fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cara Menata Kamar Tidur yang Personal dan Aktraktif

cara menata kamar tidur

Memiliki kamar tidur yang nyaman dan ekspresif menjadi dambaan setiap orang. Tidak hanya melahirkan kenyamanan, menata kamar tidur dengan personalisasi yang sempurna, juga memberikan banyak sekali keuntungan.

Estimated reading time: 5 minutes

Interiordesign.id – Menentukkan pilihan gaya desain interior untuk kamar tidur gampang-gampang susah, apalagi jika menginginkan satu pilihan gaya yang bisa mencerminkan karakter dan kepribadian.

Banyaknya pilihan style interior kadang bisa menyebabkan kebingungan, mana yang terbaik yang bisa digunakan. Pada dasarnya, semua pilihan tersebut, memilki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tugas kita adalah mengetahui mana yang terbaik dan paling tepat untuk digunakan.

Namun, jika menginginkan campuran dari berbagai gaya, atau mengambil apa yang baik dari setiap gaya, dan menyatukannya menjadi satu gaya campuran yang menarik, kita bisa mencoba gaya interior eklektik.

Desain Interior Eklektik

Eklektik adalah gaya yang dikenal sebagai campuran atau penggabungan beberapa konsep desain sekaligus. Ini menjadikannya unik dan memiliki ciri khas serta karakteristiknya tersendiri. Desain interior eklektik ini bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penampilan ruangan yang terasa sangat personal dengan penampilan yang atraktif.

Gaya eklektik memungkinkan kita mengekspresikan banyak gaya desain yang disukai, lalu kemudian menggabungkannya menjadi satu gaya yang khas dan sangat personal.

Dalam interior bergaya eklektik, elemen-elemen campurannya bisa mencakup banyak hal, mulai dari motif, unsur dekoratif, ornamen, dan banyak lainnya.

Menata Kamar Tidur dengan Penerapan Gaya Eklektik

Sesuai judul artikel ini, cara menata kamar tidur yang “personal” dan atraktif, kami sangat merekomendasikan penerapan gaya interior eklektik untuk interior kamar.

Kamar tidur dengan penampilan yang unik, memiliki ciri khas, serta bisa dengan mudah menggambarkan karakter dan kepribadian pemiliknya, adalah dambaan setipa orang. Itulah sebab, saat menata interior kamar tidur, kiranya tidak hanya satu gaya saja yang dijadikan pilihan. Agar penampilan ruang kamar terasa atraktif, kita bisa coba gaya eklektik ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, interior eklektik memungkinkan kita mengekspresikan banyak gaya desain yang disukai, lalu kemudian menggabungkannya menjadi satu gaya yang khas dan sangat personal.

Nah, berikut adalah beberapa inspirasi desain kamar tidur dengan konsep interior bergaya eklektik. Ini menjadi satu cara dari banyak cara, bagaimana menata kamar tidur agar memiliki nuansa dan suasana ruang yang unik serta atraktif.

Penting untuk diingat, beberapa inspirasi desain ini menggunakan beberapa teknik dengan mempersonalisasi beberapa elemen desain.

Penataan Kamar ala Athena Calderone

Penampilan kamar tidur yang menggabungkan gaya maskulin dan feminin. Berlokasi di Brooklyn, New York, kamar tidur di sebuah apartemen milik seorang desainer bernama Athena Calderone ini sengaja dirancang sangat eklektik.

Calderone memadukan warna-warna gelap dan kalem ala maskulin dengan cara yang segar dan tidak biasa. Ia menata kamar tidurnya menggunakan warna biru gelap untuk salah satu warna dinding kamar. Hal itu Ia kombinasikan juga secara sempurna dengan sebuah lukisan abstrak yang artistik.

Di samping warna-warna gelap, kehadiran kipas angin berbentuk antik terasa sangat mewakili kesan maskulin di ruangan kamar.

Sementara sentuhan feminin tampak pada sarung bantal dengan skema warna merah jambu, dan juga selimut, serta lampu-lampu gantung berwarna putih yang cantik. Terlihat sangat atraktif bukan.

Menata Kamar Tidur dengan Merepetisi Warna dan Bentuk

via decoist

Berbicara mengenai warna, salah satu cara terbaik untuk memberikan sentuhan eklektik yang terorganisir adalah dengan melakukan pengulangan warna-warna tersebut. Repetisi warna pada beberapa bagian kamar mampu melahirkan nuansa ekelktik yang khas dan unik.

Selain itu, kita juga bisa memilih apa warna kesukaan dan menggunakannya sebagai skema warna utama di area kamar.

Tipsnya, cobalah warna-warna netral, pastel, atau bahkan warna terang. Sesuaikan saja dengan preferensi personal. Lalu gunakan lebih dari satu kali. Ini akan menciptakan kesan repetitif.

Seperti tampak pada gambar di bawah. Ini adalah contoh penataan interior kamar tidur dengan fokus pada permainan warna. Menjadikannya terlihat unik. Sangat eklektik.

from decoist

Di samping penggunaan warna, penerapan bentuk dan pola berulang juga dapat melahirkan kesan personal dan penampilan yang atraktif di ruang kamar tidur. Pencampuran bentuk dan pola menciptakan visualisasi ruang kamar tidur yang eklektik dan atraktif.

Konsistensi Pemilihan Warna

Berbeda dengan pengulangan warna, menata kamar tidur bergaya eklektik juga dapat ditampilkan dengan konsistensi pilihan warna cat yang digunakan.

Warna-warna yang ditampilkan secara konsisten akan menciptakan skema warna yang memberi kemudahan pada saat melakukan “transisi” dari satu gaya desain ke gaya desain yang lain.

desain interior kamar tidur
Desain kamar tidur eklektik modern

Penggunaan warna senada ini dapat diterapkan pada sprei, selimut, bantal, dan bahkan karpet. Konsistensi warna ini sengaja dilakukan agar tercipta interior kamar dengan penampilan yang sederhana dan tidak berlebihan.

Penting untuk diingat, dengan “kesenadaan”, mungkin ini tidak terlalu tampil eklektik. Namun, bukan itu persoalannya bukan. Ini adalah bagaimana menata kamar tidur agar terasa sangat personal dengan penampilannya yang atraktif.

Baca juga: Desain Kamar Tidur Cerminan Paling Personal dari Pemiliknya, Benarkah?

Jadikan Interior Kamar Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id