fbpx
Hello, Guest

Bagaimana Cara Membersihkan Lantai vinyl yang Benar

Posted by Brenda Brilianita Thursday, December 22 2022
Cara Membersihkan Lantai Vinyl

InteriorDesign.ID – Lantai vinyl menjadi salah satu jenis lantai yang cukup banyak digunakan karena kelebihannya, seperti tahan lama dan waterproof. Meskipun mudah dalam membersihkan kotoran yang menempel, bahkan kotoran basah sekalipun. Namun bagaimana cara membersihkan lantai vinyl yang benar?

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan lantai vinyl. Mulai dari cara basic hingga menggunakan pembersih lantai vinyl, mari simak selengkapnya berikut ini. 

1. Cara membersihkan lantai vinyl: Sapu dan Vacuum 

Cara paling mudah untuk membersihkan lantai vinyl adalah dengan menyapu secara rutin. Menggunakan sapu untuk membersihkan lantai juga mampu meminimalisir tergoresnya lantai akibat gesekan yang terjadi. 

Meskipun tidak dianjurkan karena permukaan roda pada vacuum cleaner bisa membuat gesekan pada permukaan vinyl, namun saat ini sudah banyak alat vacuum tanpa roda dengan permukaan alat yang lembut sehingga masih aman digunakan untuk membersihkan lantai vinyl. 

Gunakan mode beater bar agar vacuum bisa bekerja secara maksimal dengan menyedot debu hiingga ke sudut-sudut yang tidak dapat dijangkau oleh sapu biasa. Sering menyapu juga untuk mencegah kotoran membandel menempel sehingga Anda tidak membutuhkan perawatan ekstra untuk membersihkannya. 

2. Cara membersihkan lantai vinyl: Lap Kering 

Jika ada tumpahan air di lantai vinyl maka Anda bisa langsung membersihkannya menggunakan lap atau kain pel kering. Jangan sampai lantai vinyl Anda menjadi terlalu basah karena bisa membuat permukaan lantai menjadi cepat berkerut dan memicu timbulnya jamur karena air yang marembes masuk ke dalam celah membuat lapisan vinyl jadi longgar dan bergelombang. 

3. Gunakan Minyak 

Minyak bisa Anda gunakan untuk membersihkan goresan pada lantai vinyl. Karena lantai satu ini memang lebih rentan dengan goresan sehingga Anda membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga penampilan dari lantai vinyl agar tetap menarik dan estetik. 

Goresan tersebut bisa Anda hilangkan dengan menuangkan minyak ke area yang terdapat goresan dan menggosoknya menggunakan kain dengan bahan yang halus dan lembut. Namun jika goresan terlalu dalam, maka cara terbaik adalah menggantinya dengan yang baru. 

4. Gunakan Pembersih Lantai Vinyl

Anda bisa menggunakan pembersih lantai vinyl komersil yang banyak dijual di pasaran. Namun pastikan untuk membeli pembersih yang memang aman digunakan paada lantai vinyl. Jangan memilih pembersih yang mengandung pemutih agar tidak merusak atau memudarkan warna lantai. Pastikan juga pembersih tidak mengikis atau melunturkan lantai. 

Kelebihan Lantai Vinyl

Itulah cara membersihkan lantai vinyl dengan benar yang bisa Anda coba di rumah. Meskipun membutuhkan perawatan khusus, namun secara keseluruhan cara membersihkannya cukup mudah bukan?

Bagi Anda yang masih bingung apakah akan menggunakan lantai vinyl atau tidak pada hunian Anda, maka sebaiknya simak kelebihan lantai vinyl di bawah ini. 

  • Pemasangan lantai satu ini cukup mudah, Anda hanya perlu merekatkan setiap potongannya ke lantai menggunakan lem. Namun pastikan untuk menempelnya saat lantai dalam keadaan kering agar tidak ada bagian yang bergelombang. 
  • Lantai vinyl memiliki banyak motif yang bisa Anda pilih. Mulai dari model kontemporer, vintage, kuno, minimalis, modern, hingga skandinavia. 
  • Lantai ini bisa bertahan lama dengan daya tahannya bisa mencapai 20 hingga 25 tahun lamanya. 
  • Kebal dengan pergantian cuaca baik sinar matahari dan cipratan air hujan, namun pastikan untuk membersihkannya ketika terkena air dan debu agar tidak mudah rusak. 
  • Permukaan halus dan nyaman ketika dipijak, hal ini dikarenakan lantai vinyl memiliki partikel yang lebih halus dibandingkan material dari lantai parket. Bagian bawahnya juga memiliki busa sehingga lebih nyaman untuk kaki. 

Itulah seputar lantai vinyl dan bagaimana cara membersihkan lantai vinyl dengan benar yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lantai agar tidak ada noda membandel yang sulit dibersihkan. 

Jangan lupa untuk tidak menggunakan bahan dan alat yang berbahaya bagi lantai vinyl agar lantai terlihat tetap halus, lembut, dan indah. Anda bisa menggunakan material vinylpada berbagai ruangan yang ada di rumah. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, hingga ruang makan. 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id