fbpx
Hello, Guest

Cara Membersihkan Lantai Granit agar Tetap Mengkilap

Posted by Kumala Devanty Wednesday, November 1 2023

Interiordesign.id – Lantai granit adalah salah satu fitur interior yang elegan dan indah. Permukaan yang mengkilap dan tahan lama membuatnya menjadi pilihan yang populer di rumah-rumah modern. 

Namun, untuk menjaga keindahannya tetap mengkilap, perawatan yang tepat sangat penting. Dalam artikel ini, kami akan membagikan rahasia sukses dalam cara membersihkan lantai granit agar tetap mengkilap.

Solusi Mudah dan Efektif: Cara Membersihkan Lantai Granit

Lantai granit adalah salah satu jenis lantai yang populer dan sering digunakan dalam desain interior. Granit adalah batuan beku yang terbentuk dari kristal mineral yang padat dan kuat. Lantai granit memiliki daya tahan yang tinggi dan memberikan tampilan yang elegan dan mewah pada ruangan.

Keindahannya yang alami, daya tahan yang tinggi, dan kemampuannya untuk menghadapi lalu lintas yang sibuk membuatnya menjadi pilihan ideal untuk rumah atau ruangan komersial. Namun, untuk menjaga keindahannya tetap awet, perawatan yang tepat sangat penting.

Salah satu keunggulan lantai granit adalah keindahannya yang alami. Granit memiliki berbagai corak dan warna yang unik, mulai dari nuansa putih, abu-abu, hingga merah dan coklat. Setiap potongan granit memiliki pola yang berbeda-beda, menjadikannya sebagai pilihan yang sempurna untuk menciptakan tampilan unik dalam ruangan.

Cara Membersihkan Lantai Granit

Berikut ini, kami telah merangkumkan untuk Anda bagaimana cara membersihkan lantai granit yang benar dan tepat. Simak di bawah ini:

1. Bersihkan Debu dan Kotoran Secara Rutin

Langkah pertama  dalam cara membersihkan lantai granit yang harus dilakukan adalah membersihkan debu dan kotoran secara rutin dari lantai granit Anda. 

cara membersihkan lantai granit dapat menggunakan sapu lembut atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang terakumulasi setiap hari. Pastikan Anda membersihkan sudut-sudut ruangan dan area di bawah perabotan yang sulit dijangkau.

2. Gunakan Sabun Netral atau Pembersih Khusus Lantai Granit

Untuk cara membersihkan lantai granit dari noda atau kotoran yang lebih menempel pada lantai granit, gunakan sabun netral atau pembersih khusus yang dirancang khusus untuk lantai granit. 

Pastikan Anda menghindari penggunaan pembersih berbasis asam atau beralkali yang dapat merusak permukaan granit. Campurkan pembersih dengan air hangat sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada label produk.

3. Gunakan Sikat atau Mop Lembut

Gunakan sikat atau mop lembut dengan bulu yang tidak kasar untuk cara membersihkan lantai granit. Hindari penggunaan sikat atau mop yang memiliki serat kasar atau bisa menggores permukaan granit. 

Gosok secara lembut permukaan lantai granit dengan gerakan melingkar atau maju-mundur. Pastikan untuk membersihkan seluruh permukaan lantai secara merata.

4. Hindari Cairan yang Bersifat Asam atau Beralkali

Sebagai langkah pencegahan, hindari penggunaan cairan yang bersifat asam atau beralkali pada lantai granit. 

Cairan seperti cuka, pemutih, atau pembersih dengan kandungan asam kuat dapat merusak dan menggores permukaan granit. Lebih baik menggunakan pembersih netral yang aman untuk cara membersihkan lantai granit.

5. Bersihkan Noda atau Tumpahan Secara Cepat

Jika ada noda atau tumpahan pada lantai granit, bersihkan dengan cepat untuk mencegah noda menempel dan sulit dihilangkan. Gunakan kain lembut atau tisu bersih untuk menyerap cairan yang tumpah. 

Hindari menggosok noda dengan keras karena dapat merusak permukaan granit. Setelah menyerap cairan, lap permukaan dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan pembersih netral.

6. Bilas dan Keringkan dengan Bersih

Setelah membersihkan lantai granit, pastikan untuk membilas sisa pembersih dengan air bersih. Gunakan kain lap atau mop bersih untuk mengeringkan lantai secara menyeluruh. Pastikan tidak ada air yang tertinggal di permukaan granit karena dapat meninggalkan noda air atau bekas keringat.

7. Gunakan Pelindung Permukaan dan Poles Secara Berkala

Untuk menjaga keindahan dan kilau alami lantai granit, gunakan pelindung permukaan dan lakukan poles secara berkala. Pelindung permukaan dapat membantu mencegah noda menempel dan mempermudah proses pembersihan. 

Poles secara berkala juga membantu memulihkan kilau granit yang mungkin hilang akibat penggunaan sehari-hari.

Dengan mengikuti solusi mudah dan efektif ini yaitu, cara membersihkan lantai granit, Anda dapat memastikan lantai granit tetap bersih dan mengkilap sepanjang waktu. 

Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur lantai granit dan menjaga penampilannya yang indah. Jadi, luangkan waktu secara rutin untuk merawat lantai granit Anda agar selalu terlihat cantik dan mengesankan bagi siapapun yang melihatnya.

Jika Anda mengalami kesulitan,  Interiordesign.id dapat membantu Anda dalam memilih pola lantai yang pas bagi rumah Anda. Segera hubungi disini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Ilustrasi Keramik Lantai Dapur Modern
Wednesday, December 21 2022
Posted by Nikho Asruri
Wednesday, November 9 2022
Posted by Arventho Marlyo

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id