interior tradisional modern

Cara Mudah Memadukan Dua Gaya Desain Interior yang Berbeda, Tradisional dan Modern

Posted by HinaYana  •  Thursday, May 4 2017

Konon, memadukan furnitur dan aksesori serta dekorasi modern dengan yang tradisional seringkali dapat mengakibatkan kekacauan jika tidak direncanakan terlebih dahulu.

Interiordesign.id – Saat mencoba memadukan lebih dari satu gaya desain pada satu ruangan, itu artinya kita sedang mencoba mengkreasi satu ruang hidup dengan banyak layer. Gaya modern dan tradisional memiliki perbedaan yang kentara dan sangat berbeda dalam banyak hal, oleh sebab itu mencoba memadukan keduanya perlu kehati-hatian.

Konon, memadukan furnitur dan aksesori serta dekorasi modern dengan yang tradisional seringkali dapat mengakibatkan kekacauan jika tidak direncanakan terlebih dahulu.

gaya desain interior tradisional modern. ~ via better living social

Oleh sebab itu, untuk menyederhanakan prosesnya, kita harus benar-benar memerhatikan tujuan dan elemen-elemen apa saja yang dapat digunakan untuk mencapai keseimbangan. Selain itu, kita akan dihadapkan pada satu pilihan gaya yang harus dan akan mendominasi terhadap gaya lainnya.

Desain Interior Gaya Tradisional; Pengertian dan Ciri Khas

Modern atau Tradisional?

Untuk menciptakan keseimbangan yang pas, kita harus dapat memutuskan apakah kita menginginkan sebuah ruang yang lebih dominan pada gaya modern atau gaya tradisional. Menciptakan satu gaya lebih dominan terhadap gaya yang lain merupakan faktor yang sangat penting, karena jika tidak, membiarkan keduanya terlalu cair atau tidak jelas akan membuat keseimbangan visual tidak tercapai akibat dua gaya yang seolah saling bersaing satu sama lain.

Begitu kita berhasil menciptakan dominasi satu gaya tersebut, kita akan dihadapkan pada suasana dan atmosfer ruang yang memiliki gaya modern dengan aksen antik atau sebaliknya, gaya tradisional dengan aksen kontemporer.

tradisional modern. ~ via google

modern victorian. ~ via freshome

Sekarang salah satu bagian pentingnya, suasana seperti apa yang kita inginkan, apakah harmoni atau keselarasan? atau suasana yang kontras di mana salah satu gaya akan benar-benar terasa mendominasi namun aksen dan elemen gaya yang lain juga tetap tampak dan menambah visualisasi yang menyegarkan?

4 Desain Kamar Tidur Tradisional; Gaya Tradisional Indonesia yang Khas dan Ikonik

Jika menginginkan keharmonisan, pilihlah tujuan untuk menciptakan tampilan yang lebih soft, kalem dan menenangkan. Memilih model furnitur dari dua gaya yang berbeda namun memiliki tampilan yang sekilas sangat mirip. Atau memadukan kursi-kursi modern kontemporer dengan meja tradisional yang akan menciptakan keselarasan tanpa terlihat perbedaan yang sangat kontras.

modern traditional furniture. ~ via the arm chair librarian

Sementara untuk menciptakan suasana yang kontras, pilihan warna, tekstur, model desain pada furnitur akan memberikan efek dan visualisasi ruang eklektik yang sempurna. Siapapun akan dengan mudah memberi penilaian dan kesan pada pilihan gaya desain interior yang kita gunakan.

dapur tradisional kontemporer. ~ via design shuffle

Simpulan

Sekarang kita sudah mengetahui elemen-elemen apa saja yang penting untuk kita perhatikan. Memadukan dua gaya desain pada satu ruang, akan memiliki nilai artistik dan estetik yang cukup unik. Kuncinya adalah:

  • Biarkan satu gaya mendominasi, dan gunakan yang lain sebagai aksen.
  • Satukan dan ikat gaya yang berbeda bersamaan dengan warna, tekstur, atau bentuk yang sama.
  • Dapatkan nuansa berbeda dengan menciptakan harmoni atau kontras saat Anda memadukan gaya desain yang berbeda.
Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram