fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cara Pasang Wallpaper: Berbagai Pilihan Gaya & Tips Pemasangan

Posted by Andrias Mulyadi Thursday, April 15 2021
wallpaper

Cara pasang wallpaper yang mudah dan praktis. Sebelum masuk ke dalam tahap ini, ketahuilah bahwa wallpaper memiliki berbagai macam style serta inspirasi yang bisa Anda pilih untuk hunian Anda.

Estimated reading time: 10 minutes

Cara Pasang Wallpaper – Jika dibandingkan dengan cat tembok biasa, wallpaper memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh cat. Salah satu jenis wall treatment ini bisa menutupi tembok yang retak dan lebih mudah diperbaiki saat terdapat kerusakan. Berbeda dengan cat tembok yang perbaikannya dilakukan dengan cara melakukan cat ulang besar-besaran.

Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh wallpaper membuatnya jadi salah satu wall treatment terfavorit. Tak heran jika banyak orang memutuskan untuk mendekorasi rumahnya dengan kehadiran wallpaper. Hal lain yang membuat wallpaper unggul adalah banyaknya gaya yang ditawarkan oleh pelapis dinding satu ini.

Berbagai Gaya Wallpaper Dinding

Wallpaper memiliki beragam style yang bisa dipilih oleh Anda. Style ini bisa disesuaikan dengan kesan ruangan yang ingin Anda buat.

Abad Pertengahan

Nuansa retro disuguhkan oleh wallpaper Vertigo karya Arne Jacobsen. Ia memberikan kesan glamor dan elegan pada ruangan. Pada mulanya, Vertigo didesain untuk menjadi kain furniture. Pola setengah lingkarannya memberikan ritme dan pergerakan terhadap ruangan.

Bunga-Bunga

Wallpaper karya Ava Marika Ditsy satu ini bisa dianggap sebagai suatu karya seni. Ia menyuguhkan tampilan bunga-bunga gelap. Hiasan dinding ini dapat dipasangkan dengan furnitur bergaya modern-kontemporer. Apabila Anda memutuskan untuk memakai wallpaper dengan gambar bunga yang cukup kuat, kombinasikan ia dengan furnitur bergaya sederhana untuk menyeimbangkan interior ruangan.

Tumbuh-Tumbuhan

Apabila Anda adalah pencinta tanaman seperti yang saat ini sedang populer, Anda bisa mengaplikasikannya pada wallpaper pilihan Anda. Jika tidak, Anda bisa memilih wallpaper yang dirasa senada dengan tanaman indoor yang akan Anda pasang.

Drama

Jika Anda menginginkan sensasi dramatis pada ruangan, Anda bisa mencari wallpaper yang senada dengan karya Divine Savage satu ini. Kehadiran palem tropis, dedaunan hutan, serta seekor macan tutul menguatkan kesan dramatis dari lapisan dinding satu ini. Anda bisa memulainya dengan menemukan desain wallpaper yang mengombinasikan warna mencolok.

Mural

Wallpaper bergaya mural adalah pilihan terbaik untuk menjadi latar belakang sebuah ruangan. Sering kali ia menyuguhkan cerita di dalamnya dan merupakan sebuah karya seni. Selain itu, wallpaper mural juga menjadikan rumah menjadi sebuah area dengan nilai kreativitas tinggi yang menguji daya imajinasi penghuni.

Ilusi

Ilusi panel yang timbul dari wallpaper yang Anda pasang dapat mempercantik ruangan Anda. Kehadiran panel pada wallpaper ini telah menjadi populer belakangan dan bisa memberikan keunikan tersendiri pada hunian.

Kehadiran wallpaper ilusi ini juga bisa menghemat budget Anda, apabila Anda menginginkan sebuah tampilan dinding yang mengekspos bebatuan. Jangan khawatir! Wallpaper ilusi bergambar bebatuan bisa jadi pilihan Anda.

Geometris

Memilih wallpaper berpola geometris dapat memberikan nuansa modern dan edgy pada ruangan. Ia amat cocok dengan berbagai interior modern, dimulai dari yang bergaya Skandinavia hingga gagasan desain yang dinilai mencolok. Wallpaper geometris pun merupakan pilihan sempurna untuk menambahkan ilusi area pada ruangan.

Ramah Lingkungan

Wallpaper geometris satu ini bernama Fold dan merupakan karya dari Lime Lace. Polanya yang terkesan halus menciptakan nuansa modern serta perasaan ringan dan lapang pada ruangan. Selain itu, wallpaper ini pun berbahan ramah lingkungan dan diproduksi oleh sebuah merek asal Swedia.

Metalik

Wallpaper metalik adalah pilihan tepat untuk menambah lapisan tekstur pada sebuah ruangan. Ia juga sempurna dalam hal memantulkan cahaya, sehingga dapat memberikan kesan hangat pada ruangan. Selain itu, wallpaper metalik juga memiliki daya tarik dari segi visual dan bisa membuat ruangan menjadi lebih mewah dan elegan. Kesempurnaan yang dimiliki wallpaper ini cocok untuk menyembunyikan kekurangan pada tembok.

Garis-Garis Terarah

Desain wallpaper yang menggunakan pola diagonal menciptakan kesan gerakan dalam ruangan. Wallpaper dengan garis atau pola yang memiliki garis vertikal yang kuat dapat memberikan ilusi seolah ruangan menjadi lebih tingi. Sedangkan wallpaper dengan garis horisontal yang kuat memberikan pergerakan dan kesan seolah ruangan menjadi lebih lebar.

Cara Pasang Wallpaper Dinding

Setelah Anda mengetahui beragam gaya wallpaper dinding yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kesan ruangan yang ingin Anda tampilkan, saatnya Anda mengetahui cara mudah untuk memasangnya. Berikut tahapan-tahapannya:

Bersihkan Tembok

Pertama, Anda perlu membersihkan tembok tempat Anda akan memasang wallpaper Anda. Anda bisa mengelapnya menggunakan spons dan seember air hangat. Setelahnya, biarkan dinding kering dan ampelas kekurangan yang Anda temukan pada tembok Anda. Kemudian, hilangkan debu dari dinding menggunakan spons basah.

Aplikasikan Primer

Kedua, aplikasikan primer menggunakan kuas atau roller pada dinding untuk membuat wallpaper menempel. Gunakan sendok dempul sebagai pelindung saat melakukan proses trim. Biarkan primer kering setidaknya selama dua jam sebelum wallpaper dipasang.

Buat Garis Bantu serta Ukur dan Potong Wallpaper

Ketiga, gambar garis bantu di dinding. Gunakan garis yang lurus dan tataran untuk memastikan bahwa garis yang digambar benar-benar lurus. Setelahnya, ukur dan potong wallpaper. Sisakan area sepanjang 10 cm pada bagian atasnya. Gulung wallpaper ke arah berlawanan untuk menghindari wallpaper tergulung ke tempatnya semula.

Tempelkan Wallpaper

Bentangkan wallpaper dan aplikasikan perekat. Gunakan gerakan layaknya membentuk angka delapan untuk memastikan perekat tersebar secara merata pada permukaan wallpaper. Lipat ujung wallpaper yang tersisa sehingga Anda dapat memegang bagian yang kering, lalu tempelkan pada dinding. Sejajarkan wallpaper dengan garis bantu yang telah Anda buat. Sisakan beberapa senti wallpaper pada bagian atas dan bawah.

Rapikan Permukaan Wallpaper

Rapikan permukaan wallpaper menggunakan kuas. Potong kelebihan wallpaper menggunakan pisau. Anda bisa menggunakan sendok dempul sebagai panduan pisau Anda. Ulang kembali proses penempelan hingga seluruh tembok tertutupi wallpaper. Gunakan rol untuk menekan sisi-sisi permukaan wallpaper.

Inspirasi Penggunaan Wallpaper

Ada beberapa inspirasi penggunaan wallpaper yang bisa Anda pilih untuk ruangan Anda. Apa sajakah itu?

Kombinasi Lebih dari Satu Wallpaper

Tidak ada aturan yang melarang Anda untuk mencocokkan dan mengombinasikan lebih dari satu wallpaper di sebuah ruangan. Meski begitu, pastikan warna dari berbagai wallpaper yang Anda pilih memiliki keselarasan satu sama lain.

Pemasangan di Area Lorong

Meski tidak semua rumah di Indonesia memiliki lorong atau hallways, beberapa rumah yang memiliki area satu ini perlu mencoba mendekorasi area tersebut menggunakan wallpaper. Pilih warna atau pola yang secara visual terhubung ke tiap area di rumah Anda. Hal ini akan membuat seisi rumah Anda terasa terkoneksi dan tidak ada ruangan yang terkesan disisihkan.

Dekorasi Langit-Langit Rumah

Rupanya tak hanya dinding rumah saja yang bisa didekorasi menggunakan wallpaper. Langit-langit pun bisa dipercantik menggunakan pelapis satu ini. Apabila Anda menginginkan langit-langit yang tampak seperti sebuah “karya seni”, Anda harus membuat dinding rumah Anda tetap polos. Hal ini bertujuan untuk membuat ruangan tetap seimbang.

Tips Memasang Wallpaper Dinding

Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan saat Anda sudah mantap untuk mendekorasi rumah Anda menggunakan wallpaper dinding.

  • Minta sampel untuk bisa Anda cobakan di dinding rumah Anda. Jika dirasa cocok, baru Anda bisa mulai membeli dalam jumlah besar.
  • Pastikan sampel wallpaper yang Anda punya dicobakan di berbagai rentang waktu. Karena wallpaper bisa tampak berbeda di waktu pencahayaan yang berbeda.
  • Apakah dinding rumah Anda dipenuhi oleh karya seni? Pastikan wallpaper yang Anda pilih tidak saling “bersaing” dengan dekorasi dinding rumah Anda yang lainnya.
  • Sesuaikan wallpaper dengan perabotan dan gaya interior yang Anda punya.
  • Ingin menekan budget untuk wallpaper? Anda bisa menempatkan cermin besar yang berlawanan arah dengan dinding untuk merefleksikan bayangan wallpaper yang teah dipasang.
  • Pertimbangkan ukuran pola pada wallpaper. Wallpaper berpola kecil dapat memberikan kesan luas terhadap ruangan. Sedangkan wallpaper berpola besar bisa menciptakan suasana hangat pada ruangan.
  • Jika Anda benar-benar ingin menekan budget untuk wallpaper, Anda bisa menambahkan kehadiran rak buku di sana. Atau gunakan wallpaper hanya sebagai aksen yang menyoroti sudut tertentu pada ruangan Anda.

Saatnya Menentukan Pilihan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda ingin memasang wallpaper di rumah Anda. Ada berbagai gaya yang perlu Anda ketahui, cara pasang wallpaper yang baik, inspirasi pemasangannya, hingga tips yang bisa membantu. Pastikan wallpaper yang Anda pilih dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda dalam menciptakan kesan ruangan tertentu.

Ingatlah bahwa tidak seluruh dinding di rumah Anda perlu dipasangkan wallpaper. Anda bisa menambah wallpaper hanya sebagai aksen di rumah Anda. Hal ini menunjukkan bahwa ada beragam cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memercantik rumah Anda!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id