fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Begini Cara Pasang Plafon PVC, Lengkap dengan Tips Bagi Pemula!

Ilustrasi model plafon PVC

InteriorDesign.id – Plafon PVC adalah material pelapis langit-langit rumah yang terbuat dari PVC (polyvinyl chloride). Plafon PVC memiliki keunggulan, seperti proses pemasangan yang mudah. Bahkan Anda bisa memasangnya sendiri.

Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait cara pasang plafon PVC, Anda harus mengetahui bahan dan alat yang diperlukan untuk pemasangan plafon PVC. Anda juga perlu mengetahui biaya yang diperlukan jika memasang plafon PVC dengan bantuan tukang berpengalaman.

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui terkait cara pasang plafon PVC:

Bahan dan Peralatan untuk Pemasangan Plafon PVC

Bahan yang Anda perlukan tentu saja papan PVC, besi hollow 2 x 4 dan 4 x 4, paku beton, sekrup, lem silikon, dan list PVC.

Khusus untuk bahan-bahan yang kecil hingga sedang, Anda bisa meletakkannya di dalam kotak penyimpanan terlebih dahulu agar tidak tercampur atau berserakan. Dengan kondisi peralatan yang rapi,  Anda juga akan mudah melakukan cara pasang plafon PVC.

Selain bahan utama di atas, Anda juga harus mempersiapkan sejumlah peralatan agar cara pasang plafon PVC terlaksana dengan baik. Anda harus siapkan bor, mata bor untuk sekrup, pisau, cutter, gerinda, siku, meteran, serta palu.

Anda juga harus mempersiapkan tangga lipat yang berkualitas dan kokoh agar terhindar dari risiko terjatuh.

Cara Pasang Plafon PVC

Ikuti langkah mudah berikut untuk daapat memasang plafon PVC dengan mudah: 

1. Pasang Rangka Plafon PVC

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan penandaan ketinggian plafon. Sebaiknya tidak melebihi ring balok dikarenakan area tersebut merupakan area yang keras.

Anda bisa melakukan penandaan di sekeliling ruangan menggunakan waterpass selang agar rata. Sebaiknya, ketinggian plafon juga dibuat di atas 3 meter.

Setelah proses itu selesai, Anda bisa mulai memasang besi hollow ke dinding dengan menggunakan paku beton yang ukurannya telah disesuaikan menurut ukuran ruangan.

2. Cara Pasang Plafon PVC: Pasang List Profil PVC

Jika pemasangan rangka plafon PVC telah selesai, Anda bisa melanjutkan dengan menempelkan list. Anda perlu melakukan instalasi list pada bagian bawah rangka yang telah Anda buat sebelumnya menggunakan bor.

Anda bisa mulai pemasangan list pada sudut tembok secara berurutan hingga sekelilingnya terpasang, lalu potong bagian tertentu menggunakan mesin gerinda ataupun gergaji agar hasilnya rapi. Jika pemasangan plafon rapi, keindahan interior rumah pun juga jadi enak dipandang.

3. Cara Pasang Plafon PVC: Pasang Papan PVC

Setelah pemasangan list usai, Anda bisa melakukan penempelan papan. Cara memasangnya adalah, pasang satu lembar papan PVC pada salah satu pinggiran tembok menggunakan sekrup dan bor. Kemudian, masukkan bagian sisi papan ke dalam list PVC.

Setelah satu lembar papan PVC tersebut terpasang rapi, Anda bisa menyambung bagian lain menggunakan lembaran papan PVC hingga seluruh plafon tertutupi. Perlu dipastikan jika Anda memasang sekrup pada setiap lembar papan PVC sebelum melanjutkan ke lembaran berikutnya.

4. Cara Pasang Plafon PVC: Rapikan Sisa Sampah

Setelah selesai memasang plafon PVC, sebaiknya Anda juga harus merapikan sisa sampah. Anda bisa memisahkan antara sampah yang bisa terurai dan tidak bisa terurai.

Pastikan sisa sampah tersebut dibuang jauh dari jangkauan anak-anak. Hal tersebut dikarenakan potongan sisa PVC yang tersisa biasanya memiliki bagian yang tajam dan runcing.

Anda juga perlu menggunakan alas kaki dan pelindung tangan, baik saat memasang dan membersihkannya. 

Harga Pemasangan Plafon PVC

Biaya pasang plafon per meter tergantung dari jenis, model, dan mereknya. Sistem pengerjaannya juga bisa harian atau borongan. Ada juga yang menghitung biaya pemasangan plafon termasuk dengan rangka, list profil, hingga pengecatannya.

Hitungan lain yang jadi perhatian adalah jasa bongkar plafon lama serta tingkat kesulitannya. Rata-rata harga pemasangan plafon per meter persegi mencapai Rp150.000 hingga Rp350.000. Sedangkan biaya ongkos tukang mulai dari Rp100.000 per hari.

Melansir dari berbagai sumber, harga pemasangan plafon PVC untuk merek Shunda juga berkisar Rp150.000 hingga Rp350.000. Biaya tersebut bisa saja berbeda, tergantung pada model dan merek.

Sedangkan ongkos tukang untuk biaya pasang berkisar Rp50.000 per meter persegi untuk borongan dengan tukang yang berpengalaman.

Plafon PVC menjadi jenis plafon yang populer untuk rumah minimalis. Dengan beragam desain, perlu juga diperhatikan cara pasang plafon PVC karena bisa dipasang sendiri atau melalui tukang. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id