Mengenal Dekorasi Lantai Tegel, Motif Ubin Masa Lalu untuk Tren Desain Masa Kini

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Monday, October 23 2017

Lantai tegel menghadirkan motif ubin klasik yang unik, cantik dan sangat terjangkau. Motif ubin masa lalu untuk desain masa kini.

Interiordesign.id – Gaya klasik memang tak pernah lekang oleh waktu. Meski nampak jadul alias vintage, gaya klasik selalu memiliki penggemarnya tersendiri. Hingga saat ini, banyak pemilik rumah yang sengaja menghadirkan sentuhan jaman dulu pada hunian modernnya.

Desain Rumah Klasik Minimalis Type 36, Fusi Gaya Dekorasi Kontemporer Minimalis dan Klasik

Banyak cara untuk membuat rumah bergaya jadul, Anda bisa memilih beragam gaya desain yang sesuai dengan keinginan. Konsep desain seperti vintage, shabby chic, rustic hingga retro dapat menjadi pilihan. Cukup mencocokkan mana yang paling sejiwa dengan selera.

Gaya vintage di masa lalu, kini bahkan dianggap sebagai tren masa kini.

Salah satu cara untuk menghadirkan gaya desain jaman dulu adalah penggunaan dekorasi pada lantai dengan ubin tegel semen. Ubin tegel semen merupakan ubin yang memiliki motif klasik yang unik dan khas. Hadir dengan beragam pola dan motif klasik dan aneka warna pudar yang khas tahun 1980an.

Kafe Unik Motel Mexicola, Gaya Desain ala Meksiko di Pulau Dewata

Selain pada lantai, Anda dapat mengaplikasikan ubin klasik tegel semen pada dinding dan menggunakan ubin ini sebagai elemen dekoratif. Bahkan Anda juga dapat menggunakannya untuk ruang apapun di dalam rumah dan menyesuaikannya dengan konsep yang Anda inginkan.

Kemewahan Gaya Klasik yang Terjangkau

Dengan memilih tegel semen untuk lantai rumah, Anda mampu meminimalisir anggaran. Sebab harga tegel semen terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan lantai yang terbuat dari marmer atau granit.

Untuk ubin polos hingga aneka motif, harganya berkisar antara Rp. 6.000 – Rp. 9.000 per buah. Untuk motif tertentu yang terdiri dari 5-6 warna harga ubinnya bisa mencapai Rp. 11.000 per buah. Anda juga dapat membeli dalam satu dus yang terdiri dari 25 keping dengan motif beragam dan harga yang lebih murah.

Proses Pemilihan Lantai Tegel

Sebelum memasang ubin tegel semen pada lantai atau dinding, sebaiknya Anda memerhatikan tampilan akhir yang akan nampak nantinya. Perhatikan ukuran, warna serta tekstur permukaannya. Secara umum, ukuran ubin yang tersedia adalah 20×20 serta 30×30, Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi dan ukuran ruang.

dekorasi lantai tegel

via rumah190

Setelah menentukan ukuran ubin selanjutnya Anda dapat memilih warna. Pilihan warna yang terang dapat Anda pilih untuk ruangan-ruangan yang tidak banyak mendapatkan cahaya matahari. Selain sebagai elemen dekoratif yang mempercantik ruangan Anda, ubin tegel juga akan membuat ruangan menjadi lebih terang.

dekorasi lantai tegel

lantai dalam ruang via 99.com

Untuk pemilihan tekstur ubin, Anda dapat menyesuaikan dengan tema ruangan yang Anda pilih. Pada ruangan seperti kamar mandi dan teras luar rumah pilihlah tekstur ubin yang kasar. Sementara untuk ruang lainnya Anda dapat menggunakan ubin dengan tekstur glossy, matte atau satin.

dekorasi lantai tegel

tegel pada dinding dapur

Proses Pemasangan

Untuk mendapatkan hasil yang baik, rendamlah ubin selama 10 menit sebelum dilakukan proses pemasangan keramik. Hal ini dilakukan agar penutup lantai menyatu dengan plesteran. Gunakanlah semen instan sebagai plesterean, sebab semen ini memiliki komposisi semen instan yang kualitasnya bagus. Plesteran konvesional memiliki ketebalan mencapai 3cm, sementara semen isntan hanya 0,3-0,5 cm saja, sehingga menghemat waktu pemasangan.

dekorasi lantai tegel

Pasanglah ubin dengan mengetuk-ngetuk bagian permukaannya agar penutup lantai menyatu dengan plesteran dan gunakan nut yang warnanya senada dengan ubin. Untuk menyempurnakan tampilan ubin agar nampak mengkilap, tambahkanlah proses osasir atau diskristalisasi, kemudian semir.

Perawatan yang Mudah

dekorasi lantai tegel

tegel cap kunci via rooang

Manfaat lain menggunakan ubin tegel adalah perawatannya yang cukup mudah. Ubin tegel semen memiliki ketahanan yang sangat baik, tidak menyerap air sehingga tidak mudah hancur ataupun lapuk. Jika dibandingkan dengan keramik biasa pada lantai, permukaan ubin tegel tidaklah licin. Keramik yang tahan lama ini pun cocok digunakan di dalam ruangan maupun di teras. Sebab meski berada di luar ruangan dan terkena hujan, tidak akan mejadikan ubin ini pudar ataupun licin.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?
Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader