fbpx
Hello, Guest

Begini Cara Pasang Plafon Metal, Lengkap Ada Gambarnya!

Posted by Rio Stefanus Thursday, February 29 2024

InteriorDesign.id – Bagi Anda yang ingin mengganti plafon sendiri di rumah, ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkah yang tepat agar plafon tidak cepat rusak atau salah pemasangan. Karena itulah, kali ini kami akan membahas cara pasang plafon metal yang bisa Anda coba di rumah. 

Alat untuk Memasang Plafon Metal Furing

Metalconstructionnews.com

Sebelum melakukan pemasangan, sebaiknya siapkan beberapa alat dan bahan untuk memasang plafon metal. Berikut yang harus Anda persiapkan:

  • Papan Metal
  • Rod hanger 
  • Paper tape
  • Sekrup
  • Bor listrik
  • Paku
  • Kawat 
  • Hollow 2×4 dan 4×4
  • Gunting hollow
  • Martil
  • Cutter
  • Gergaji besi
  • Tang
  • Selang timbang

Persiapan Sebelum Pemasangan Plafon

Setelah memastikan barang dan bahan yang dibutuhkan telah siap, ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan. Pertama pastikan area kerja bisa digunakan dengan efektif dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan kerja (K3) agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Kemudian pastikan area yang akan dipasang plafon sudah bersih dari bekas pengecoran, balok, maupun ring balok. Terakhir, pastikan pekerjaan seperti plester, acian, hingga benangan telah selesai. Tinggi plester kurang lebih harus berada di kisaran 10cm dari elevasi plafon yang telah di tentukan. 

Setelah semua hal tersebut siap, Anda sudah bisa memulai mengerjakan pemasangan plafon dengan baik. 

Cara Pasang Plafon Metal 

Ugc.ph

1. Cara Pasang Plafon Metal: Langkah-langkah Pemasangan Rangka Plafon

Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan rangka plafon yang bisa Anda coba. 

  1. Tentukan elevasi ketinggian plafon di sekeliling ruangan yang akan dipasang rangka. Setelah itu gunakan waterpass untuk menentukan titik elevasi antar dinding. Gambar garis putus untuk menyatukan titik elevasi yang sudah ditentukan. 
  2. Setelah itu pasang siku metal atau wall angle yang nantinya akan berfungsi sebagai penyangga metal furing (hollow). Tempatkan siku metal pada tanda garis dimulai dari dinidng dengan bentang terpanjang. 
  3. Bor siku metal dengan jarak antar sekrupnya 40 – 50 cm. Pastikan siku dibaut dengan rapat atau kencang agar kuat menyangga hollow. 
  4. Lanjutkan pemasangan siku metal pada dinding yang lain dan pastikan untuk memasangnya saling tinding sepanjang 40cm. Bentuk siku metal menjadi bentuk L di ujung menggunakna gunting hollow. Kencangkan semua daerah metal yang bertindihan tersebut. 
  5. Setelah semua siku metal terpasang, buat garis menggunakan spidol pada setiap 60 cm hollow berukuran 2×4 dan beri jarak 120cm untuk ukuran 4×4. 
  6. Setelah itu potong hollow dengan panjang yang telah direncanakan dan letakkan di atas siku metal lalu kencangkan dengan baut. 
  7. Selanjutnya pasang kawat penggantung atau rod hanger pada dak beton menggunakan paku ramset dengan jarak per 120cm x 120 cm. 

2. Cara Pasang Plafon Metal: Langkah Pemasangan Papan Metal

Setelah rangka telah terpasang dengan baik, maka waktunya untuk memeasang papan metal. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

fsprofiles.com

  1. Pastikan semua kerangka yang sudah terpasang bebas dari lembab sebelum pemasangan plafon metal dimulai. Bersihkan juga semua kotoran yang ada agar tidak menumpuk dan menempel saat lembaran plafon di pasang. 
  2. Jangan lupa beri ruang untk sistem pemasangan apapun itu, mulai dai kabel suspensi, compression sturts, rod hanger, dan lainnya yang harus sudah terpasang atau terinstal sebelum ditutup dengan papan metal seperti saluran listrik, pipa sprinkler dan lainnya. 
  3. Setelah itu letakkan potongan plafon per lembarnya, dan rekatkan menggunakan hangar wires atau braket, dan tempel panel logam ke jaringan suspensi atau ke kerangkanya dengan baik. 
  4. Rekatkan menggunakan baut atau paku. Pastikan untuk mengukur sesuai dengan lebar dan ukuran yang sesuai. Bila ada yang kurang dan perlu diisi, maka Anda potong bagian panel metal atau lembaran plafon metal tersebut sesuai ukuran yang dibutuhkan, tumpuk dan rekatkan menggunakan paku. 
  5. Setelah semua terpasang, pastikan untuk mengecek ulang jika semuanya telah merekat dengan kuat. 

Penutup 

Itu cara lengkap pasang plafon metal dengan mudah di rumah. Meskipun terlihat mudah, namun memasang plafon membutuhkan perhatian dan kehati-hatian agar tidak mudah rusak dan semua instalasi mulai dari pembuangan air hingga kelistrikan telah terpasang dengan aman. 

Nah bagi Anda yang tidak ingin repot-repot memasang plafon secara mandiri, maka Anda bisa menggunakan jasa Interior Design yang akan membantu Anda untuk memilih jenis plafon yang tepat bagi hunian Anda termasuk memasangnya menggunakan jasa profesional sehingga keamanannya tidak perlu diragukan lagi. 

Maksimalkan budget dan plafon terbaik untuk hunian Anda bersama InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan plafon metal sekaligus memasangnya pada hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id