fbpx
Hello, Guest

6 Bentuk Teras Rumah Mulai Dari Terpopuler Hingga Terunik

Posted by Iqbal Mujahid Thursday, September 14 2023

Interiordesign.idTeras rumah adalah area terbuka yang terletak di sekitar rumah dan berfungsi sebagai tempat untuk bersantai, menikmati udara segar, dan terhubung dengan lingkungan sekitar. 

Teras merupakan elemen penting dalam desain rumah, karena selain memberikan fungsi praktis, teras juga memberikan nilai estetika yang signifikan pada tampilan keseluruhan rumah.

Salah satu manfaat utama dari memiliki teras rumah adalah sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati udara segar. 

Baca Juga: 5 Daftar Hiasan Teras Rumah Minimalis Populer

Teras dapat dijadikan area outdoor yang nyaman untuk duduk, beristirahat, atau berbincang-bincang bersama keluarga dan teman-teman. 

Dengan menjadikan teras sebagai ruang santai, kita dapat melarikan diri dari kepenatan sehari-hari dan menikmati momen yang tenang di luar ruangan.

Teras rumah dapat memiliki berbagai bentuk, tergantung pada gaya arsitektur, ukuran, dan preferensi pemilik rumah.

Maka dari itu, kita akan menyajikan beberapa bentuk teras rumah yang bisa Anda coba untuk menampilkan teras rumah yang tidak monoton.

6 Bentuk Teras Rumah Yang Unik Dan Tidak Membosankan

Berikut ini adalah beberapa list bentuk teras rumah yang bisa Anda coba langsung:

1. Teras Rumah Persegi

Sumber:Pinterest

Teras rumah persegi memiliki keunggulan dalam simetri dan keserasian desain. Dengan bentuk yang serba sisi, teras persegi memberikan tampilan yang teratur dan seimbang. Hal ini menciptakan kesan yang rapi dan harmonis pada tampilan rumah secara keseluruhan.

Karena memiliki bentuk yang teratur, teras persegi memudahkan penyusunan furnitur dan elemen dekorasi. 

Anda dapat dengan mudah menempatkan furnitur seperti meja, kursi, atau sofa secara simetris atau sesuai dengan penataan yang menyenangkan mata. 

Keuntungan ini memudahkan Anda untuk menciptakan tata letak teras yang indah dan nyaman.

Teras rumah persegi cenderung memberikan ruang yang luas dan serbaguna. Dengan ukuran yang hampir sama pada setiap sisi, teras persegi dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti makan di luar, bersantai, atau mengadakan acara keluarga.

2. Teras Rumah Memanjang Ke Samping

Sumber:Pinterets

Teras rumah yang memanjang ke samping cenderung memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan teras persegi. Bentuk teras ini memanjang sepanjang sisi rumah, dan panjangnya bisa disesuaikan dengan lebar lahan yang tersedia atau preferensi pemilik rumah. 

Dengan ukuran yang lebih luas, teras samping memberikan ruang yang cukup untuk beraktivitas dan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam pengaturan furnitur dan elemen dekorasi.

Teras samping yang memanjang memberikan banyak potensi penggunaan yang beragam. 

Anda dapat mengubahnya menjadi area makan terbuka dengan meja dan kursi, tempat untuk menanam tanaman hias atau kebun mini, atau bahkan sebagai ruang untuk berolahraga ringan atau bermain dengan anak-anak. 

Teras samping yang luas juga dapat digunakan untuk mengadakan acara keluarga atau sosialisasi dengan tetangga dan teman-teman.

Dalam merancang teras samping yang memanjang, Anda dapat memilih berbagai bahan dan elemen desain yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Misalnya, menggunakan lantai kayu, ubin, atau batu alam untuk memberikan tampilan yang menarik dan estetis pada teras.

3. Teras Rumah Letter L

Sumber:Pinterest

Teras rumah dengan bentuk “L” memanfaatkan ruang dengan efisien. Dengan membentuk sudut siku-siku, teras ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang di sudut rumah yang mungkin sebelumnya terabaikan. 

Anda dapat menciptakan ruang yang fungsional dan menarik di sudut rumah yang sebelumnya tidak terpakai.

Dalam teras rumah dengan bentuk “L”, Anda dapat mengatur zona atau fungsi yang berbeda di setiap bagian teras. 

Sebagai contoh, bagian teras yang lebih panjang dapat dijadikan sebagai area bersantai dengan meja dan kursi, sementara bagian teras yang lebih pendek dapat menjadi ruang untuk menanam tanaman hias atau membuat taman mini. 

Pengaturan zona ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan fungsionalitas teras sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Dalam teras rumah dengan bentuk “L”, sudut yang terbentuk dapat berfungsi sebagai penyekat angin atau sinar matahari. Anda dapat memanfaatkan bagian teras yang membentuk sudut siku-siku sebagai tempat berlindung dari angin atau sinar matahari yang terlalu kuat.

4. Teras Rumah Memanjang Ke Depan 

Sumber:Pinterest

Teras ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan jadi tempat privasi. Anda dapat menempatkan kursi atau bangku di teras depan untuk memberikan ruang duduk yang nyaman. 

Teras memanjang ke depan yang luas juga memberikan kesan ramah dan mengundang kenyaman untuk bersantai bagi Anda.

Teras yang memanjang ke depan dapat meningkatkan estetika fasad rumah. 

Dengan memanjangnya teras ke bagian depan, hal ini memberikan dimensi visual tambahan pada rumah. 

Anda dapat memilih bahan dan desain teras yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah untuk menciptakan keselarasan dan keindahan yang kohesif. 

Teras yang dirancang dengan baik dapat menjadi elemen penarik perhatian yang menyempurnakan tampilan keseluruhan rumah.

Teras memanjang ke depan memberikan ruang untuk berkreasi dan mengekspresikan gaya pribadi. 

Anda dapat menghias teras dengan tanaman hias, vas bunga, atau patung kecil untuk menambahkan sentuhan dekoratif yang sesuai dengan selera Anda. 

5. Teras bentuk Hexagonal

Sumber:Pinterest

Teras rumah dengan bentuk heksagonal memberikan kesan visual yang menarik dan tidak biasa. 

Dibandingkan dengan teras dengan bentuk persegi atau persegi panjang yang umum, teras heksagonal memiliki sudut-sudut yang lebih banyak dan berbeda. 

Hal ini menciptakan tampilan yang unik dan memberikan sentuhan estetika yang menonjol pada rumah Anda.

Bentuk heksagonal memberikan lebih banyak ruang daripada bentuk teras tradisional. Sudut-sudut yang lebar dan bentuk yang terbuka menciptakan ruang yang luas untuk duduk, beraktivitas, atau mengadakan pertemuan kecil dengan keluarga dan teman-teman. 

Anda dapat memanfaatkan ruang ini dengan menambahkan kursi atau sofa yang nyaman, meja kecil, atau elemen dekoratif lainnya.

Teras heksagonal memberikan tantangan dan kebebasan kreatif dalam mengatur furnitur dan elemen dekorasi. 

Misalnya, Anda dapat mengelompokkan kursi atau sofa di sekitar pusat teras atau menyusun furnitur mengikuti kontur heksagonal. 

Pengaturan furnitur yang menarik akan menambah daya tarik visual dan memberikan nuansa yang berbeda pada teras Anda.

6.  Teras Bentuk Setengah Lingkaran

Sumber:Pinterest

Teras rumah dengan bentuk setengah lingkaran memberikan tampilan yang elegan dan artistik pada rumah Anda.
Bentuk melengkung dan lengkungan setengah lingkaran menciptakan kesan yang lembut, mempesona, dan kurva yang indah. 

Teras ini memberikan sentuhan estetika yang unik dan menjadi titik fokus yang menarik pada tampilan keseluruhan rumah.

Bentuk setengah lingkaran pada teras memberikan ruang yang terbuka dan mengundang. Anda dapat memanfaatkan area luas di teras ini untuk meletakkan furnitur seperti kursi, sofa, atau meja. 

Ruang yang terbuka ini menciptakan kesan yang mengundang untuk duduk, bersantai, atau mengadakan pertemuan dengan keluarga dan teman-teman.

Teras dengan bentuk setengah lingkaran memberikan ruang untuk kreativitas dalam pengaturan furnitur dan elemen dekorasi. 

Anda dapat menyusun furnitur mengikuti lengkungan setengah lingkaran atau menempatkannya di tengah teras sebagai pusat perhatian.

Penutup

Berikut adalah beberapa list bentuk teras rumah yang bisa Anda coba di rumah agar tampilannya tidak membosankan.

Pilihan bentuk teras rumah sangatlah luas, dan Anda dapat mengkombinasikan beberapa bentuk teras sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. 

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti luas lahan, gaya arsitektur rumah, serta kegiatan yang ingin dilakukan di teras tersebut. 

Dengan perencanaan yang baik, teras rumah dapat menjadi ruang yang nyaman dan indah untuk menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman, serta menjalin hubungan yang lebih dekat dengan lingkungan sekitar. Selamat mencoba!!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
kamar tidur anak modern kontemporer
Friday, September 10 2021
Posted by Nikho Asruri

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id