fbpx
Hello, Guest

Simak Cara Menata Teras Rumah, Lebih Cantik dan Elegan!

Posted by Fadhil Rahman Tuesday, May 16 2023

Interiordesign.id – Teras rumah adalah salah satu area yang bisa menjadi daya tarik utama rumah Anda. Namun, terkadang kita kesulitan untuk menata teras rumah yang sederhana agar terlihat menarik dan nyaman.

Teras rumah adalah area yang terletak di depan atau di belakang rumah yang berfungsi sebagai tempat bersantai atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Teras rumah juga dapat menjadi penghubung antara rumah dan taman, sehingga memperindah tampilan rumah secara keseluruhan.

Penggunaan teras rumah sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Di beberapa negara, teras rumah menjadi tempat untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, makan, dan bertemu dengan tetangga. Di Indonesia, teras rumah tradisional biasanya memiliki ornamen ukir yang rumit dan ditempatkan di depan rumah sebagai tempat bersantai.

Baca Juga : Inilah 5 Tips Praktis Merawat Rumah Setelah Liburan

Cara Menata Teras Rumah

Menata teras rumah dengan baik sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menata teras rumah:

#1 Pilihlah Tema yang Sesuai

Pinterest

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda dan tipe rumah Anda. Tema yang dipilih dapat berupa tema minimalis, tema alami, tema vintage, atau tema modern. Tema yang dipilih akan menjadi dasar dalam menentukan furnitur dan aksesoris yang digunakan dalam menata teras rumah.

#2 Pertimbangkan Ukuran Teras

Ukuran teras sangat penting dalam menentukan furnitur dan aksesoris yang dapat digunakan. Jika teras rumah Anda kecil, pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar dan ringan. Namun, jika teras rumah Anda cukup luas, Anda dapat menggunakan furnitur yang lebih besar dan berat.

#3 Pertimbangkan Fungsionalitas Furnitur

Pilihlah furnitur yang fungsional dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Misalnya, pilihlah kursi yang dapat digunakan untuk bersantai namun juga dapat dilipat atau disimpan jika tidak digunakan. Hal ini akan membantu Anda menghemat ruang pada teras rumah Anda.

#4 Aplikasikan Warna yang Sesuai

Warna yang dipilih dalam menata teras rumah juga sangat penting. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema rumah Anda dan selaras dengan warna cat rumah Anda. Jangan gunakan terlalu banyak warna yang berbeda-beda karena dapat membuat teras rumah Anda terlihat berantakan.

#5 Gunakan Tanaman

Tambahkan tanaman pada teras rumah Anda untuk memberikan kesan alami dan menyegarkan. Anda dapat menggunakan tanaman dalam pot atau tanaman gantung, tergantung pada ukuran teras dan selera Anda. Tanaman dapat membuat teras rumah Anda terlihat lebih hidup dan menyenangkan.

#6 Tambahkan Aksesoris

Aksesoris bisa menjadi pelengkap dalam menata teras rumah. Anda bisa menambahkan aksesoris seperti lampu gantung, tirai, atau bantal. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak menambahkan aksesoris agar teras rumah Anda tidak terlihat penuh dan berantakan.

#7 Sesuaikan dengan Budget Anda

Terakhir, sesuaikanlah menata teras rumah dengan budget Anda. Anda bisa mencari furnitur dan aksesoris yang memiliki kualitas bagus namun tetap terjangkau. Jangan sampai Anda mengeluarkan budget yang terlalu besar untuk menata teras rumah namun mengabaikan kebutuhan lainnya.

Cara Merawat

Untuk menjaga tampilan teras rumah tetap indah dan awet, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, bersihkan teras secara rutin dari debu, kotoran, dan daun kering. 

Kedua, perhatikan kondisi furnitur dan aksesoris, dan ganti jika sudah rusak atau sudah tidak cocok lagi. 

Ketiga, pastikan tanaman yang ditanam selalu dalam kondisi sehat dengan menyiram dan memberikan pupuk secara teratur.

Kelebihan

Teras rumah memiliki beberapa kelebihan, seperti menambah nilai estetika dan fungsi dari rumah. Selain itu, teras rumah juga dapat menjadi tempat untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Teras rumah juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menanam tanaman hias yang dapat menambah keindahan rumah.

Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, teras rumah juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah biaya yang diperlukan untuk membangun atau memperbaiki teras rumah yang cukup tinggi. Selain itu, perawatan teras rumah juga memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Kesimpulan

Teras rumah dapat menjadi bagian penting dari rumah yang dapat meningkatkan nilai estetika dan fungsi dari rumah secara keseluruhan. Dalam memilih, membangun, dan merawat teras rumah, perhatikan beberapa hal seperti ukuran, jenis material, furnitur, dan tanaman. 

Meskipun memiliki kekurangan, manfaat yang didapat dari memiliki teras rumah dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan bahagia di rumah.

Konsultasikan penataan impian teras rumah Anda kepada Interiordesign.id. Hubungi segera disini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id