Tips Dekorasi Interior Hitam, Dekorasi Serba Hitam Hadirkan Suasana Unik dan Berbeda

Posted by Iqbal Mujahid  •  3 weeks ago

Dekorasi interior hitam; penggunaan skema warna hitam banyak dihindari karena anggapan salah; membuat ruangan terasa gelap dan sempit. Padahal, dekorasi serba hitam mampu hadirkan suasana unik dan berbeda dari biasanya.

Interiordesign.id – Nuansa hitam pada interior terbilang masih jarang ditemui. Banyak orang yang merasa enggan mendekorasi interior ruangannya dengan penggunaan warna hitam. Mengangap bahwa warna hitam hanya akan memberikan kesan gelap dan membuat ruangan terasa sempit, yang tidak sepenuhnya benar. Padahal, dengan penerapan yang tepat, warna hitam justru dapat memberi kesan modern dan elegan pada ruangan.

Penerapan warna hitam sebenarnya terbilang cukup fleksibel. Warna hitam dapat diterapkan di ruangan apa saja di dalam rumah. Tak hanya kesan maskulin, warna yang satu ini juga mampu menciptakan beragam suasana ruang seperti feminin atau bahkan romantis.

Tidak salah jika Anda menginginkan penggunaan warna hitam sebagai skema warna utama interior rumah Anda. Hanya saja, Anda perlu memerhatikan satu hal, jangan menggunakannya secara berlebihan. Warna hitam akan memberi kesan dingin dan sempit jika Anda terapkan secara berlebihan.

Jangan takut untuk mengeksplorasi, aplikasikan warna hitam secara tepat dengan menyimak beberapa tips dekorasi interior hitam berikut.

Tips Dekorasi Interior Hitam dengan Warna Cerah

dekorasi interior hitam

via rightmove.co.uk

Kehadiran warna hitam yang gelap memang bisa berakibat buruk pada ruangan, apalagi jika Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu besar. Warna hitam dapat membuat ruangan kecil semakin terasa sempit. Gunakanlah cat hitam yang dove/matte, jenis cat ini akan membantu dinding Anda yang memiliki acian tidak rata terlihat lebih rapi.

dekorasi interior hitam

via Design Lovers Blog

Sebagai penyeimbang warna hitam, padukan warna hitam dengan warna cerah dan terang sebagai warna kombinasi. Anda bisa menggunakan warna cerah seperti coklat muda, biru dan hijau muda, pink pastel hingga putih.

Hindari penggunaan warna gelap untuk kombinasi interior hitam, seperti biru tua, coklat gelap atau merah marun. Warna-warna tersebut tidak cukup kontras jika dibandingkan dengan furnitur hitam, serta menambah kesan gelap dalam ruangan.

Tips Dekorasi Interior Hitam pada Pencahayaan

Warna hitam akan memberi kesan gelap karena kemampuannya menyerap cahaya. Dus, Anda harus memerhatikan pencahayaan yang tepat.

Aplikasikanlah warna hitam pada ruang yang banyak terkena pantulan cahaya alami. Hal ini guna memberi dampak terang pada ruang bernuansa hitam gelap. Jika masih dirasa terlalu gelap, tambahkan beberapa pencahayaan pada sudut ruangan agar tercipta efek dramatis pada ruangan.

dekorasi interior hitam

via archello

Tips lainnya untuk dapatkan pencahayaan yang baik adalah dengan penggunaan warna hitam hanya sebagai tambahan aksen saja. Caranya dengan memilih salah satu sisi tertentu pada dinding untuk dicat hitam, dan bagian lainnya dengan warna putih. Selain putih, sebenarnya Anda juga dapat mengeksplorasi warna cerah lainnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup baik, penggunaan warna putih adalah cara terbaik menampilkan cahaya pada ruang dengan skema warna gelap.

dekorasi interior hitam

via pinterest

Tips Dekorasi Interior Hitam dengan Furniture

Sebaiknya Anda memertimbangkan jumlah furnitur bernuansa hitam yang akan Anda gunakan. Hindari penggunaan furnitur berwarna hitam dalam jumlah banyak, seperti yang telah dibahas sebelumnya, warna hitam membuat ruang terasa gelap dan sempit.

dekorasi interior hitam

via bloglovin

Gunakan furnitur berwarna hitam yang berukuran besar sebanyak tiga buah saja. Karena jika lebih dari itu, ruangan Anda akan semakin terasa sempit dan sesak. Penggunaan furnitur berwarna cerah seperti putih dan warna pastel amat disarankan sebagai warna tambahan pada furnitur di ruang bernuansa hitam.

Tips Percantik Dekorasi Interior Hitam

Jika lantai Anda berwarna gelap, Anda dapat gunakan karpet berwarna terang dengan ukuran yang cukup lebar. Keberadaan karpet berwarna terang akan memberikan tampilan kontras yang elegan. Karpet terang juga sekaligus menetralkan kesan gelap berlebihan yang muncul dari furnitur sekeliling yang berwarna hitam.

Selain pada karpet, Anda juga dapat menhadirkan warna cerah pada bantal sofa, vas bunga, gorden hingga hiasan dinding.  Pastikan Anda memilih dan menggunakan aksesoris-aksesoris ruangan yang memiliki tampilan visual yang seimbang.

dekorasi interior hitam

from pinterest

Sebagai sentuhan akhir yang manis, Anda dapat memercantik desain nuansa hitam dengan hiasan pada dinding. Pajanglah foto-foto momen berkesan dan terbaik dalam hidup Anda di ruang tamu, ruang keluarga dan kamar. Selain foto-foto, Anda juga dapat menggunakan dekorasi tipografi; yang menampilkan kalimat-kalimat inspiratif yang Anda sukai.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

interiordesignid-iqbal-desainer

By Iqbal Mujahid

Lulus dengan predikat Cum-Laude dari UNIKOM Bandung tahun 2015. Penggemar Game Online versi "mobile", fitur permainan yang selalu menemani disaat kehilangan ide saat mendesain.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...