dapur minimalis modern

Tips Bagaimana Mendesain Dapur Minimalis Modern

Posted by Erica Apriliani  •  4 days ago

The kitchen is the heart of the home.

Interiordesign.id – Bagi sebagian besar orang, memasak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dan untuk mendukung kegiatan memasak tersebut, tentu diperlukan fasilitas yang bisa mendukung aktivitas menyenangkan itu. Peralatan-peralatan masak terbaru dan lengkap, serta tentunya, desain dapur terbaik.

Pada dasarnya, fungsi utama dapur memang untuk mengolah makanan, akan tetapi, Anda bisa mendesain dapur sedemikian rupa sehingga bisa menjadi ruangan yang multifungsi.

Sebelum tahun 1920, selain sebagai tempat untuk makan dan memasak, masyarakat Jerman menjadikan dapur sebagai tempat bermain, mandi, bahkan tidur.

Dapur yang rapi dan bersih tidak hanya akan memudahkan setiap kegiatan atau aktivitas di dalamnya, tetapi juga akan mengundang banyak pengguna untuk lebih sering mengunjunginya. Bagaimanapun juga, tempat yang kotor dan berantakan akan cenderung membuat orang lebih malas melakukan sesuatu bukan?

Di era milenial sekarang ini, segala sesuatu yang bertema minimalis sangat digemari, dari mulai gaya hidup, fashion, hingga desain bangunan.

Konsep minimalis juga hampir selalu menjadi pilihan utama untuk tema desain rumah-rumah zaman now, karena memang simpel dan lebih menghemat biaya.

Seperti layaknya ruang tamu minimalis, kamar tidur minimalis, ataupun kamar mandi minimalis, tema minimal juga dapat Anda gunakan untuk area dapur. Dan karena kesederhanaannya, dapur dengan desain minimalis menjadi pilihan bagi Anda yang tidak menyukai konsep yang suka terlalu “berat” atau “ribet”.

Di samping itu, dapur minimalis sangat cocok bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih.

Namun, jangan lupakan satu hal, merancang dapur minimalis bukan pekerjaan mudah. Simak beberapa tips desain dapur berikut untuk mendapatkan penampilan terbaiknya.

Fungsi

Sebelum mendesain dapur, Anda mesti menentukan apa saja aktivitas yang akan Anda lakukan di sana.

Apakah Anda hanya akan melakukan kegiatan memasak berat? Atau apakah Anda hanya akan memfungsikannya untuk kegiatan-kegiatan yang lebih praktis? Seperti dalam konsep pantry atau dapur bersih?

desain dapur minimalis modern

~ via evliliksitesi

Selain itu, tentukan juga siapa saja yang akan menggunakan dapur. Apakah hanya Anda? Atau Anda akan merancangnya sebagai sebuah ruang komunal yang nyaman untuk semua orang?

Untuk mendapatkan penampilan yang minimalis modern, dapur minimalis bentuk L sangat dianjurkan.

Desain dapur bentuk ini terdiri dari dua counter yang tersusun seperti sudut siku-siku. Hal ini memberikan kemudahan untuk Anda bergerak lebih cepat.

Dapur bentuk L bisa digunakan untuk aktivitas lebih dari satu orang pada saat bersamaan.

Penataan Peralatan

Ciri khas konsep desain minimalis adalah clean, rapi, dan bersih.

Bersih. Ya, ini adalah kuncinya. Minimalis menampilkan suasana ruang yang benar-benar clean dengan garis-garis yang bersih.

Ini termasuk penggunaan dan penataan berbagai peralatan dapur yang Anda gunakan.

Simpan dan tata lah berbagai peralatan dapur Anda. Terlebih, gunakan hanya yang benar-benar dibutuhkan saja. Minimalkan segalanya. Hilangkan yang tidak penting dan hanya akan membebani kapasitas ruang.

desain dapur minimalis modern

~ via Pinterest

Untuk mendukung konsep minimalis, sangat direkomendasikan untuk mengorganisir peralatan atau barang-barang. Baik yang sering Anda gunakan maupun yang jarang.

Peralatan-peralatan seperti sendok, pisau, garpu, spatula, piring, gelas, atau cangkir adalah barang-barang yang vital dan sering digunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya simpanlah barang-barang tersebut di tempat atau kabinet yang mudah terjangkau. Anda bisa menaruhnya di kitchen island atau meja konter.

Furniture

Desain minimalis membutuhkan furniture yang juga minimalis.

Dengan penampilan minimalis yang umumnya tidak terlalu ramai, gunakan meja dan kursi dengan material yang ringan serta ramping.

desain dapur minimalis modern

~ via pistoncars

Untuk kitchen set, Anda bisa menggunakan yang berbahan dasar stainless steel. Bahan ini dikenal awet, netral, dan tahan lama.

Tetapi, jika kurang menyukai material berbahan besi atau stainless, Anda juga bisa menggunakan material kayu.

Warna Cat yang Cocok untuk Dapur Minimalis Modern

Bukan rahasia lagi jika warna cat yang terang dapat memberikan ilusi ruang lebih luas dan lapang. Dus, warna putih dan warna-warna netral lainnya adalah rekomendasi terbaik untuk interior dengan konsep minimal.

Warna putih adalah pilihan terbaik. Selain mampu menampilkan kesan bersih dan terang, putih adalah warna yang “aman” dan sangat cocok untuk dipadupadankan dengan warna-warna lainnya.

dapur minimalis modern

~ via Pinterest

Pencahayaan

Ini menjadi salah satu faktor penting lainnya. Pencahayaan yang tepat bisa menampilkan suasana ruang yang benar-benar konsisten dengan gagasan desain yang diterapkan.

Ingat, minimalis dikenal juga dengan tampilannya yang sederhana. Dan oleh sebab itu, Anda tidak diharuskan memasang banyak lampu dan ornamen-ornamen pencahayaan lainnya di dapur minimalis.

Pilihlah yang sesuai dan selaras dengan kebutuhan penerangan pada area-area yang membutuhkan banyak penerangan saja. Seperti meja, area memasak, atau di sudut-sudut tertentu untuk mendukung aktivitas di sana.

dapur minimalis modern

~ via luchiacooks

Dapur modern juga sangat disrankan untuk memiliki pencahayaan alami, baik di siang hari maupun pada malam hari. Dus, instalasi bukaan jendela besar sangat bagus untuk ruang dapur.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan pintu kaca geser. Dan untuk memudahkan kegiatan atau aktivitas di dapur pada malam hari, Anda cukup memasang satu lampu gantung berdesain sederhana dengan watt yang cukup besar persis di tengah-tengah langit-langit dapur minimalis Anda.

Baca juga6 Desain Dapur Terbaik Pemenang “Interior Design Awards”

Nah, itulah tips bagaimana mendesain dapur minimalis modern. Intinya adalah, dapur bukan sekadar ruang untuk memasak dan menyiapkan makanan saja, ia juga adalah ruang komunal yang menyenangkan. Sehingga, mendesainnya agar nyaman dan maksimal dalam fungsi, merupakan sebuah keharusan.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader