desain kamar tidur tradisional

Dekorasi Kamar Tidur Tradisional; Hadirkan Kesederhanaan yang Hangat Dari Masa Lalu

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Monday, November 20 2017

Untuk menghadirkan kesan sederhana juga suasana hangat ke dalam kamar tidur, penggunaan perabotan utama berbahan kayu yang memiliki ukiran khas dan motif tertentu, merupakan cara terbaik. Dekorasi kamar tidur tradisional adalah salah satu cara mendapatkan kesederhanaan plus kehangatan tersebut.

Interiordesign.id – Gaya modern minimalis yang cenderung simpel, menjadi salah satu gaya desain paling populer dan paling diminati. Meski begitu, jangan lupakan gaya tradisional. Desain interior tradisional masih memiliki penggemarnya tersendiri.

Interior tradisional yang kerap didominasi penggunaan unsur kayu, mampu memberi kesan hangat bagi penghuninya. Kesan itulah yang membuat rumah-rumah bergaya tradisional terasa sangat nyaman dan homey untuk ditinggali.

Sentuhan tradisional di dalam rumah dapat membawa penghuninya merasa nyaman. Kerinduan akan kenangan masa kecil pun terobati oleh suasana dan nuansa khas yang dihadirkan.

Anda juga dapat membawa gaya desain tradisional ini pada ruang kamar tidur. Untuk menambah kesan unik, Anda juga dapat mempersonalisasinya; memadukannya dengan unsur-unsur budaya. Furnitur berwarna coklat yang diukir pahat, motif tertentu, hingga penggunaan lampu gantung dapat membuat suasana kamar tidur bergaya tradisional terasa sangat khas dan juga hangat.

Jika merasa jenuh dengan dekorasi ukir dan lampu tradisional, Anda dapat mencoba mengawinkannya dengan gaya luxury chic, tropical, casual, hingga sentuhan modern. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Dekorasi Kamar Tidur Tradisional dengan Penggunaan Kelambu & Atap Kayu

dekorasi kamar tidur tradisional

via Erwin Kusuma

dekorasi kamar tidur tradisional

via efratainterior

Kelambu atau juga dikenal dengan sebutan kanopi ranjang merupakan unsur dekorasi yang dapat Anda hadirkan untuk kamar tradisional. Kelambu memberikan tampilan yang cantik dan kesan romantis. Tak hanya cantik, kelambu juga memiliki fungsi khusus melindungi Anda dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

Selain pada ranjang, sebenarnya Anda juga dapat menghadirkan kain-kain yang menggantung indah ini di bagian lain di dalam kamar.

Sebelumnya Anda diharuskan menyiapkan tiang sebagai kanopi ranjang untuk menggantung kain kelambu. Pilihlah tiang yang disesuaikan dengan keinginan Anda. Gunakanlah kain berwarna putih yang tidak terlalu tebal. Meski terbilang dekorasi yang mudah dan simpel, namun kelambu mampu memberikan kesan romantis dan juga mewah.

Penggunaan kayu sebagai atap kamar tidur juga merupakan salah satu pilihan dekoratif yang unik. Kelambu yang cantik akan semakin cantik dan berkesan tradisional dengan kehadiran atap kayu. Kayu memberi sentuhan warna alami yang membuat kamar tidur terasa semakin hangat dan nyaman.

Dekorasi Kamar Tidur Tradisional dengan Ranjang & Perabotan Kayu

dekorasi kamar tidur tradisional

via Home Design Interior

dekorasi kamar tidur tradisional

via edupaint

Cara lain untuk hadirkan suasana dan kesan tradisional pada area kamar tidur adalah dengan penggunaan perabotan berbahan kayu. Elemen kayu akan memberikan kesan hangat ke seluruh ruangan. Gunakan perabotan berbahan kayu yang memiliki ukiran khas dan motif tertentu.

Terdapat banyak model perabotan dengan material jenis kayu yang tersedia di toko-toko furnitur. Anda dapat memilih jenis kayu yang Anda inginkan, seperti kayu lapis ataupun mdf. Selain membelinya, Anda juga dapat membuat furnitur secara kustom dengan bantuan desainer. Atau tidak ada salahnya juga jika Anda membeli furnitur kayu bekas. Hanya saja, jangan lupa untuk memerhatikan kondisi dan fungsinya sebelum membeli.

Dekorasi Kamar Tidur Tradisional dengan Lampu Gantung

dekorasi kamar tidur tradisional

via ilpentolino

dekorasi kamar tidur tradisional

via Zillow

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan saat mendekorasi kamar tidur dengan gaya tradisional adalah penggunaan lampu gantung atau chandilier. Lampu gantung di dalam kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai sumber pencahayaan saja, namun juga menjadi elemen dekoratif yang sangat cantik.

Cahaya yang hadir dari lampu gantung yang sedikit remang dan hangat mampu ciptakan kesan elegan pada ruang kamar tidur bergaya tradisional.

Sesuaikan bentuk lampu gantung dengan ukuran kamar tidur Anda. Jika ukuran kamar kecil, sebaiknya pilih bentuk lampu gantung yang juga kecil dan sederhana. Namun, untuk kamar yang berukuran lebih dari 4×6 meter persegi, Anda dapat menggunakan model yang lebih kompleks dan bahkan rumit. Keunikan model lampu gantung dapat memberi kesan elegan pada kamar tidur bergaya tradisional.

Dengan cara mendekorasi kamar tidur seperti contoh di atas, Anda akan mendapatkan desain kamar tidur bergaya tradisional yang cantik, elegan dan juga nyaman. Suasana ruang dengan kesederhanaan masa lalu di ruang paling privat di rumah Anda.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...