenturan. Cara pasang plafon kalsiboard juga lebih cepat dan bisa dipasang dengan menggunakan besi berongga atau kayu.

Pemasangan kalsiboard juga dikenal sangat mudah dan dapat menghemat waktu pengerjaan dibanding material lain. Untuk mengatur ukurannya, material kalsiboard harus dipotong atau dilubangi untuk menyesuaikan dengan bentuk diinginkan. Cara melubangi kalsiboard sangat mudah dan juga dapat dikerjakan dalam waktu singkat.

Sebelum anda memulai untuk memasang plafon kalsiboard, sebaiknya Anda harus mengetahui peralatan yang diperlukan. Berikut peralatan, bahan, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk melubangi plafon kalsiboard:

Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Pasang Plafon Kalsiboard

  1. Jangka palu
  2. Palu
  3. Pisau cutter
  4. Ampelas
  5. Lem 
  6. Balok penguat
  7. Cat atau bahan pelapis lain

Langkah-langkah Melubangi Plafon Kalsiboard

Plafon kalsiboard

Pemotongan dan memberi lubang pada plafon kalsiboard diperlukan untuk mengubah bentuk dan ukuran agar sesuai dengan desainnya. Anda juga perlu memberi lubang untuk membuat pola berbentuk lingkaran yang menjadi tempat pemasangan kap lampu, kipas angin, dan lain-lain.

Setelah Anda menyiapkan seluruh bahannya, maka Anda perlu melubangi papan kalsiboard dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunakan jangka paku untuk membuat goresan melingkar sebanyak 4-5 kali putaran. Buat diameternya sesuai dengan lubang diinginkan. Jangka paku ini juga bisa dibuat sendiri.
  2. Buatlah garis diagonal menggunakan cutter dengan melewati pusat lingkaran. Buat goresan garis ini agak dalam dan tebal.
  3. Setelah itu, pukul kalsiboard tepat pada daerah yang ingin dilubangi menggunakan palu. Lakukanlah secara perlahan. Jangan sekuat tenaga, karena kalsiboard bisa rusak.
  4. Terakhir, ampelas bagian tepi lubang untuk menghaluskannya.

Setelah anda melubangi plafon kalsiboard, Anda bisa memasang plafon kalsiboard. Ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan, yakni:

Cara Pasang Plafon Kalsiboard

1. Tentukan Pembagian Area Kerja

Tentukan area mana saja yang akan dipasangi plafon kalsiboard serta bagian mana yang tidak perlu. Tidak usah dipasangi plafon untuk ruangan yang berpotensi menjadi area tambahan untuk kebutuhan baru demi menghindari pembongkaran nantinya. 

Contohnya adalah ruangan kosong di sebelah dapur atau ruang keluarga yang lokasinya di dekat ruang tamu. Kemudian ukurlah dimensi ruangan tersebut dalam dua variabel, yakni ukuran lebar permukaan dinding dan ketinggian dinding dari lantai ke plafon.

2. Memasang Rangka Plafon Kalsiboard

Rangka untuk pemasangan plafon kalsiboard biasanya dipasang dengan balok penguat setiap jarak 75 cm sampai 1 m. Rangka ini berfungsi untuk meneruskan beban material plafon ke dinding dan mencegah permukaan plafon dari lendutan. 

Tingkat ketebalan balok framing yang digunakan juga menentukan ketebalan dinding partisi yang bakal dibuat. Berikan selisih sekitar 2 cm untuk ketebalan dinding yang diperlukan sebab bahan kalsiboard umumnya tidak terlalu tebal. 

Misalnya, jika ketebalan dinding partisi yang diperlukan adalah 12 cm, maka Anda cukup memakai balok framing dengan ketebalan 10 cm.

3. Pemasangan Plafon Kalsiboard

Kalsiboard memiliki wujud berupa lembaran-lembaran tipis yang berbobot ringan. Untuk menyambung kalsiboard yang satu dengan lainnya, Anda perlu menggunakan lem khusus yang banyak tersedia di toko bangunan. 

Anda harus memastikan lem tersebut merekat sangat kuat saat menyambung kalsiboard. Hal tersebut dilakukan supaya ikatan yang terbentuk sangat kencang dan kalsiboard tersebut tidak mudah terlepas dari posisinya. Setelah Anda mengelem kalsiboard ini, jangan lupa juga untuk menekan permukaan sambungannya dengan kuat.

Setelah plafon kalsiboard selesai dipasang, Anda sebaiknya membersihkan sisa-sisa lem, khususnya yang telah mengenai permukaan bagian bawah plafon. Anda bisa menggunakan minyak tanah atau bensin untuk menghilangkan sisa-sisa lem tersebut dengan cepat. 

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengecat atau memberikan bahan pelapis lain ke permukaan plafon tersebut agar tampilannya semakin indah.

Harga Pemasangan Plafon Kalsiboard

Cara pasang plafon kalsiboard

Biaya pasang plafon per meter tergantung dari jenis, model, dan mereknya. Sistem pengerjaannya juga bisa harian atau borongan. 

Hitungan lain yang bisa jadi perhatian Anda adalah jasa bongkar plafon lama serta tingkat kesulitannya. Rata-rata harga pemasangan plafon per meter adalah Rp25.000 untuk kemudian dikalikan dengan jumlah lembaran plafon yang diperlukan. 

Plafon kalsiboard menjadi pilihan untuk Anda yang mencari plafon yang kokoh dengan pemasangan yang cepat. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

Baca selanjutnya

Tuesday, October 25 2022
Posted by Brenda Brilianita

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Linear-Baffle-Metal-Ceiling
Sunday, December 18 2022
Posted by Faris Abdurrachman Afza
ilustrasi plafon triplek
Monday, November 21 2022
Posted by Alyssa Lorenza Soetedjo
Rekomendasi Model Plafon PVC Terbaik
Friday, November 18 2022
Posted by Christoper Wibisono
plafon asbes
Friday, November 18 2022
Posted by Ega Putri Dwiyanti

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id